Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Mainan bayi 4 bulan-nutriclub
Tumbuh Kembang

10 Mainan Bayi 4 Bulan yang Bagus untuk Perkembangannya

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 05 April 2024

Bayi usia 4 bulan sudah mulai menunjukkan keinginan untuk belajar dan menjelajahi lingkungan sekitarnya. Jadi, Mama bisa berikan mainan bayi 4 bulan untuk stimulasi perkembangannya.

Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan

Menginjak usia 4 bulan, bayi juga sudah bisa meraih atau menggenggam mainannya dengan lebih baik. Lantas, apa saja mainan edukatif untuk bayi 4 bulan yang bagus?

1. Boneka Tangan

Mainan untuk optimalkan perkembangan bayi 4 bulan yang pertama adalah boneka tangan.

Ketika Mama bercerita menggunakan boneka tangan, setiap gerakan atau ekspresi yang ditampilkan oleh boneka dapat menarik perhatian si Kecil, dan juga merangsang imajinasinya.

Semakin banyak interaksi yang Mama lakukan bersama si Kecil pun akan semakin baik untuk kemampuan bahasa dan perkembangan komunikasi bayi.

2. Teether

Mainan bayi 4 bulan selanjutnya yaitu teether atau mainan saat bayi tumbuh gigi.

Teether berfungsi untuk mengatasi bayi yang suka menggigit berbagai benda. Mainan ini dirancang khusus meredakan rasa tidak nyaman bayi selama masa tumbuh gigi.

Saat bayi menggigit teether, bayi memberikan tekanan pada gusinya, sehingga membantu meredakan rasa nyeri.

3. Baby Gym

Baby gym adalah matras berbahan empuk yang dilengkapi dengan dua lengkungan di kedua sisi, yang biasanya berisi mainan gantung seperti cermin, mainan krincing, atau mainan lainnya.

Saat bayi bermain di atas baby gym, mainan yang menjuntai di atasnya merangsang bayi untuk meraih dan menggenggam, membantu melatih koordinasi mata-tangan. 

Selain itu, bayi juga akan mulai menendang-nendang kakinya ketika tertarik pada visual mainan, atau bahkan saat bayi melihat bayangan wajahnya di cermin. 

4. Soft Book

Semakin dini membacakan buku untuk si Kecil semakin bagus, Ma, karena buku mengoptimalkan perkembangan kognitif dan bahasa bayi. 

Membaca buku dapat mengembangkan kosakata secara bertahap dan merangsang imajinasi si Kecil. Pilihlah soft book dengan ilustrasi yang cerah untuk menarik perhatian si Kecil. 

Meskipun ia belum paham jalan ceritanya, setiap kata yang Mama ucapkan akan membantu menambah daftar kosakata yang bisa ia simpan dalam ingatan jangka panjang.

5. Bola Bertekstur

Bayi bermain menggunakan panca inderanya untuk mengeksplorasi apa saja yang ada di sekelilingnya.

Ajarkan si Kecil tentang berbagai tekstur dengan memberikan mainan bayi 4 bulan seperti bola bertekstur. Pilih bola yang tidak terlalu besar atau kecil agar mudah digenggam bayi.

Selain itu, bermain dengan bola juga dapat mendorong perkembangan koordinasi mata-tangan serta keterampilan motorik saat bayi mencoba untuk menggenggam dan meraih bola tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Stimulasi untuk Dukung Perkembangan Bayi 4 Bulan

6. Mainan Gelembung

Bermain dengan gelembung dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan-mata bayi, serta merangsang perkembangan kognitif.

Untuk menjaga keamanan selama bermain, pastikan gelembung ditiup ke arah yang berbeda dan tidak langsung mengarah ke mata atau mulut bayi. 

Si Kecil akan menunjukkan reaksi gembira saat mencoba menangkap dan melihat gelembung tersebut.

7. Mainan Kerincing (Rattle)

Mainan kerincingan juga bermanfaat untuk perkembangan bayi, sehingga cocok diberikan sebagai mainan bayi 4 bulan.

Sambil bermain mainan kerincingan, perkembangan kognitif bayi juga terasah untuk belajar memahami konsep sebab akibat secara sederhana. 

Pilihlah mainan kerincingan yang terbuat dari kayu ringan. Mainan kerincingan kayu cenderung lebih kokoh dan tidak mudah pecah dibandingkan dengan yang terbuat dari bahan plastik.

8. Cermin Mainan

Cermin juga termasuk mainan yang bagus untuk bayi 4 bulan menstimulasi fungsi kognitifnya.

Bayi sangat suka bermain dengan cermin saat tummy time karena ia merasa berinteraksi dengan "bayi lain" yang dilihatnya di cermin.

Ketika bermain dengan cermin, Mama dapat membantu bayi mengenali bagian tubuhnya. Misalnya, menunjuk hidung, rambut, atau telinga sambil menyebutkan nama-namanya

9. Mainan Musik

Mainan yang juga bermanfaat untuk si Kecil adalah mainan musik seperti marakas dan lonceng.

Mainan ini tidak hanya memberikan rangsangan visual yang menarik, tetapi juga melatih motorik halus. Bayi juga akan memahami hubungan sebab akibat ketika bermain musik.

Saat menggerakkan marakas atau lonceng, bayi akan menyadari kalau semakin cepat ia menggerakkan tangannya, semakin kencang juga bunyi yang dihasilkan oleh mainan tersebut.

10. Mainan Gantung (Crib Toys)

Crib toys atau mainan yang digantung adalah pilihan lain yang baik untuk diberikan untuk bayi berusia 4 bulan. Mainan-mainan ini biasanya digantung di atas tempat tidur bayi.

Saat bayi berbaring di tempat tidurnya, mainan tersebut akan bergerak-gerak di atas kepala bayi untuk mengasah rentang perhatian bayi dengan mencoba mengikuti gerakan mainannya.

Beberapa crib toys juga dilengkapi dengan fitur suara yang tidak hanya merangsang pendengara bayi, tapi juga menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman untuk bayi tidur. 

Mama juga bisa, lho, kunjungi The Parents' Guide Academy untuk dapatkan panduan stimulasi lengkap dan eksklusif sesuai usia si Kecil. Gratis!

Lalu, akan seperti apa perkembangan bayi di usia 5 bulan?

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama

 

Referensi:

  1. McIlroy, T. (2020, January 6). The Amazing Benefits of Playing with Puppets in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/playing-with-puppets/
  2. Language Development: 4 to 7 Months. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Language-Development-4-to-7-Months.aspx
  3. ‌Kelly, J. (2015, March 3). Benefits of Mirror Play for Babies. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/playroom/playtime-tips/why-babies-love-mirrors.aspx
  4. ‌Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
  5. ‌BabySparks. (2019, November 7). The Many Benefits of Ball Play - BabySparks. BabySparks. https://babysparks.com/2019/11/07/the-many-benefits-of-ball-play/
  6. ‌Mishra, S. (2022, June 22). Reasons Why Rattles Are The Best Toys For Babies! - Firstcry Intelli Education. Firstcry Intelli Education. https://www.firstcry.com/intelli/articles/reasons-why-rattles-are-the-best-toys-for-babies/
  7. ‌Weishaupt, J. (2022, August 19). What to Know About Teething Toys for Babies. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/what-to-know-teething-toys-babies
  8. ‌Arora, M. (2019, November 4). 4 Months Old Baby Activities. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-developmental-activities-for-4-months-old-baby/
  9. ‌Contributing, T. (2017, April 12). Musical Play for Babies and Toddlers. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/playtime/music-baby-development/
  10. ‌Earley, B. (2021, September 16). Best Activities for a 4-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-4-month-old-baby
  11. Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  12. Choosing Safe Toys for Babies (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2024). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/products-toys.html

 

Artikel Terkait
floating-icon