Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Pentingnya Nutrisi dan Susu untuk Perkembangan Otak Anak

Nutrisi

Pentingnya Nutrisi dan Susu untuk Perkembangan Otak Anak


Nutrisi untuk anak-anak umumnya sama dengan nutrisi pada orang dewasa. Setiap orang membutuhkan nutrisi, termasuk vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Namun, jumlah nutrisi yang dibutuhkan anak pada setiap usianya berbeda-beda. Nutrisi dapat diperoleh dari asupan makanan yang berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, termasuk susu untuk perkembangan otak anak.2

Setiap anak berhak atas perkembangan perilaku, kecerdasan, sosial dan emosional yang optimal. Bagian kognitif, sosial dan emosional otak terus berkembang sepanjang usia Si Kecil. Namun, perkembangan otak Si Kecil berkembang dengan pesat sejak awal kehidupan sampai usia tiga tahun. Sehingga, pada masa-masa ini Mama perlu memperhatikan asupan nutrisi Si Kecil untuk mendukung perkembangan otaknya.3

Nutrisi untuk Anak

Berikut ini berbagai macam nutrisi penting yang diperlukan untuk pembentukan otak Si Kecil:

1. Protein

Sumber protein dapat ditemukan pada daging, makanan laut, kacang-kacangan, telur, produk susu kedelai, biji-bijian dan produk susu sapi.4

2. Zinc

Zinc didapatkan dari makanan seperti daging, ikan, produk susu sapi, dan kacang.4

3. Zat besi

Sumber makanan yang kaya akan zat besi antara lain, daging, kacang-kacangan, sereal dan roti, sayuran hijau, dan kentang.4

4. Kolin

Sumber makanan yang mengandung kolin seperti daging, susu, dan telur.4

5. Asam Folat

Sumber makanan yang mengandung asam folat antara lain, bayam, sereal, dan roti.4

6. Yodium

Sumber yodium terbesar ada pada rumput laut, selain itu garam beryodium, makanan laut, produk susu sapi, dan juga biji-bijian.4

7. Vitamin A

Sumber makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, ubi, dan bayam.4

8. Vitamin D

Sumber vitamin D yang baik yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin D yaitu salmon, minyak ikan, dan juga susu sapi.4

9. Vitamin B6

Sumber makanan yang mengandung vitamin B6, yaitu daging, ikan, kentang, sayur serta buah-buahan.4

10. Vitamin B12

Vitamin B12 didapatkan dari sumber makanan, seperti daging, ikan, telur dan produk susu sapi.4

11. Omega 3

Omega 3 banyak ditemukan pada minyak ikan.4

Kandungan vitamin serta mineral yang baik yang telah disebutkan sebelumnya didapatkan di susu. Susu merupakan bagian terpenting dari asupan makanan Si Kecil karena kandungan nutrisinya dapat membantu perkembangan tulang dan otak, serta menjaga berat badan Si Kecil.5

Berapa Banyak Susu yang Dibutuhkan Si Kecil?

Susu sapi tidak boleh diberikan sebelum usia Si Kecil satu tahun. Begitu Si Kecil mulai minum susu untuk perkembangan otak anak, susu terbaik adalah susu sapi murni yang telah dipasteurisasi. Susu murni direkomendasikan untuk Si Kecil yang berusia di atas 2 tahun. Berikut rinciannya:5

  • Bayi baru lahir (0-12 bulan), sebelum usia 1 tahun, Si Kecil direkomendasikan untuk minum ASI atau susu formula khusus untuk bayi baru lahir.
  • Usia 12-24 bulan, susu sapi murni dengan takaran 2-3 gelas per hari.
  • Usia 2-3 tahun, susu sapi atau susu sapi rendah lemak 2 gelas per hari.
  • Usia 4-8 tahun, susu sapi atau susu sapi rendah lemak 2,5 gelas per hari.
  • 9-18 tahun, susu sapi atau susu sapi rendah lemak 3 gelas per hari.

Manfaat Mengonsumsi Susu Sapi

Sumber nutrisi tumbuh kembang Si Kecil

Susu sapi merupakan sumber makanan penting bagi Si Kecil karena mengandung kalsium, vitamin D, vitamin A, vitamin B6 dan B12 dan zat gizi mikro lainnya. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu sapi dapat memainkan peran penting dalam menjaga kadar kalsium dan cadangan vitamin D dalam tubuh. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D merupakan faktor risiko untuk berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan multiple sclerosis. Oleh karena itu, susu yang mengandung vitamin D dapat membantu Si Kecil menghindari penyakit tersebut.6

Menghindari risiko terkena penyakit kronis

Selain itu, mengonsumsi susu dapat meningkatkan asupan kalsium sehingga dapat melindungi Si Kecil dari hipertensi, batu ginjal, sindrom resistensi insulin, diabetes, obesitas, kanker, dan keracunan timbal ketika Si Kecil dewasa.6

Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi

Kandungan protein dan kalsium pada susu dapat berkontribusi pada nutrisi dan kesehatan tulang yang lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu sapi dapat memberikan efek sebagai berikut:6

  • Mengurangi resiko kekurangan protein
  • Mengurangi resiko gigi berlubang dan 
  • Meningkatkan kekuatan tulang sehingga tulang tidak mudah patah dan menghindari resiko penyakit tulang (Rakhitis)

Mendukung pertumbuhan tubuh Si Kecil

Susu sapi adalah sumber alami hormon pertumbuhan atau Growth Hormone (GH), Si Kecil yang mengonsumsi susu sapi mendorong pertumbuhan dengan meningkatkan pelepasan GH dan IGF-I.6

Mendukung perkembangan kecerdasan otak Si Kecil

Susu untuk perkembangan otak anak mengandung omega 3 serta meningkatkan hormon pertumbuhan atau GH dan IGF-1. Banyak penelitian yang mengaitkan tingginya kadar IGF-1 dengan kecerdasan dan IQ Si Kecil.6

Yuk, tingkatkan kecerdasan otak anak dengan menjaga imunitasnya! Cek tools yang disediakan oleh Nutriclub di bawah ini.

  1. Division of Population Health, National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion CDC. Childhood Nutrition Facts. [Internet]. Atalanta: CDC; 2021 [cited 3 August 2021] Available from: https://www.cdc.gov/healthyschools/nutrition/facts.htm
  2. Mayo Clinic Staff. What nutrients does your child need now? [Internet]. Mayo Clinic. Rochester: MFMER; 2021 [cited 3 August 2021]. Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335
  3. Cusick S, Georgieff M. The Role of Nutrition in Brain Development: The Golden Opportunity of the “First 1000 Days”. J Pediatr. 2016; 176: 16-21. 
  4. McCarthy C. The crucial brain foods all children need [Internet]. Cambridge: Harvard Health; 2018 [cited 3 August 2021]. Available from: https://www.health.harvard.edu/blog/brain-food-children-nutrition-2018012313168
  5. Children’s Health. What is the best milk for children? [Internet]. Dallas: Children’s Health; 2021 [cited 3 August 2021]. Available from: https://www.childrens.com/health-wellness/what-is-the-best-milk-for-children
  6. Dewar G. Weighing the benefits of milk consumption: Should kids drink cow's milk? [Internet]. Parenting Science; 2009. [cited 3 August 2021]. Available from: https://parentingscience.com/benefits-of-milk/
comment-iconcomment-icon