Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Ilustrasi mainan anak 1 tahun - Nutriclub.
Tumbuh Kembang

15 Mainan Anak 1 Tahun untuk Optimalkan Intelegensinya

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 23 Mei 2022

Penting untuk memilih mainan anak 1 tahun yang berkualitas karena di usia ini rasa ingin tahu si Kecil sedang memuncak untuk mengeksplor dan belajar tentang dunia sekitarnya.

Rekomendasi Mainan untuk Anak 1 Tahun

Mainan bagus untuk mendukung intelegensi si Kecil apabila sesuai dengan usia dan milestone perkembangannya. Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan anak usia 1 tahun yang bagus: 

1. Puzzle

Menyusun kepingan puzzle sampai menjadi gambar utuh sangat baik untuk mengoptimalkan kemampuan fokus, bernalar, dan problem solving si Kecil. 

Dalam prosesnya, anak juga diajarkan bagaimana caranya gigih dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan saat berusaha menyelesaikannya. 

Sementara itu, motorik halusnya juga ikut terasah ketika jari-jarinya berusaha memungut, menggenggam, dan memasang setiap potongan puzzle. 

2. Mainan Susun 

Ada banyak versi stacking toys yang bagus dijadikan mainan anak 1 tahun, seperti tiang donat warna-warni atau lengkungan pelangi. 

Mainan ini sangat bagus untuk menstimulasi motorik halus dan keakuratan koordinasi antara mata dan tangan anak untuk mengambil dan menyusun benda.

Anak juga akan belajar konsep matematika dasar seperti bentuk, ukuran dari besar dan kecil atau sebaliknya, juga urutan angka dengan mencoba menyusun mainannya satu per satu.

3. Busy Jar

Busy jar sangat baik untuk mengasah otak dan melatih kemampuan sensorik, fokus, serta koordinasi mata dan tangan anak. 

Busy jar tersedia dalam banyak variasi sehingga anak tidak mudah bosan memainkannya. 

Ada yang dimainkan dengan memasukkan kancing baju berukuran besar, menarik pita dari dalam jar, memasukkan sedotan, dan masih banyak lagi. 

4. Busy Board

Busy board adalah papan yang berisi banyak macam aktivitas, mulai dari mainan sensori, motorik, sampai permainan yang membutuhkan aspek kognitif.

Mainan anak 1 tahun ini dapat membantu perkembangan motorik halus, perkembangan bilateral, dan koordinasi tangan-mata.

Busy board juga dapat membantu mendorong rasa ingin tahu dan keterampilan anak menalar dan menginvestigasi untuk memecahkan masalah.

Baca Juga: 6 Ide Aktivitas Stimulasi untuk Anak Usia 1 Tahun

5. Balok Warna-Warni

Menyusun balok warna-warni yang terbuat dari kayu maupun plastik dengan berbagai macam bentuk dan ukuran membantu meningkatkan kecerdasan intelektual anak.

Permainan balok melibatkan kecerdasan visual spasial dan memberi anak peluang menguji hipotesis dan menstimulasi penalaran secara ilmiah untuk menciptakan bentuk dari ide abstrak.

6. Crawl Tunnel

Konsep bermain terowongan akan sangat menyenangkan untuk si Kecil karena ia bisa menerima banyak pengalaman sensorik yang baru.

Misalnya berpindah dari tempat yang terang ke gelap, dan dari ruangan luas ke tempat yang sempit. Anak juga akan belajar gigih dan tidak menyerah sampai bisa keluar dari terowongan

Permainan ini juga dapat bantu melatih psikomotorik si Kecil dengan bergerak menunduk, tiarap, merangkak, merayap, lalu bangun lagi. 

7. Gelembung Tiup

Bermain di halaman belakang sambil meniup gelembung sangat menyenangkan untuk mengembangkan keterampilan oralnya. 

Ketika ia mengerucutkan mulutnya dan meniup, anak sedang menguatkan otot-otot di sekitar mulutnya. Dengan begitu, ia dapat berbicara dengan lebih jelas. 

Mainan ini juga akan bantu membangun motorik kasar si Kecil. Sebab ia akan termotivasi untuk berlari, melompat, dan meraih gelembung yang berhasil ia tiup. 

8. Learning Table

Ada berbagai macam learning table yang tersedia di pasaran dan cocok sebagai mainan anak 1 tahun. Ada yang berisi pasir warna, air, hingga alat-alat seperti sekop dan ember kecil. 

Ada juga learning table yang terdiri dari tombol, setir, hingga bermacam-macam tuas. Oleh karena itu, mainan ini sangat bagus untuk merangsang motorik anak

Baca Juga: Mengenal Manfaat Brain Gym untuk Stimulasi Kognitif Anak

9. Board Book

Board book adalah buku cerita bergambar yang terbuat dari bahan tebal, bertekstur, dan berwarna cerah. Kadang, buku ini juga dilengkapi dengan gambar pop-up dan tombol audio. 

Jadi, anak dapat membaca buku dengan cara yang lebih menyenangkan sambil melatih kepekaan sensoriknya. 

10. Alat Musik 

Mainan anak 1 tahun selanjutnya adalah alat musik. Mama bisa memberikan keyboard kecil, drum anak-anak, seruling, xylophone, dan lain sebagainya. 

Mainan tersebut akan sangat menarik bagi anak yang memiliki kecerdasan musikal dominan. 

Selain itu, proses memencet, meniup dan memukul alat musik akan bantu perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan bicara, dan emosi anak. 

11. Push Walker

Baby push walker adalah mainan yang sangat baik untuk membantu anak cepat belajar jalan.

Pemilihan push walker yang tepat dapat bantu si Kecil melatih belajar berdiri tanpa bantuan Mama.

Mainan ini juga dapat bantu melatih anak berdiri mandiri tanpa merambat dan ditatih karena ia akan belajar menggenggam pegangannya untuk bangkit berdiri.

12. Playdoh

Playdoh bagus sebagai mainan anak 1 tahun yang memberikan pengalaman sensorik menyenangkan. 

Si Kecil bebas mengekspresikan diri, menuangkan idenya, dan bereksperimen tanpa batas dengan playdoh untuk membuat berbagai macam bentuk.

Hal ini dapat membantu mengasah fokus, imajinasi, juga presisi motorik halusnya. 

13. Baby Easel

Mama dapat membelikan baby easel untuk mendukung keterampilan artistik si Kecil! Mama hanya perlu menyiapkan cat yang aman apabila terkena kulit si Kecil. 

Kemudian tunjukkan bagaimana cara menggunakan kuas atau jarinya untuk melukis di atas kanvas. Aktivitas ini bagus untuk mengasah motorik halus dan kesiapan belajar menulis anak.  

14. Balance Bike

Balance bike dapat Mama berikan sebagai mainan anak 1 tahun agar si Kecil terbiasa beraktivitas fisik

Untuk memainkan sepeda tanpa pedal ini, si Kecil perlu menjejakkan kakinya ke lantai sambil menjaga keseimbangan.

Hal ini membantu menguatkan otot-otot kakinya sehingga sangat baik untuk membantu keterampilan berjalannya. 

15. Kolam Bola

Bermain di dalam kolam karet penuh dengan bola warna-warni tentunya sangat menyenangkan untuk si Kecil!

Saat bermain, ia mungkin akan menggenggam, melempar, dan bereksperimen dengan bola-bila yang ada. Maka, motorik kasar, motorik halus, dan kognitifnya akan terasah.

Disini, tugas Mama adalah memfasilitasi sehingga kolam bola memberikan manfaat lebih. Contohnya menyediakan keranjang untuk memisahkan bola berwarna merah dan biru. 

Baca Juga: 8 Jenis Kecerdasan Anak yang Perlu Mama Optimalkan

Supaya si Kecil semakin semangat bermain sambil belajar, jangan lupa lengkapi nutrisi hariannya dari dukungan susu Nutrilon Royal 3

Nutrilon Royal 3 menjadi satu-satunya formula yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA serta EPA lebih tinggi, menjadikannya "Formula to Win" yang teruji klinis perkuat imunitas dan bantu maksimalkan inteligensi si Kecil agar siap menang.

Jangan sampai ketinggalan daftar di Nutriclub untuk dapatkan akses ke lebih banyak promo susu Nutrilon dan konten eksklusif seputar stimulasi anak yang tervalidasi expert, ya!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. (2022). Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana. https://dp3appkb.bantulkab.go.id/news/patokan-berat-badan-bayi-normal-sesuai-usianya

  2. Lewis, R. (2020, July 21). How To Increase Your Baby’s Weight. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight#takeaway

  3. Stacking and building games: children 3-6 years. (2023, May 9). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/making-and-building/stacking-and-building-games

  4. Everyday Early Intervention: Bubbles | Illinois Early Intervention Clearinghouse. (2019, January 17). Illinois Early Intervention Clearinghouse. https://eiclearinghouse.org/einotes/bubbles/

  5. The Early Childhood Mobility Coalition Asks, Have You Heard About Babies on Bikes? (2023). Better Kid Care. https://extension.psu.edu/programs/betterkidcare/news/the-early-childhood-mobility-coalition-asks-have-you-heard-about-babies-on-bikes

  6. Drawing, scribbling and writing: activities for children 1-6 years. (2023, September 8). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/letters-words-and-stories/drawing,-scribbling-and-writing-activities-for-children-3-6-years

  7. Push. (2023, February 22). Milestones & Motherhood. Milestones & Motherhood. https://www.milestonesandmotherhood.com/blog/push-walkers-and-other-standing-toys#:~:text=The%20right%20push%2Dwalker%20can,through%20%26%20motor%20planning%20upright%20skills.

  8. Choosing Safe Toys for Toddlers and Preschoolers (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2024). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/safetoys-young.html#:~:text=When%20checking%20a%20toy%20for,the%20back%20of%20the%20mouth

  9. Brown, H. (2023, January 11). 15 of the best toys for 1 year olds. Madeformums.com; MadeForMums. https://www.madeformums.com/reviews/10-of-the-best-toys-for-1-year-olds/

  10. Shoppers Have Clicked on This Ball-Shooting Toddler Toy More Than 77,000 Times. (2023, June 2). Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/childrens-products/toy-reviews/g5152/best-toys-for-one-year-olds/

  11. 11 Best Toys for a 1-Year-Old. (2023). Happiest Baby. https://www.happiestbaby.com/blogs/toddler/best-toys-1-year-old

  12. Paul, S. (2022, March 13). 17 Brain Development Toys for 1 Year Old Toddlers | NowPsych | Online Psychiatry. NowPsych | Online Psychiatry. https://nowpsych.com/brain-development-toys-for-1-year-old/

  13. Verywell. (2023). The 33 Best Toys for 1-Year-Olds in 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-baby-toys-under-1-4153327

Artikel Terkait
floating-icon