Tahap Mengatur Jam Tidur Si Kecil - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

Tahap Mengatur Jam Tidur Si Kecil, Sesuai Usianya

Mengatur jam tidur bayi sejak dini, dapat membantunya untuk tidur nyenyak sepanjang malam. Berikut adalah tips dari Tim Ahli Nutriclub untuk tahap mengatur jam tidur bayi, sesuai usianya.

Beberapa anak dapat dengan mudah dan cepat beradaptasi dengan jadwal tidur yang rutin. Namun sebagian anak lainnya lebih sulit untuk memiliki jadwal tidur yang rutin , atau untuk kembali tertidur setelah ia terbangun di malam hari. Pada dasarnya Ibu dapat menerapkan jadwal tidur si Kecil dan memandunya tahap demi tahap sesuai usianya, untuk membiasakan pola hidup sehat sejak dini.
 
Mengatur Jam Tidur si Kecil di Usia 1-3 bulan 
Jangan memaksa untuk menerapkan waktu tidur kepada si Kecil yang baru lahir. Karena ketika baru lahir, ia butuh diberika ASI setiap beberapa jam sekali. Hal ini sangat normal dan sehat, Ibu sebaiknya selalu merespon dengan cepat tangisannya, berikan ASI dan berikan ia kenyamanan. Pada tahap ini sebaiknya Ibu juga tertidur saat si Kecil tidur, untuk mencegah Ibu kurang tidur dan kurang istirahat.
 
Saat si Kecil mulai menginjak usia 6 minggu setelah kelahirannya, ritme biologis si Kecil mulai membuatnya memiliki pola tidur. Di setiap malam dan setiap jam yang sama, Ibu dapat memandikan si Kecil dengan air hangat, membacakannya buku lalu menyusuinya.
 
Kemudian bangunkan si Kecil setiap pagi pada jam yang sama. Pada tahap usia ini, Ibu sebaiknya ingat bahwa pola tidur si Kecil masih di dalam tahap pembentukan. Selama tiga bulan pertama dalam hidupnya, si Kecil perlahan-lahan akan mulai terbiasa tidur lebih banyak di malam hari dan lebih aktif di siang hari. Pola tidur ini perlu selalu disesuaikan sesuai tahap perkembangan usia si Kecil.

Did you know?

”Pijat bayi memberikan rasa rileks, meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki nafsu makan, dan membantu mengurangi insiden kolik pada si Kecil sampai usia 3 bulan. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP
Mengatur Jam Tidur si Kecil di Usia 4 - 6 bulan ke Atas 
Biasanya saat si Kecil sudah menginjak usia 3 bulan ke atas, ia mulai memiliki pola tidur dan waktu bangun di pagi hari yang rutin. Rasa laparnya di malam hari, yang membuat Ibu harus menyusui di malam hari juga berkurang dibandingkan biasanya.
 
Di tahap usia 4 hingga 6 bulan, biasanya si Kecil sudah siap untuk dilatih jadwal tidurnya, dan sudah mampu untuk tidur sepanjang malam, yakni sekitar 8 - 12 jam. Namun tentu saja, tiap bayi memiliki kecenderungannya masing-masing. Ada yang dapat beradaptasi dengan mudah ada yang tidak untuk mengikuti jadwal tidur.
 
Sebelum melatih kebiasaan tidur si Kecil, pastikan ia tidak memiliki kondisi medis yang dapat mempengaruhi tidurnya. 
 
Jadwal Istirahat Singkat si Kecil
Selain jadwal tidur, si Kecil juga akan melakukan tidur singkatnya, baik di pagi, siang hingga sore hari. Semakin besar usia si Kecil maka kebutuhan tidur singkatnya juga akan berubah. Berikut ini adalah jadwal tidur singkat si Kecil di tiap fase usianya.
 
6 - 8 Minggu: Ia akan membutuhkan 2 hingga 4 kali tidur singkat sehari. Ibu sudah mulai bisa menjadwalkan waktu tidur singkat si Kecil sehari-hari.
 
3 - 4 bulan: Di fase ini waktu tidur singkat si Kecil semakin terprediksi, Ibu sebaiknya memberikan si Kecil pola tidur singkatnya.
 
6 bulan: Si Kecil biasanya akan memiliki 2 hingga 3 kali tidur singkat dalam satu hari. 
 
9 - 12 bulan: Hampir kebanyakan bayi akan memiliki 2 kali tidur singkatnya di pagi dan sore hari.
 
18 bulan: Di fase ini hampir semua bayi, mulai meninggalkan tidur singkatnya di pagi hari dan akan tertidur di siang hari.