Loading...
Tumbuh Kembang

Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Ideal Menurut IDAI

Foto Reviewer

Disusun oleh: Tim Penulis

Ditinjau oleh: Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

Diterbitkan: 14 November 2023


  • Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Ideal
  • Cara Menambah Berat Badan Bayi 4 Bulan
  • Bagaimana Jika Berat Badan Bayi 4 Bulan Naik Hanya Sedikit?

Berat badan bayi 4 bulan umumnya sudah mencapai dua kali lipat berat lahirnya. Mama bisa ketahui berat badan ideal bayi 4 bulan hingga cara menaikkan berat badan yang tepat pada artikel ini!

Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Ideal

Berat badan bayi di usia ini umumnya mengalami peningkatan yang signifikan. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), berat badan ideal bayi 4 bulan adalah: 

  • Bayi laki-laki : sekitar 5,6 - 7,8 kg. 
  • Bayi perempuan : sekitar 5,0 - 7,3 kg.

Cara Menambah Berat Badan Bayi 4 Bulan

Wajar Mama khawatir ketika si Kecil belum mencapai berat ideal. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera membawanya ke dokter. Sementara itu, di rumah Mama bisa melakukan: 

1. Pastikan Bayi Mendapatkan Lemak ASI

ASI mengandung dua jenis susu, yaitu foremilk dan hindmilk. Foremilk cenderung berwarna bening dan dikeluarkan pada awal sesi menyusui. 

Sementara hindmilk memiliki warna yang lebih pekat, memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi, dan hanya akan keluar setelah foremilk. 

Untuk memastikan si Kecil mendapatkan hindmilk, pastikan bayi selalu menyusu pada satu payudara sampai selesai sebelum beralih ke payudara yang lain. 

2. Meningkatkan Produksi ASI

Agar berat badan bayi usia 4 bulan mencapai angka ideal, Mama juga perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. 

Mama perlu memompa ASI secara rutin supaya produksi ASI semakin banyak. Terutama kalau Mama sudah kembali bekerja dan tidak bisa menyusui secara langsung. 

Pastikan juga Mama mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk meningkatkan produksi ASI, seperti bayam, kacang almond, daun katuk, sayuran hijau, gandum, dan alpukat.

Baca Juga: Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Tanda Keterlambatannya

3. Menambah Jadwal Menyusui

Meningkatkan frekuensi menyusui juga menjadi salah satu cara menaikkan berat badan bayi 4 bulan.

Selain itu, perlu Mama ketahui, semakin bertambahnya usia, si Kecil juga mulai tampak aktif dan membutuhkan energi lebih.

Asupan energi bagi bayi usia 4 bulan itu sendiri hanya bisa Mama berikan dari ASI. Sehingga memang sudah waktunya untuk menambah waktu menyusu.

4. Memperbaiki Posisi Menyusui

Ketika menyusui, Mama harus perhatikan posisi mengisap bayi. Pastikan sebagian besar areola (bagian gelap sekitar puting) masuk ke mulut bayi, terutama bagian bawah payudara. 

Selain itu, mulut si Kecil harus terbuka lebar dan terdengar suara bayi menelan ASI dengan baik. 

Dengan begitu, bayi mendapatkan ASI dengan jumlah lebih optimal dan berat badan bayi 4 bulan pun akan bertambah dengan signifikan. 

5. Perbanyak Skin to Skin dengan Bayi

Salah satu cara untuk meningkatkan berat badan bayi adalah dengan memperbanyak momen "skin to skin" dengan si Kecil. 

Skin to skin ini tidak hanya memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan bayi, tetapi juga memiliki dampak positif pada proses pertumbuhannya. 

Pada posisi ini, bayi cenderung merasa lebih nyaman dan aman, yang pada akhirnya memungkinkan si Kecil untuk menyusu lebih sering dan lebih lancar.

Baca Juga: Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap? Ini Stimulasinya!

6. Usahakan Bayi Tetap Terjaga saat Menyusu

Setiap kali menyusu, usahakan agar bayi tetap aktif menelan selama sekitar 20 menit. Namun, terkadang bayi menjadi mengantuk selama proses menyusu. 

Untuk membuat si Kecil tetap terjaga selama minum ASI dari payudara, Mama bisa coba menggelitik lembut kaki bayi atau mengubah posisi menyusui. 

Ketika asupan ASI tercukupi, berat badan bayi 4 bulan akan lebih mudah mencapai angka ideal sesuai standar yang telah ditentukan IDAI. 

7. Penuhi Waktu Tidur Bayi 

Bayi usia 4 bulan biasanya membutuhkan waktu tidur 12-17 jam dalam satu hari. Waktu tidur ini harus dipenuhi supaya tumbuh kembang bayi optimal.

Pada usia ini, jadwal tidurnya juga sudah mulai terprediksi. Ia mungkin tidur malam selama 6-8 jam dengan tidur siang sebanyak 3-4 kali dalam satu hari (30-120 menit sekali tidur siang).

Bila Mama ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai masalah berat badan dan kondisi kesehatan lain dengan para ahlinya langsung, Mama bisa hubungi Nutriclub Expert Advisor

Layanan interaktif secara real time ini tersedia selama 24/7, jadi Mama bisa langsung hubungi kapan saja saat merasa membutuhkan. Gratis, Ma!

Bagaimana Jika Berat Badan Bayi 4 Bulan Naik Hanya Sedikit?

Jika berat badan naik sedikit, namun masih berada di dalam rentang berat badan ideal, terlihat ceria, tetap aktif, dan sering menyusu, Mama tidak perlu khawatir. 

Akan tetapi, Mama perlu segera membawa si Kecil ke dokter apabila ia masuk kategori weight faltering maupun underweight (BB di bawah standar). 

Apa yang menyebabkan BB bayi 4 bulan di bawah standar? Ini beberapa faktor yang dapat memengaruhi: 

  • Sulit dalam menyerap kalori dengan baik.
  • Kurang mendapatkan asupan kalori.
  • Sedang mengalami infeksi di mulut.
  • Berkurangnya frekuensi menyusui.
  • Produksi ASI terhambat.
  • Proses menyusui terhambat karena pelekatan yang kurang tepat.

Demikian penjelasan mengenai berat badan bayi umur 4 bulan yang penting untuk Mama ketahui.

Pantau terus berat badan bayi usia 5 bulan, 6 bulan, dan bulan-bulan seterusnya, hingga deteksi red flag perkembangan bayi bersama Nutriclub, supaya tumbuh kembangnya lebih optimal, ya, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who
  2. Korin. (2020, May 8). Your 4-Month-Old’s Sleep Schedule. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/sleep/4-month-old-sleep-schedule/
  3. ‌IDAI | ASI Sebagai Pencegah Malnutrisi pada Bayi. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/asi-sebagai-pencegah-malnutrisi-pada-bayi
  4. ‌IDAI | Nilai Menyusui. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/nilai-menyusui
  5. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020. (2020). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf
  6. ‌Lewis, R. (2020, October 23). Why Is My Baby Not Gaining Weight? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/baby-not-gaining-weight#promoting-healthy-gains
  7. ‌Failure to thrive. (2023, August 28). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/slow-weight-gain
  8. Verywell. (2017). Reasons Your Breastfed Baby Is Not Growing as Expected. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/breastfed-baby-is-gaining-weight-slowly-4114196
  9. ‌IDAI | Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar. (2013). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/posisi-dan-perlekatan-menyusui-dan-menyusu-yang-benar
  10. IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1
  11. Your Baby’s Growth: 4 Months (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/grow47m.html
Artikel Terkait