Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Ingin Anak Lancar Membaca Tanpa Mengeja? Yuk, Simak Tipsnya!

Stimulasi

Ingin Anak Lancar Membaca Tanpa Mengeja? Yuk, Simak Tipsnya!


Mama, mengajarkan si Kecil lancar membaca tanpa mengeja memang kadang menjadi momok tersendiri untuk tiap orang tua. Ada penelitian yang mengatakan kelancaran membaca pada anak usia 7 tahun bisa menggambarkan kesuksesannya 35 tahun kemudian. Hal tersebut menggambarkan betapa pentingnya lancar membaca tanpa mengeja bagi masa depan si Kecil.

Membaca tanpa mengeja dapat diartikan kemampuan si Kecil membaca buku atau teks lain dengan benar, cepat, dan berekspresi tanpa mengeja. Si Kecil tidak harus berhenti dan mengeja setiap kata. Sebaliknya, sebagian besar kata dapat ia baca secara otomatis.

Tips Persiapan Belajar Membaca Tanpa Mengeja Bagi Anak Pra-sekolah Sampai Usia Sekolah

Sebelum seorang anak dapat lancar membaca tanpa mengeja, penting untuk Mama ketahui tips untuk proses mereka mulai belajar membaca, di antaranya:

  • Mengajarkan membaca adalah hal yang sangat membantu
    Mungkin banyak Mama diluar sana yang bingung dan takut untuk memulai mengajarkan anak membaca tanpa mengeja. Ada yang berpendapat mengajarkannya terlalu cepat hanya akan membebani si Kecil. Namun, para ahli berpendapat membacakan buku untuk anak dari hari pertama kelahirannya adalah hal yang baik.

  • Ajak si Kecil berbicara sesering mungkin
    Mama, lancar membaca tanpa mengeja adalah kegiatan bahasa. Jika ingin belajar bahasa, sebaiknya kita mulai dengan mendengarnya lalu barulah berbicara. Ajak si Kecil bicara sesering dan sedini mungkin. Ceritakan dan nyanyikan tiap aktivitas yang Mama lakukan bersamanya. Walaupun si Kecil tampak belum mengerti dan belum bisa merespon, hal yang Mama lakukan sudah memupuk dasar untuk kemampuan membacanya, lho.

  • Bacakan buku
    Agar anak lancar membaca tanpa mengeja, membacakan buku atau cerita untuk si Kecil adalah cara yang bagus dan mudah untuk meningkatkan keterampilan membaca tanpa mengeja. Penelitian menunjukkan manfaat membaca buku untuk si Kecil dan memulainya sejak si Kecil usia 9 bulan. Hal ini bisa efektif bahkan jika dimulai lebih awal.  Membaca untuk si Kecil memaparkan mereka pada kosakata yang lebih kaya daripada yang biasanya mereka dengar dari Mama atau keluarga lainnya, hal tersebut dapat berdampak positif pada bahasa, kecerdasan, dan pencapaian literasi mereka di kemudian hari, termasuk kemampuan membaca tanpa mengeja.

  • Jadikan membaca tanpa mengeja sebagai kebiasaan
    Bisa karena terbiasa adalah hal yang juga berlaku dalam hal membaca tanpa mengeja. Mama disarankan untuk membiasakan kegiatan membaca di rumah, sehingga si Kecil akan ikut menyukainya. Sesekali, Mama juga bisa mengajak Si Kecil pergi ke perpustakaan atau toko buku dan tanyakan jenis buku apa yang menjadi kesukaannya.

  • Ajarkan phoenic (nama huruf dan bunyinya)
    Kita tidak dapat mengucapkan kata-kata atau menulisnya tanpa mengetahui bunyi hurufnya. Terkadang nama huruf dan bunyinya memang tidak sama, maka dari itu mengajarkan si Kecil nama dan dan bunyinya akan mempermudahnya dalam kegiatan membaca tanpa mengeja. Buat pelajaran tetap singkat dan menyenangkan, ya, Mama, tidak lebih dari 5-10 menit untuk anak-anak.

  • Belajar menulis
    Ternyata, belajar menulis juga bisa membantu meningkatkan kemampuan membaca tanpa mengeja. Nyatanya, kedua keterampilan ini tidak bisa dipisahkan. Biar lebih menyenangkan, Mama juga bisa menggunakan permainan warna saat membantu anak mengenali huruf dan angka.

Tips Mengajarkan Anak Membaca Tanpa Mengeja.

Setelah si Kecil mulai bisa membaca, tantangan selanjutnya adalah mengajarkan si Kecil untuk membaca tanpa mengeja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan, lho, Mama, di antaranya berikut ini:

  • Temani si Kecil ketika membaca 
    Cara termudah dan terbaik untuk membantu si Kecil mengembangkan kefasihan dalam membaca lancar tanpa mengeja adalah dengan Mama duduk bersamanya dan mulai membaca. Membaca tanpa mengeja bersama setiap hari yang sering disebut paired or buddy reading. Mama dan si Kecil cukup bergiliran membaca dengan keras. Dimulai dari Mama karena bacaan Mama memberikan contoh seperti apa suara membaca tanpa mengeja yang lancar. Kemudian, minta si Kecil untuk membaca kembali halaman yang sama yang baru saja Mama baca tanpa mengeja.

  • Bacakan berulang-ulang buku kesukaannya
    Berikan dorong untuk si Kecil agar membaca ulang buku favorit berulang kali. Dengan setiap kali si Kecil membaca, Mama mungkin melihat si Kecil akan membaca tanpa mengeja sedikit lebih mudah, sedikit lebih cepat, dan dengan sedikit lebih percaya diri dan ekspresi.

  • Rekam 
    Ajak si Kecil untuk merekam tiap ia berlatih membaca tanpa mengeja, jadikan rekaman-rekaman tersebut sebagai buku audionya. Si Kecil akan cenderung mempraktikan apa yang ingin mereka rekam. Hal tersebut akan meningkatkan semangatnya dalam berlatih membaca tanpa mengeja.


Mama, begitulah tips untuk mengajarkan si Kecil cara membaca, terutama membaca tanpa mengeja. Selain usaha tersebut, untuk dapat menunjang proses pembelajaran si Kecil, juga dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Bekali si Kecil dengan susu berkandungan nutrisi baik, seperti Nutrilon Royal, dengan FOS:GOS, Omega 3,6 dan DHA lebih tinggi, bantu optimalkan daya tahan tubuh dan daya tangkap si Kecil. Ada Nutrilon 3 untuk si Kecil usia 1-3 tahun dan Nutrilon 4 untuk usia 3 tahun ke atas.

Keduanya juga tersedia dengan 2 varian rasa, yakni vanilla dan madu. Nutrilon Royal adalah pilihan yang tepat untuk menunjang usaha Mama memberikan yang terbaik untuk si Kecil.

Referensi 

  1. Shutterstock. Happy Asian Family Reading Book at Home [Internet]. New York: Shutterstock [cited 2022 Mar 30]. Available from: https://www.shutterstock.com/video/clip-27066322-happy-asian-family-reading-book-home

  2. Shanahan T. 11 Ways Parents Can Help Their Children Read [Internet]. Virginia: Reading Rockets; 2015 [cited 2022 Mar 30]. Available from: https://www.readingrockets.org/blogs/shanahan-literacy/11-ways-parents-can-help-their-children-read

  3. Reading Rockets. Fluency Matters [Internet]. Virginia: Reading Rockets. [cited 2022 Mar 30].  Available from: https://www.readingrockets.org/article/fluency-matters  

  4. ABC Reading Eggs. How to Teach Kids to Read at Home - 10 Simple Steps [Internet]. ABC Reading Eggs [cited 2022 Mar 30]. Available from: https://readingeggs.com.au/articles/2018/09/16/teach-kids-to-read-at-home/ 

comment-icon comment-icon