5 Langkah Mudah Penuhi Gizi Seimbang si Kecil - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Nutrisi

5 Langkah Mudah Penuhi Gizi Seimbang si Kecil

Pemberian nutrisi pada 2 tahun pertama kehidupan si Kecil merupakan hal yang penting bagi kesehatan serta tumbuh kembangnya. Usia balita merupakan waktu transisi, terutama saat si Kecil berusia 12–24 bulan, ketika si Kecil belajar untuk membiasakan diri untuk memulai makan di meja makan, memulai makanan dengan struktur yang lebih keras dan tentunya dengan variasi rasa makanan yang lebih banyak

Pemberian makanan pada si Kecil yang usia 1-3 tahun dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Mama. Hal ini dikarenakan adaptasi si Kecil akibat banyaknya perubahan yang dialami oleh si Kecil, mulai dari kebiasaan makan serta variasi makanan sehingga sebagian besar si Kecil akan melakukan gerakan tutup mulut.

Mama, si Kecil tidak dapat menampung makanan dalam jumlah besar karena daya tampung perutnya masih sangat kecil. Sehingga, penting bagi Mama untuk menyiapkan makanan 3 kali dalam sehari dalam porsi Kecil namun tetap mengandung gizi seimbang. Apabila si Kecil mulai merengek saat waktu makan, Mama tidak perlu memaksakannya. Mama dapat tetap memberikan makanan pendamping yang bergizi beberapa jam kemudian setelah makanan utama. Penting untuk diingat bahwa Mama tidak perlu menambahkan gula, garam dan penyedap masakan pada makanan si Kecil serta menjaga asupan kebutuhan cairan si Kecil (dapat dari susu, air putih maupun kuah sayur). Pemberian makanan dengan gizi seimbang bagi si Kecil dibagi menjadi 5 kategori makanan, yaitu:

1. Karbohidrat (roti, nasi dan gandum)

Roti, nasi dan gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik dalam pembentukan energi si Kecil. Karbohidrat menjadi sumber penting dalam pertumbuhan tuubuh si Kecil, sehingga harus selalu ada pada setiap makanan utama si Kecil. Sumber gandum dapat diberikan sebagai tambahan serat yang baik untuk pencernaan si Kecil.

2. Buah dan Sayur mayur

Buah serta sayur merupakan sumber vitamin dan mineral penting bagi si Kecil. Buah dan sayur dapat menjadi langkah awal bagi Mama memperkenalkan variasi rasa serta struktur makanan bagi si Kecil, disamping sayur dan buah-buahan memiliki warna yang cantik sehingga Mama dapat menghias makanan dengan buah dan sayur agar si Kecil lebih tertarik untuk memakannya.

3. Susu, keju, yoghurt, dan produk susu lainnya

Sumber makanan yang berasal dari produk susu seperti susu segar, keju dan yoghurt merupakan makanan yang baik sebagai sumber protein sekaligus sumber kalsium dan vitamin D yang baik bagi pertumbuhan tulang si Kecil.

4. Daging sapi, ikan, telur, kacang-kacangan

Protein merupakan nutrisi yang cukup penting untuk membentuk sistem imun (daya tahan tubuh) si Kecil, perbaikan sel-sel tubuh si Kecil serta sebagai sumber penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Daging sapi, ikan, telur, serta kacang-kacangan merupakan sumber protein yang mudah untuk didapat. Bagi balita, takaran yang dapat diberikan untuk  diberikan sebanyak setengah butir telur, setengah gelas susu, sepertiga gelas yoghurt dan 1 sendok makan selai kacang.

5. Minyak dan margarin

Minyak seperti olive oil, minyak sayur dan margarin merupakan sumber lemak serta omega 3 yang baik bagi tubuh si Kecil. Lemak berperan penting sebagai pelarut vitamin A, D, E serta vitamin K agar dapat masuk kedalam tubuh. Selain itu, olive oil, serta sunflower oil mengandung sumber vitamin E yang baik. Sedangkan omega 3 berfungsi sebagai perkembangan otak si Kecil.

Namun, Mama perlu berhati-hati dalam memberikan makanan bagi si Kecil, karena sistem daya tahan tubuh si Kecil masih belum optimal maka si Kecil rentan terhadap alergi. Apabila si Kecil memiliki alergi terhadap sumber makanan di atas seperti alergi susu sapi, kacang serta protein lainnya maka Mama dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk mengganti sumber makanan si Kecil dengan alternatif sumber makanan lain agar tumbuh kembang si Kecil tetap optimal.

Selain sumber nutrisi di atas, prebiotik (fos:gos) merupakan nutrisi yang tidak kalah penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh anak. Prebiotik merupakan asupan makanan bagi bakteri baik di dalam tubuh agar jumlah bakteri baik di dalam usus tetap terjaga dan menurunkan jumlah bakteri jahat. Apabila saluran cerna sehat, perut si Kecil akan merasa nyaman, penyerapan gizi didalam usus dapat optimal sehingga seluruh sistem kekebalan tubuh si Kecil berkembang secara optimal. Lengkapi nutrisi harian si Kecil dengan Nutrilon Royal ACTIDuobio+ yang memiliki kombinasi unik prebiotik FOS:GOS 1:9 dan LCPUFA (Omega 3 & 6) yang terbukti secara klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil. Yuk Ma, cari tahu selengkapnya mengenai Nutrilon Royal ACTIDUOBIO+