Loading...
Ilustrasi berat bayi 2 bulan - Nutriclub
Tumbuh Kembang

Berat Badan Bayi 2 Bulan yang Ideal dan Cara Menambahnya

Disusun oleh: Tim Penulis

Diterbitkan: 02 Juli 2024


  • Berat Bayi 2 Bulan yang Ideal
  • Bagaimana Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi?
  • Berat Badan Bayi Tidak Naik, Kapan Harus ke Dokter?

Idealnya, berat bayi 2 bulan akan bertambah dibandingkan saat usianya masih 1 bulan. Yuk, cek berapa angka yang ideal dan cara menambahnya dalam artikel berikut ini!

Berat Bayi 2 Bulan yang Ideal

Normalnya, berat badan bayi 2 bulan akan naik sekitar 900 gram dari bulan pertama kehidupannya. Menurut WHO, rentang berat badan bayi 2 bulan yang ideal yaitu:

  • Bayi laki-laki: 4,3 - 6,3 kg.

  • Bayi perempuan: 3,9 - 5,8 kg.

Jika bayi usia 2 bulan Mama memiliki berat badan 6 kg, maka ini tergolong normal untuk bayi laki-laki.

Berat badan yang bertambah adalah pertanda bahwa si Kecil menyerap nutrisi dengan baik. Penting bagi Mama memantau berat badan bayi secara berkala dengan rutin membawanya ke dokter.

Bagaimana Cara Cepat Menaikkan Berat Badan Bayi?

Jika berat bayi 2 bulan masih kurang dari angka tersebut, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badannya dengan cepat:

1. Rutin Menyusui

Seberapa sering idealnya bayi usia 2 bulan menyusu dalam sehari? Jawabannya, perlu sekitar 8 kali selama periode 24 jam. 

Jika si Kecil mudah sekali tidur, tapi ‘target’ menyusu belum terpenuhi, maka Mama perlu membangunkannya setiap dua jam pada siang hari dan saat malam hari, yakni setiap 3 - 4 jam. 

2. Perhatikan Perlekatan Menyusui

Perlekatan mulut dengan puting yang keliru, berpotensi membuat proses menyusui tidak berlangsung lama. Ada empat kunci perlekatan menyusui yang benar, yaitu:

  • Wajah bayi dekat dengan payudara ibu dengan mulutnya terbuka lebar. 

  • Dagu bayi menyentuh atau menempel pada payudara ibu.

  • Setelah puting masuk ke dalam mulut bayi, bagian atas areola payudara banyak terlihat dibanding bawah mulut bayi.

  • Bagian bawah bibir bayi terlihat dower (terlipat keluar).

Perlekatan yang tepat juga ditandai dengan terdengarnya suara bayi menelan ASI, tampak puas dengan tidak menunjukkan tanda rewel dan tidur nyenyak setelah menyusu. 

Baca Juga: Ide Aktivitas Stimulasi untuk Bayi 2 Bulan, Apa Saja?

3. Jangan Tunda Waktu Menyusui

Saat haus atau lapar, bayi biasanya akan memberi isyarat dengan gerakan rooting, menjilat atau mengisap, menganggukkan kepala, atau mendekatkan tangannya ke wajah atau mulut.

Jika bayi sudah menunjukkan tanda-tanda lapar, jangan tunggu ia menangis, tapi segera susui ya, Ma. 

4. Berikan ASI Hindmilk

Cara menaikkan berat bayi 2 bulan berikutnya adalah memberikan ASI hindmilk pada si Kecil. Ini karena hindmilk ASI mengandung lemak dan kalori lebih banyak. 

Untuk mendapatkannya, Mama hanya perlu memastikan si Kecil menyusu satu payudara terlebih dahulu sampai selesai.

5. Sering-Sering Menggendong Bayi

Makanan utama bayi di usia ini adalah ASI. Untuk menambah berat badan bayi 2 bulan, maka volume ASI yang diterima juga diperlukan lebih banyak.

Agar Mama lebih peka terhadap isyarat bayi ingin menyusu, maka dengan menggendong dan mendekapnya di dada dinilai bisa mengasah rasa sensitivitas itu.

Tentunya ini juga berpotensi meningkatkan keinginan bayi untuk menyusu. 

Baca Juga: Ketahui Red Flag Perkembangan Bayi Sesuai Usianya

6. Perhatikan Asupan Nutrisi Mama

Pastikan Mama mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, untuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI. Saat menyusui, Mama memerlukan tambahan 330-400 kalori per harinya.

Sepotong roti gandum dengan selai kacang bisa dipilih sebagai opsi menyehatkan dan lezat. 

Konsultasikan juga dengan dokter, apakah Mama perlu mengonsumsi suplemen atau ASI booster untuk meningkatkan produksi ASI. 

7. Rutin Cek Berat Badan Bayi 2 Bulan

Pantau terus kenaikan berat badan bayi normal 2 bulan dengan rutin melakukan penimbangan secara berkala.

Sebaiknya, buat juga catatan untuk memudahkan Mama mengecek perkembangan kenaikan berat badan bayi 2 bulan, setiap minggu misalnya.

Jika tidak ada kemajuan, catatan ini juga bisa Mama berikan kepada dokter sebagai bahan laporan. 

Baca Juga: Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Bayi 2 Bulan

 

Berat Badan Bayi Tidak Naik, Kapan Harus ke Dokter?

Mama perlu memeriksakan si Kecil ke dokter apabila berat bayi 2 bulan tidak kunjung naik, atau bila si Kecil menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

  • Feses atau urine yang lebih sedikit dari biasanya.

  • Bibir bayi terlihat sangat kering.

  • Fontanel cekung .

  • Ada lingkaran hitam di sekitar mata bayi.

  • Bayi tampak lebih rewel dan lelah dari biasanya.

Mama juga dapat berkonsultasi dengan tim Nutriclub Expert Advisor untuk berkonsultasi seputar tumbuh kembang bayi dan cara menaikkan berat badannya di bulan ini.

Selain itu, yuk download E-Book Gizi Imunitas untuk mengetahui berbagai cara mengoptimalkan tumbuh kembangnya di periode emas ini.

Cek juga berat bayi bulan selanjutnya yuk, Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Simplified field tables Weight-for-age GIRLS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-girls-z-0-5.pdf?sfvrsn=6606c085_11
  2. Simplified field tables Weight-for-age BOYS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/sft-wfa-boys-z-0-5.pdf?sfvrsn=c735bc54_16
  3. Amy W. Anzilotti, MD. (2023, May). Your Baby’s Growth: 2 Months. Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/growth-2mos.html
  4. John Hopkins Medicine. Diakses 17 Mei 2024. Hopkinsmedicine.org. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/breastfeeding-your-baby/mismanaged-breastfeeding
  5. What to eat while breastfeeding your baby. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/breastfeeding-nutrition/art-20046912
  6. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023, November 17). Perhatikan Posisi dan Perlekatan Saat Menyusui. Ayosehat.kemenkes.go.id. https://ayosehat.kemkes.go.id/perhatikan-posisi-dan-perlekatan-saat-menyusui
  7. Boston Children’s Hospital. Diakses 17 Mei 2024. Slow Weight Gain in Infants and Children. Childrenshospital.org. https://www.childrenshospital.org/conditions/slow-weight-gain-infants-and-children
  8. Your Baby’s Growth: 2 Months (for Parents). (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/growth-2mos.html
  9. Parents. (2017). What To Do When Your Breastfed Baby Is Not Growing as Expected. Parents. https://www.parents.com/breastfed-baby-is-gaining-weight-slowly-4114196#toc-how-to-help-your-baby-gain-weight
Artikel Terkait