Yuk Buat Mainan Edukasi Bersama si Kecil - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Rutinitas Anak

Yuk Buat Mainan Edukasi Bersama si Kecil

Ketika Mama dan si Kecil menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan sudah mulai merasa bosan, tidak ada salahnya memanfaatkan mainan edukasi anak untuk mengusir rasa jenuh. Selain untuk membangun kedekatan bersama si Kecil, Mama juga bisa mengasah kreativitasnya.

Ada beragam mainan edukasi anak yang tersedia di pasaran. Jika tidak memungkinkan keluar rumah, Mama bisa mencoba membuat sendiri mainan si Kecil dari benda-benda atau aksesoris mainannya yang lain. Penasaran dengan permainan edukasi anak buatan sendiri? Yuk, cek beberapa daftarnya di bawah ini yang cocok untuk si Kecil usia di atas satu tahun!

Merapikan Mainan di Wadah

Adanya banyak mainan yang tersebar di dalam rumah karena tidak dibereskan bisa menjadi salah satu ide bermain yang menyenangkan. Dengan merapikan mainan yang terhambur ke dalam sebuah wadah, Mama secara tidak langsung mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan lewat cara sederhana. Anak berusia lebih dari setahun biasanya sangat ingin mengikuti urutan langkah-langkah seperti mengumpulkan mainan dan menyatukannya di dalam wadah.

Balapan di Track Kreasi Si Kecil

Jika si Kecil sudah bosan memainkan mobil-mobilannya, coba ajak dia untuk membuat track atau jalanan dari kardus bekas. Si Kecil juga bisa berimajinasi dengan menambahkan beragam aksesoris mainan lainnya seperti balok atau truk. Seluruh mainan ini bisa digunakan untuk membangun imajinasi si Kecil dengan membuat sebuah kota.

Bermain Puzzle

Salah satu tips memilih mainan edukasi adalah dengan memanfaatkan puzzle yang biasanya punya beragam bentuk dan warna untuk disusun menjadi sebuah bentuk atau gambar yang utuh. Menariknya, Mama tidak perlu membeli puzzle sebab mainan ini bisa dibikin sendiri dengan cara dicetak lalu dipotong-potong sesuai keinginan.

DIY Kartu Angka

Selama di rumah jangan lupa untuk mengajarkan si Kecil soal angka dan matematika. Cetak  angka di kertas dan siapkan beberapa batang lidi agar si Kecil bisa mencocokkan gambar di angka dengan benda. Berikan pertanyaan untuk memainkan kartu angka tersebut.

Contoh pertanyaan sederhana yang bisa Mama ajukan, “Nia mengadakan pesta ulang tahun. Nia mengundang Dani dan Toni. Dani membawa 6 balon dan Toni membawa 4 balon. Berapa jumlah balon yang terkumpul dari kedua anak tersebut?”

DIY Recycled Art

Memilih mainan yang edukasi untuk si Kecil tidak perlu membuat Mama kebingungan. Pasalnya, ada satu ide yang bisa dimanfaatkan, yakni membuat mainan dari barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi. Selain mengasah kreativitas, hal ini bertujuan untuk mengajarkan si Kecil untuk mencintai lingkungan sedari dini.

Temukan beberapa bahan yang bisa didaur ulang dan ajak si Kecil untuk melukisnya. Proses melukis barang-barang yang tidak terpakai lagi ini tentu bakal disukai oleh si Kecil untuk berkreasi menciptakan mainan-mainan baru atau hiasan untuk dipajang di rumah. Pastikan cat yang digunakan untuk melukis aman untuk si Kecil dan jangan pernah meninggalkan si Kecil sendiri dengan cat karena mereka dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam mulut mereka.

Nah, itu tadi beberapa daftar mainan edukasi anak di rumah yang bisa Mama coba sendiri di rumah. Optimalkan perkembangan si Kecil dengan stimulasi mainan edukasi dan lengkapi juga nutrisi hariannya dengan NUTRILON ROYAL ACTIDUOBIO+ untuk bantu kemampuan berpikir dan juga terbukti klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil. Yuk Ma, cari tau selengkapnya mengenai ACTIDUOBIO+ disini.

 


 

facebook-logo twitter-logo

Sumber :

https://time.com/5803373/coronavirus-kids-at-home-activities/

https://www.montessorinature.com/montessori-preschool-activities-games/