5 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi si Kecil yang Bisa Mama Lakukan - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

5 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi si Kecil yang Bisa Mama Lakukan

Ketika baru memiliki anak ada beberapa hal yang harus Mama perhatikan, mulai dari kesehatan, tumbuh kembang anak, hingga pemenuhan kebutuhan nutrisi si Kecil. Gizi memiliki peranan penting dalam proses tumbuh kembang si Kecil.  pada masa pertumbuhan jika si Kecil tidak mendapat pemenuhan kebutuhan nutrisi yang baik akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang akan terus berlanjut hingga dewasa.

Lebih lanjut, pemenuhan kebutuhan nutrisi juga berpengaruh pada kondisi kesehatan si Kecil lho, Ma. Oleh karena itu, Mama harus memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil agar kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil tidak terganggu. Mama tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Beberapa cara pemenuhan kebutuhan nutrisi si Kecil yakni antara lain sebagai berikut:

Biasakan Anak untuk Sarapan Sejak Dini

Cara pemenuhan kebutuhan si Kecil yang pertama adalah dengan cara membiasakan si Kecil untuk melakukan sarapan. Mama mungkin berpikir sarapan hanya penting bagi orang dewasa atau bagi anak sekolah karena sarapan dapat memelihara ketahanan fisik, dan meningkatkan fokus. Hal ini tentu benar adanya, namun sarapan juga memiliki manfaat bagi si Kecil.

Sarapan bagi anak usia dini bermanfaat untuk membentuk pola makan sehat sejak dini. Selain itu, sarapan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Ajarkan Anak untuk Makan Menu Sehat

Menu makanan sehat sama pentingnya dengan pola makan sehat. Mama bisa melakukan pemenuhan kebutuhan nutrisi si Kecil dengan mengajarkan si Kecil pola makan sehat. Sebagian besar anak memiliki ketakutan dengan sayuran, Mama bisa mengajarkan si Kecil memakan sayuran sejak dini agar menjadi kebiasaan yang baik bagi Si Kecil.

Lebih lanjut, Mama bisa mengenalkan si Kecil dengan sayuran, buah, sereal, daging sapi, ikan, ayam, susu dan yogurt secara bergantian.

Berikan Anak Makan dalam Porsi Kecil

Ternyata memberikan makanan dalam porsi kecil merupakan cara pemenuhan kebutuhan nutrisi yang efektif lho Ma. Pada usia 1-3 tahun nafsu makan si Kecil menurun karena pertumbuhannya tidak secepat di tahun pertamanya. Mama bisa memberikan si Kecil makanan dalam porsi kecil agar anak Mama tertarik untuk makan.

Jika Mama memberikan si Kecil makanan dengan porsi besar, si Kecil cenderung tidak menghabiskan makanan nya. Oleh karena itu, sebaiknya Mama memberikan porsi kecil agar si Kecil menghabiskan makanannya.

Berikan Anak Camilan Sehat

Cara memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil berikutnya adalah dengan cara memberikan si Kecil camilan sehat. Ada beberapa jenis camilan sehat yang Mama bisa berikan kepada si Kecil seperti potongan buah apel, yogurt, dan roti isi tuna. Hindari memasukan permen dan coklat ke dalam menu camilan harian si Kecil karena mengandung banyak gula dan bisa merusak gigi si Kecil.

Biarkan Anak Memilih Makanannya Sendiri

Salah satu alasan mengapa si Kecil susah makan adalah karena si Kecil tidak suka dengan menu makanannya. Mama bisa berkomunikasi dengan si Kecil tentang makanan apa yang ingin makan. Biarkan si Kecil memilih makanannya sendiri karena jika si Kecil makan dengan rajin, asupan pemenuhan kebutuhan nutrisi si Kecil pun akan terpenuhi.

 

Untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, Mama perlu memberikan nutrisi yang lengkap seimbang agar si Kecil bisa menjadi anak yang resilien dengan karakternya yang mandiri. Sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi si Kecil, Mama bisa memberikan si Kecil Nutrilon Royal 4.

Nutrilon Royal 4 sudah dilengkapi dengan formula ActiDuoBio+, FOS:GOS 1:9, serta Vitamin C&E yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh si Kecil. Hasilnya, si Kecil akan tumbuh menjadi anak sehat, tangguh dan mandiri.