Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

7 Fakta Karakter Anak Pertama yang Perlu Diketahui

Stimulasi

7 Fakta Karakter Anak Pertama yang Perlu Diketahui


Anak merupakan karunia dari Tuhan. Tentunya bagi orang tua yang memiliki beberapa orang anak, pasti menyadari karakter setiap orang anak berbeda-beda. Anak pertama paling sering dianggap sebagai anak yang bertanggung jawab dan mandiri. Nah Mama, mari kita simak penjelasan berikut mengenai karakter anak pertama.

7 Karakter Anak Pertama Berdasarkan Penelitian

Berdasarkan berbagai penelitian, berikut adalah beberapa sifat yang sering kali ditemukan pada seseorang yang merupakan anak pertama:

1. Mandiri

Si Sulung umumnya tidak sulit membuat keputusan dan menentukan pilihan hidupnya. Tumbuh besar dengan saudara yang lebih muda membuat anak pertama harus berbagi perhatian dari orang tua dengan adik-adiknya. Hal ini membuat Si Sulung belajar untuk mencari tahu apa yang disenanginya dan apa tujuan hidupnya. Tidak jarang Si Kecil bertindak seperti orang dewasa dalam versi mini untuk dapat menunjukkan kepada orang tuanya bahwa ia mampu melakukan aktivitas seperti orang dewasa.

2. Penyayang

Hadirnya saudara yang lebih muda membuat Si Sulung menghabiskan sebagian hidup mereka bersama. Selain itu munculnya saudara menghilangkan rasa kesepian anak pertama pada awal kehidupannya, menimbulkan rasa nyaman dan rasa untuk melindungi satu dengan lainnya. Namun jika hal ini berlebihan maka dapat memunculkan sifat overprotektif yang tentunya juga tidak baik.

3. Jiwa Pemimpin

Rasa bertanggung jawab yang dimiliki anak pertama membuatnya mengambil peran sebagai pemimpin bagi saudara dan keluarga. Hal ini membuat Si Kecil berusaha untuk melakukan segala sesuatu sebaik mungkin. Faktanya, mayoritas presiden, astronot, serta pemimpin perusahaan merupakan anak sulung.

4. Pekerja Keras

Salah satu karakter anak pertama, yakni pekerja keras. Si sulung berupaya membuat bangga orang tua dan keluarga. Sifat inilah yang membuat tidak sulit untuk meminta Si Sulung melakukan suatu pekerjaan misalnya untuk mengambilkan barang tertentu atau menggantikan popok adiknya. Tentunya tindakan meminta bantuan kepada Si Sulung sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena akan menimbulkan rasa iri yang berlebih pada dirinya.

5. Penurut

Karakter dari anak pertama cenderung lebih penurut dan mengikuti arahan orang tua. Mereka jarang  memberontak atau memiliki jiwa berkelana. Memiliki tujuan hidup tertentu umumnya membuat Si Sulung menjadi pribadi yang goal-oriented. Hal ini perlu diarahkan oleh Mama karena jika ia terlalu bersikeras akan kemauannya akan membuat menjadi pribadi yang keras kepala.

6. Pintar Berbahasa

Menurut jurnal Frontiers in Psychology menemukan fakta bahwa karakter anak pertama memiliki kemampuan berbahasa yang melebihi saudaranya. Beberapa sumber menyebutkan kemampuan bahasa yang lebih ini disebabkan karena akan adanya pengenalan bahasa yang lebih dahulu pada Si Sulung dibandingkan dengan saudaranya.

7. Berperilaku Baik

Terakhir, karakter anak pertama pada masa remajanya cenderung berperilaku baik. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa anak sulung jarang berperilaku yang melanggar norma, seperti penggunaan narkotika dan zat adiktif lainnya, maupun perilaku seksual yang menyimpang. Menurut studi yang dilakukan di Universitas Northwestern dan Florida, anak pertama berisiko lebih rendah melakukan tindakan kriminal yang diawali dengan lebih jarangnya kasus kenakalan anak pertama di sekolah dibandingkan dengan anak kedua.

Tips Mendidik Anak Pertama

Memiliki anak pertama membuat orang tua tidak hanya wajib paham mengenai karakter anak pertama, tapi juga perlu memahami bagaimana mengasuh dan mencintainya. Terkadang tanpa sadar orang tua memberikan ekspektasi yang tinggi pada anak pertama. Selain itu memiliki anak pertama merupakan pengalaman yang baru bagi mama, sehingga perlu adanya beberapa tips dan trik untuk dapat mencintai dan mendidik Si Sulung. Berikut cara yang dapat dilakukan

1. Memahami bahwa ia bukanlah versi kecil dari diri orang tua

Kesalahan yang kerap kali terjadi ketika Si Kecil lahir adalah orang tua cenderung untuk mendidik seperti bagaimana ia dahulu dididik padahal ia adalah pribadi yang unik dan tidaklah sama dengan orang tua. Biarkan Si Sulung mengeksplorasi kegiatan yang ia suka tanpa menyamakan apa yang orang tua senangi.

2. Fokus kepada Si Kecil

Anak si A sudah bisa duduk di usia 6 bulan, si B sudah sejak 7 bulan sedangkan Si Kecil belum bisa. Hal ini kerap meresahkan Mama. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan dengan waktu yang berbeda meskipun terdapat patokan umum. Hindari membandingkan Si Kecil dengan anak orang lain atau saudaranya. Pantau perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil dengan berfokus pada Si Kecil bukan hanya pada kemampuan hebat yang ia dapat tunjukkan. 

3. Hindari memberikan kritik berlebih

Kritik diperlukan untuk dapat membuat seseorang menjadi lebih baik lagi termasuk  Si Sulung. Namun kritik yang berlebih akan memberi dampak yang berkebalikan. Kritik yang berlebih akan membuat ia menjadi rendah diri dan tidak percaya diri. Berikanlah ia pujian pada tindakan baik yang dilakukan. Dengan demikian Si Sulung akan merasa dihargai dan dicintai,

 Pemberian nutrisi yang baik selama proses tumbuh kembangnya juga memegang peranan penting. Nutrisi yang baik diawali dengan memberikan ASI eksklusif hingga anak berusia 2 tahun. Berikan pula makanan tambahan yang mengandung makro dan mikronutrien, seperti buah dan sayur. Asupan nutrisi serta pola asuh yang baik dapat menjaga tumbuh kembang Si Kecil.

  1. Voo J. Birth Order Traits: Your Guide to Sibling Personality Differences [Internet]. USA : Parents. 2020 [updated 2020 July 30; cited 2021 July 15]. Available from:  https://www.parents.com/baby/development/social/birth-order-and-personality/ 
  2. WebMD. First-Born Children More Intelligent: Study [Interet]. USA : WebMD. 2017 [updated 2019 Feb 09; cited 2021 July 15]. Available from : https://www.webmd.com/parenting/news/20170209/first-born-intelligence
  3. Wolff C. 7 Interesting Habits All First-Born Children Have In Common [Internet]. USA : Bustle. 2017 [updated 2017 Dec 09; cited 2021 July 15]. Available from : https://www.bustle.com/p/7-interesting-habits-all-first-born-children-have-in-common-7515592
  4. World Health Organization. Infant and young child feeding [Internet]. 2021 [updated 2021 June 09; cited 2021 July 15]. Available from : https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding
comment-iconcomment-icon