Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Stimulasi

11 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak 1 Tahun

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 23 Mei 2022

Di usia 1 tahun ini, anak kesayangan Mama pasti sedang senang-senangnya bermain. Tidak hanya menyenangkan, bermain bisa menjadi metode untuk si Kecil belajar mengenal dunia. Maka itu, pemilihan mainan sangat penting dalam stimulasi pertumbuhan dan perkembangannya. 

Nah, tak ada salahnya Mama memberikan pilihan mainan edukasi untuk makin mengasah keterampilannya agar ia selalu siap menghadapi tantangan dan bersaing sehat dengan teman-teman seusianya. Lalu, apa saja rekomendasi mainan untuk anak 1 tahun yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya?

Mengapa Anak Perlu untuk Bermain?

Bagi anak di usia dini, bermain bantu mengembangkan kognitif melalui kreativitas, memecahkan masalah, menguasai konsep-konsep baru. 

Anak usia 1 tahun saat ini juga sedang dalam fase ingin tahu yang tinggi untuk belajar tentang dunia sekitarnya.

Jadi tak heran kalau seiring dengan rasa ingin tahu yang bertambah besar inilah, si Kecil juga semakin aktif bergerak untuk mengeksplorasi lingkungan dan benda-benda di sekitarnya untuk mencoba memahami hubungan sebab akibat. Contohnya, membunyikan boneka yang menghasilkan suara binatang saat dipencet, mobil mainan yang berjalan sendiri ketika tombolnya ditekan, atau bermain alat musik yang mengeluarkan nada. 

Bermain juga baik untuk membangun kepercayaan diri anak, mengontrol fisik, menguji ketahanan fisik, melatih otot-otot tangan, dan menghasilkan gerakan baru.

Selain itu, bermain memiliki peran penting dalam perkembangan sosial anak karena mengajarkan si Kecil cara berinteraksi dengan orang lain. Terlebih, di usia ini, anak-anak sudah bisa meniru semua yang orang tuanya lakukan. Jadi, ia juga akan suka bermain peran sederhana dengan meniru tindakan-tindakan yang ia sudah pernah lihat sebelumnya. Misalkan, pura-pura memasak atau pura-pura menelepon.

Dalam proses bermain, mereka dapat mengembangkan pemahaman tentang ekspektasi dan norma-norma sosial. Pada akhirnya, bermain juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berbagi pemikiran dan ide, belajar tentang berkompromi,  menumbuhkan kemauan berbagi, dan bagaimana cara menghadapi dan memecahkan permasalahan di dalam kelompok. 

Itulah kenapa, memberikan mainan edukasi sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan anak mulai usia 1 tahun ini. 

Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun yang Bantu Optimalkan Tumbuh Kembangnya

Mainan edukatif adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan si Kecil dan disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan.

Dengan begitu, anak juga sekaligus mengasah semua keterampilan yang baru ia miliki. Mulai dari keterampilan motorik, keterampilan kognitif, keterampilan sosial dan emosional, sampai keterampilan bahasa dan bicaranya.

Selain itu sebisa mungkin, pilihkan mainan yang bisa melatih kemampuan motorik dan sensorik anak di usianya yang ke-1 tahun ini. Mainan edukasi yang bagus idealnya juga dapat sedikit demi sedikit melatih kemampuan berpikir anak di usia 1 tahun ke atas. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun yang bagus Mama berikan untuk si Kecil di atas usia 1 tahun. 

1. Puzzle

Puzzle adalah mainan yang tepat untuk mengasah keterampilan kognitif anak dan motorik halusnya di usia 1 tahun ini. Puzzle biasanya punya beragam bentuk dan warna untuk disusun menjadi sebuah bentuk atau gambar yang utuh.

Dengan begitu, ia akan berlatih memungut atau mencapit kepingan puzzle dengan tangan mungilnya dan meletakkannya kembali di tempat yang benar. 

Selain itu, si Kecil bisa belajar kata-kata baru, seperti “atas”, “bawah”, “kiri”, “kanan”, “di samping”, dan lainnya saat Mama membantu ia mencari potongan yang tepat untuk menyusun puzzle. 

Anak-anak juga akan lebih sering mendengar dan belajar tentang bilangan urut dan kata-kata yang menunjukkan posisi dalam urutan, seperti pertama, kedua, ketiga, dan terakhir ketika Mama membantu mereka menyatukan potongan-potongan puzzle tersebut.

2. Ring Donat

Anak-anak di rentang usia ini sudah mulai menunjukkan kemampuan mencapit yang lebih baik. Sebab, kemampuan mencapit adalah salah satu milestone penting dari perkembangan motorik si Kecil.

Nah, mainan ring donat bagus untuk merangsang motorik halus anak di usia 1 tahun. Karena, gerakan mencapit yang digunakan si Kecil saat mengambil ring donat akan membantu meningkatkan kekuatan dan ketangkasan ibu jari dan jari telunjuknya.

Anak-anak di usia ini akan lebih banyak menggunakan “capitan” jari mereka untuk mengambil dan menggenggam benda, juga memasukkan makanan ke mulut. Selain untuk mengambil mainan dan makanan, genggaman ini yang akan menjadi pondasi untuk anak bisa memegang pensil ketika nantinya mereka masuk sekolah.

Cara memainkan ring donat gampang sekali kok, Ma! Pertama-tama, Mama lepaskan dulu donat-donat yang tersusun di tiangnya dan taruh di lantai secara acak. Kemudian, minta si Kecil mengambil ring donatnya satu per satu untuk dimasukkan kembali ke tiang tersebut.

Melalui permainan ini, anak akan terus melatih kemampuan berpikirnya untuk memahami perbedaan ukuran dengan mencari donat mana yang bisa muat lebih dulu masuk ke tiang. Karena ketika salah satu ring donat yang si Kecil pilih tidak muat, ia akan mencoba dengan yang lain.

Mama juga bisa meminta si Kecil memasukkan donat ke tiang sesuai warna. Secara tidak langsung, mainan edukasi ini juga akan bantu anak 1 tahun belajar mengenal warna, lho!

3. Sensory Board

Permainan sensory board bisa jadi salah satu contoh mainan edukasi anak 1 tahun yang mudah dan menarik dilakukan di rumah. Sesuai namanya, sensory board adalah papan sederhana yang diisi berbagai benda dengan aneka bentuk dan tekstur. 

Pada permainan ini, anak dapat merasakan pengalaman sensorik sendiri terhadap sentuhan hingga penglihatan suatu benda. Mama atau Papa bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Cara membuatnya, gunakan papan kayu atau plastik yang tidak terpakai. Kemudian, tempelkan macam-macam barang, seperti gantungan kunci, spons mandi, kain atau serbet, roda lemari, bulu-bulu halus, rumput sintetis, telepon, kalkulator, hingga benda-benda lain untuk merangsang panca indera anak. 

Namun, ingat jangan memasang benda-benda di papan yang dapat membahayakan si Kecil ya, Ma. Jika tidak sempat membuat papan sensory sendiri, tak perlu khawatir. Mama bisa membeli macam-macam mainan sensorik anak yang sekarang banyak dijual di pasaran.

4. Balok Warna-Warni

Anak Mama sedang senang-senangnya menyusun dan mengulik sesuatu? Maka, Mama bisa memberikannya mainan balok. Jenis mainan anak 1 tahun ini dapat mengasah keterampilan motorik halus dan kasar si Kecil. 

Menyusun balok juga membuat anak lebih bebas berimajinasi dan mengekspresikan diri sendiri. Sebab, anak-anak juga dapat mewujudkan ide-ide mereka dengan menciptakan, mengubah, dan membangun kembali sesuatu yang unik.

Selain itu yang tak kalah penting adalah bermain balok bisa mengajarkan si Kecil beberapa konsep matematika dasar, seperti ukuran besar kecil dan panjang pendek.

Betapa banyak ilmu yang bisa didapat si Kecil hanya dengan bermain balok? Dari mainan edukasi ini, pelan-pelan tapi pasti anak akan juga belajar untuk semakin percaya diri, mandiri untuk menyelesaikan masalah, dan berani mencoba hal-hal baru, lho!

Nah supaya waktu bermainnya lebih aman, sediakan pula balok yang berukuran besar agar ia tidak tersedak mainannya sendiri. Karena di usia ini, si Kecil masih suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya sebagai cara ia mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya.

5. Busy Jars

Busy jars adalah mainan edukasi anak 1 tahun yang dibuat dari wadah berupa gelas tertutup (jar). Permainan ini berfungsi melatih motorik halus, sensori, fokus, konsentrasi awal bagi anak khususnya untuk si Kecil usia 12-24 bulan.

Ada beberapa aktivitas busy jars yang bisa dimainkan si Kecil, mulai dari memasukkan kancing atau manik-manik ke dalam jar yang dilubangi seperti celengan, menarik tali warna warni dari dalam jar, atau memasukkan stik ke dalam tutup jar yang dilubangi bolong-bolong.

6. Crawl Tunnel

Mainan edukasi anak 1 tahun ini berbentuk terowongan. Cara memainkannya adalah si Kecil harus masuk dan menyusuri terowongan tersebut dengan merangkak. 

Bagi anak usia 1 tahun, konsep bermain terowongan akan sangat menyenangkan baginya karena ada banyak pengalaman sensorik yang ia rasakan. Misalnya, dari berada di lingkungan yang terang kemudian berubah menjadi gelap ketika masuk terowongan, kemudian keluar kembali ke tempat yang terang.

Motorik kasarnya juga semakin terlatih karena bermain crawl tunnel mengharuskannya bergerak menunduk, merangkak, hingga bangun lagi.

7. Learning Table

Lewat learning table, anak 1 tahun bisa mengeksplorasi berbagai macam aktivitas hanya dalam satu jenis mainan. 

Learning table itu sendiri adalah mainan berbentuk meja yang terdapat bermacam-macam tombol, setir, tuas, hingga buku untuk merangsang keterampilan motorik kasar dan motorik halus si Kecil secara bersamaan.

Melalui mainan anak 1 tahun yang berbentuk meja ini, ia dapat menghabiskan waktu tanpa perlu mengeluarkan banyak mainan sekaligus.

Anak akan menggunakan tangannya untuk mengoperasikan setiap ornamen pada learning table, serta belajar mengenal suara dari setiap bunyi yang keluar dari mainan tersebut.

Baca Juga: Pisahkan Balita Dengan Objek Pengamannya

8. Pop It

Pop it adalah mainan berbahan silikon dengan tekstur timbul yang bisa ditekan atau dipencet ke dalam. Ketika bermain pop it, anak bisa melatih fokusnya lebih lama karena dengan menekan bagian-bagian yang timbul tadi sampai habis. 

Setelah semuanya habis, Mama bisa berikan pujian untuknya, seperti dengan berkata “Wah, Kakak hebat! Semua bola-bolanya sudah kempes!” supaya si Kecil merasa senang karena sukses menyelesaikan “misi” nya.

Menariknya lagi, mainan ini bisa menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengalihkan perhatian anak yang sedang rewel untuk membuat mood si Kecil kembali ceria.

Gerakan menekan dari jemarinya yang dilakukan berulang-ulang pun akan bantu mempertajam skill motorik halus anak.

9. Alat Musik Mainan

Rekomendasi mainan anak 1 tahun berikutnya adalah alat musik. Anak di usia ini mungkin semakin sering menunjukkan ketertarikannya terhadap bunyi-bunyian. Maka itu, Mama bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikannya mainan musik, seperti xylophone (alat musik dari plastik atau kayu yang dipukul) atau keyboard kecil. 

Permainan ini dapat membantu perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan berbicara, dan mengatur emosi pada anak.

10. Board Book

Mirip dengan sensory board, board book adalah buku dengan material tebal yang tak mudah dirobek. Selain menambah pengetahuan si Kecil, board book yang beredar di pasaran kini lebih menyenangkan untuk dibaca karena tampilan atraktifnya. 

Ada berbagai jenis dan variasi board book yang menarik untuk bisa menjadi mainan edukasi anak 1 tahun. Misalnya lift the flap, yaitu board book berisi informasi tersembunyi di balik ilustrasi gambar yang bisa dibuka. Ada juga touch and feel, yakni board book yang berisi stimulasi sensori untuk si Kecil seperti tekstur berbulu, tekstur licin, atau yang berkerut.

Memberikan si Kecil board book juga dapat menjadi awal yang baik untuk menanamkan minat si Kecil membaca dan memahami literasi sejak dini. 

11. Playdoh

Playdoh menjadi salah satu ide mainan anak 1 tahun yang menarik. Bagaimana tidak? Si Kecil bisa membentuk hewan, makanan, bahkan bangunan sekalipun menggunakan plastisin.

Anak-anak pun dapat menyalurkan imajinasi dan kreativitasnya melalui playdoh. Selain itu, permainan ini dapat melatih kemampuan motorik halusnya.

Apalagi, sekarang sudah banyak playdoh yang dilengkapi peralatan mencetak.

Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Anak Usia 1 Tahun

Supaya waktu bermain si Kecil di rumah semakin seru, tidak ada salahnya untuk menambah koleksi mainannya. Meski begitu, Mama tetap harus bijak pilih-pilih mainan yang tepat untuknya, ya.

Masih sering kali kita temui mainan si Kecil tidak sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya, sehingga maksud dan tujuan dari mainan itu sendiri tidak tercapai. Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui jenis mainan edukatif anak usia 1-3 tahun apa saja yang tepat diberikan kepada si Kecil.

Jangan lupa juga, untuk selalu memperhatikan keamanan dari setiap mainan yang Mama berikan. Sebelum memberikan mainan baru untuk si Kecil, selalu pastikan mainan tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak di rentang usianya.

Mainan edukatif anak usia 1 tahun yang baik tidak harus yang dibeli di toko dengan harga yang mahal ya, Ma. Mainan edukatif anak usia ini bisa dibuat sendiri dengan memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

  • Aman dan tidak mudah rusak. Mainan edukatif tidak boleh terlalu kecil, cat yang digunakan tidak mengandung racun, tidak tajam, dan tidak mudah pecah.

  • Ukuran yang sesuai. Mainan edukatif harus sesuai dengan usianya. Tidak terlalu besar sehingga sulit dijangkau si Kecil dan tidak terlalu kecil sehingga tidak mudah tertelan si Kecil.

  • Desain mainan harus jelas. Mainan harus mempunyai bentuk, susunan, dan desain yang jelas maksud dan tujuannya.

  • Menarik perhatian. Walau sederhana, mainan edukatif harus dibuat dengan warna yang menarik perhatian si Kecil.

  • Bermanfaat bagi si Kecil. Mainan edukatif anak harus bermanfaat untuk perkembangan motorik, bahasa, kecerdasan, dan sosialisasi.

  • Cek kondisi mainan anak. Segera perbaiki jika terlihat ada kerusakan dari mainan si Kecil, seperti benang yang lepas, isian mainan yang terlepas, atau ada yang patah.

Baca Juga: Screen Time Anak dan Pengaruh Gadget pada Balita

Selalu dampingi anak saat bermain juga, ya Ma! Karena di usia ini, anak-anak sangat suka memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya sebagai caranya untuk belajar. Jadi, selalu bersihkan dulu mainan-mainan anak sebelum ia pegang, dan perhatikan jika ada mainan yang ukurannya terlalu kecil atau berpotensi membuatnya tersedak. 

Penting juga untuk mengoptimalkan perkembangan si Kecil dengan mainan edukasi dan lengkapi pula nutrisi hariannya dengan makanan bergizi serta tambahan susu pertumbuhan seperti susu Nutrilon Royal 3 sebanyak 3 kali sehari untuk bantu penuhi kebutuhan gizi hariannya. 

Susu Nutrilon Royal 3 dilengkapi dengan Omega 3 & 6 serta zat besi dan DHA, juga diperkaya dengan formula ACTIDUOBIO+, yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 yang paling tinggi dan telah teruji klinis untuk bantu mendukung tumbuh kembang anak yang optimal ketika disertai dengan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Apabila masih ingin dapatkan lebih banyak cara stimulasi anak yang tepat, yuk download Activity PlayBook Eksklusif ini untuk dukung si Kecil jadi Pemenang!

  1. Brown, H. (2023, January 11). 15 of the best toys for 1 year olds. Madeformums.com; MadeForMums. https://www.madeformums.com/reviews/10-of-the-best-toys-for-1-year-olds/
  2. Shoppers Have Clicked on This Ball-Shooting Toddler Toy More Than 77,000 Times. (2023, June 2). Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/childrens-products/toy-reviews/g5152/best-toys-for-one-year-olds/
  3. 11 Best Toys for a 1-Year-Old. (2023). Happiest Baby. https://www.happiestbaby.com/blogs/toddler/best-toys-1-year-old
  4. Paul, S. (2022, March 13). 17 Brain Development Toys for 1 Year Old Toddlers | NowPsych | Online Psychiatry. NowPsych | Online Psychiatry. https://nowpsych.com/brain-development-toys-for-1-year-old/
  5. Verywell. (2023). The 33 Best Toys for 1-Year-Olds in 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-baby-toys-under-1-4153327
comment-icon comment-icon