Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Tinggi badan anak 3 tahun - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Tinggi Badan Anak 3 Tahun yang Ideal dan Cara Menambahnya

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 21 Juni 2024

Tinggi badan anak usia 3 tahun idealnya harus semakin bertambah pesat dari tahun sebelumnya. Lantas, berapa tinggi badan anak yang ideal di tahun ini? 

Berapa Tinggi Badan Anak 3 Tahun yang Ideal?

Rata-rata tinggi badan anak Indonesia di umur 3 tahun menurut WHO dan Kemenkes RI adalah:

  • Anak laki-laki: 92,4 - 99,8 cm, dengan berat badan di rentang 12,7 - 16,2 kg.
  • Anak perempuan: 91,2 - 98,9 cm, dengan berat badan di rentang 12,2 - 15,8 kg.

Setiap anak pasti melewati tahapan tumbuh kembang berbeda. Jadi, Mama dan Papa tidak usah terlalu berpatokan pada angka di atas. 

Hal yang paling penting adalah memastikan asupan gizi dan pemberian stimulasi yang tepat agar si Kecil bisa terus tumbuh optimal seiring waktu.

Jika ada pertanyaan atau kekhawatiran khusus mengenai tumbuh kembang anak, Mama bisa langsung hubungi tim Nutriclub Expert Advisor yang siap 24/7 mendampingi Mama.

Bagaimana Cara Menambah Tinggi Badan Anak Usia 3 Tahun?

Anak usia 3 tahun akan terus tumbuh tinggi dengan asupan nutrisi yang optimal dan stimulasi yang tepat, seperti:

1. Berikan Makanan Tinggi Protein, Kalsium, dan Vitamin D

Makanan tinggi kalsium, protein, dan vitamin D penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Semua zat gizi ini bisa si Kecil dapatkan dari menu makanan bergizi yang terdiri dari daging, ikan dan seafood, telur, susu, hingga sayur dan buah-buahan.

2. Teruskan Susu Pertumbuhan

Pertumbuhan tinggi badan anak 3 tahun sangat dipengaruhi oleh asupan gizi dari makanan dan susu.

Susu tinggi kalsium untuk mendukung pertumbuhan tulang kuat dan juga membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan IGF-1 yang menentukan seberapa tinggi anak nantinya.

Agar manfaatnya optimal untuk tumbuh kembang anak, berikanlah susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 4 yang secara saintifik dirancang dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi dan teruji klinis. 

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Anak yang Perlu Dipenuhi di Usia Prasekolah

3. Bermain di Luar 

Bermain di luar rumah, terutama di pagi hari membantu anak terpapar sinar matahari untuk optimalkan asupan vitamin D.

Vitamin D dari sinar matahari akan diubah di dalam tubuh menjadi zat khusus yang bekerja menyerap kalsium untuk memperkuat kepadatan tulang. 

Waktu berjemur yang bagus untuk anak adalah sejak matahari terbit sampai pukul 09.00 pagi atau di sore hari antara pukul 3 sore sampai matahari terbenam, selama 10 hingga 15 menit.

4. Bermain Lompat Tali

Lompat tali juga menjadi salah satu ide aktivitas fisik yang bisa menambah tinggi badan anak usia 3 tahun. 

Ini karena lompat tali melibatkan banyak gerakan melompat yang mampu merangsang untuk tumbuh lebih panjang. 

Aktivitas fisik yang berulang tersebut dapat memberikan tekanan sehat pada tulang, sehingga merangsang proses pembentukan dan pertumbuhan tulang.

5. Les Berenang

Berenang melibatkan banyak gerakan untuk meregangkan otot dan tulang, yang dapat merangsang pertumbuhan tinggi badan.

Berenang juga dapat bantu memperbaiki postur tubuh yang memperkuat otot-otot punggung, perut, dan kaki. Postur yang baik ini dapat membuat anak bisa tumbuh lebih tinggi.

Agar efektif menambah tinggi badan anak, berenang perlu dilakukan rutin dan berkelanjutan. Maka, daftarkanlah si Kecil les berenang sedini mungkin agar mencapai tinggi badan yang ideal. 

6. Jogging

Selain berenang dan lompat tali, Mama dan Papa bisa ajak si Kecil untuk rutin jogging. 

Jogging dapat memperkuat tulang kaki dan meningkatkan hormon pertumbuhan, sehingga dapat bantu meningkatkan tinggi badan anak. 

7. Mencukupi Waktu Tidur

Cara lain yang tak kalah penting untuk menambah tinggi badan anak adalah memastikan waktu tidurnya cukup. 

Ini karena hormon pertumbuhan dapat bekerja maksimal saat ia tidur. Begitu pula dengan kemampuannya untuk belajar, bersosialisasi, dan fokus dapat optimal bila waktu tidurnya terpenuhi.

Untuk anak di atas usia 3 tahun, sebaiknya ia mencukupi waktu tidur selama 10-13 jam sehari. 

Baca Juga: Berat Badan Ideal Anak Usia 3 Tahun dan Cara Menaikkannya

Lewat asupan nutrisi dan aktivitas fisik tepat, Mama bisa bantu optimalkan tinggi badan anak usia 3 tahun agar ideal sesuai rata-rata usianya. 

Pastikan Mama juga mendaftarkan diri ke Nutriclub untuk mendapatkan konten eksklusif mengenai tips tumbuh kembang anak langsung dari para expert.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Nair, A. (2018, June 26). How to Increase Height in Kids? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf.
  3. Silver, N. (2017, April 17). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height
  4. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#how-to-increase-height-during-development
Artikel Terkait