5 Cara Mencegah Penyakit yang Ampuh Bagi Si Kecil - Nutriclub - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

5 Cara Mencegah Penyakit yang Ampuh Bagi Si Kecil

Mama, seperti yang kita ketahui, bahwa sistem imun atau daya tubuh Si Kecil masih belum sempurna seperti layaknya orang dewasa. Oleh karena itu, Si Kecil sangat mudah terpapar berbagai penyakit seperti misalnya infeksi virus dan bakteri serta alergi.

Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh Si Kecil sudah terbentuk saat masih di dalam kandungan Mama, seiring bertambahnya usia, maka sistem imun Si Kecil juga ikut berkembang. Saat Si Kecil lahir sampai usia 2 tahun, ia mendapatkan sistem imun tambahan dari ASI (Air Susu Ibu) yang banyak mengandung Imunoglobulin A (IgA) yang berperan aktif dalam sistem imun Si Kecil dalam mencegah infeksi dari berbagai penyakit.

Secara tidak langsung, sistem imun pada Si Kecil dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Apabila Si Kecil memiliki imunitas yang kurang maka Si Kecil rentan terjangkit penyakit yang akan menurunkan kualitas hidup dan memengaruhi tumbuh kembangnya. 

Karena sistem imun Si Kecil belum sempurna, maka ada beberapa faktor yang menjadi tugas Mama dalam meningkatkan sistem imun bagi Si Kecil antara lain, memerhatikan kesehatan Si Kecil (asupan dan kesehatan) serta memerhatikan lingkungan Si Kecil sehingga tercipta lingkungan yang sehat dimana Si Kecil tinggal. 

 

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat di lakukan orang tua dalam mengoptimalkan sistem imun agar Si Kecil tidak mudah terjangkit penyakit :

Perhatikan Asupan Nutrisi Makanan Si Kecil

Untuk membentuk sistem imun atau daya tahan tubuh Si Kecil, maka dibutuhkan asupan nutrsisi yang cukup bagi Si Kecil. Makanan harus memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Si Kecil. Makanan bagi Si Kecil harus memenuhi zat gizi makro dan mikro.

Zat gizi makro antara lain: karbohidrat (nasi, kentang, umbi-umbian), protein (susu, ikan, keju, daging sapi, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan) serta lemak (minyak ikan, keju).

Sedangkan zat gizi mikro terdiri dari berbagai vitamin dan mineral, seperti misalnya vitamin A (yang berperan membantu Si Kecil terhindar dari berbagai penyakit infeksi virus dan bakteri serta menjaga mukosa, sehingga berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh) , vitamin B (antara lain vitamin B2, B6 dan B9 berperan dalam meningkatkan produksi sel darah merah dan mempercepat pertumbuhan sel tubuh, meningkatkan resistensi infeksi bakteri dan mencegah penurunan respon imun), vitamin C (membentuk dan perbaikan sel darah merah, tulang dan jaringan tubuh sehingga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil dalam berbagai penyakit) serta vitamin D (berperan sebagai antibakteri dan antivirus1,2,3). Berbagai vitamin di atas sangat mudah untuk didapat dari berbagai sayur dan buah-buahan.

 

Nutrisi baik lainnya yang dapat mendukung sistem kekebalan adalah Prebiotik yang berperan sebagai bakteri baik dalam usus.

Nutrilon Royal Acti Duobio + mengandung kombinasi FOS: GOS 1: 9 dan LCPUFA yang terbukti secara klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil.*

Cari tahu lebih lanjut tentang FOS : GOS 1: 9 dan nutrisi kaya lainnya di Nutrilon Royal ACTI Duobio + Klik Disini

Ciptakan Lingkungan yang Bersih Dan Sehat

Mama dapat menjaga lingkungan rumah yang bersih dan sehat bagi Si Kecil agar ia terhindar dari berbagai penyakit dan alergi. Seperti membersihkan sudut-sudut ruangan di rumah, membersihkan mainan Si Kecil secara berkala, mem-vakum karpet dan juga gorden rumah, hindari barang-barang yang menumpuk di rumah, mengoptimalkan ventilasi udara di rumah (membuka jendela setiap pagi) agar sirkulasi udara di rumah tetap terjaga. 

Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat bagi Si Kecil dapat dimulai dari cara yang sederhana seperti ajarkan Si Kecil mencuci tangan dan kaki setelah bermain di luar, mencuci tangan dengan sabun setiap sebelum memegang makanan, serta mandi dengan teratur, mengganti pakaian Si Kecil setiap ia berkeringat atau setelah berpergian dari luar. 4,5

Lakukan Kebiasaan Baik pada Si Kecil Seperti Olahraga

Olahraga secara rutin dapat mencegah berbagai jenis penyakit, kebiasaan berolahraga dapat dimulai sejak dini agar menjadi kebiasaan kemudian hari. Mulai dengan ajak bersepeda, berjalan santai setiap pagi atau melakukan gerakan senam yang mudah. 

Jauhkan Si Kecil dari Orang yang Terinfeksi Penyakit

Karena sistem imun anak tidak seperti dewasa, sehingga Si Kecil sangatlah mudah terpapar infeksi virus, oleh karena itu, hindari Si Kecil dari orang yang terpapar infeksi. Apabila, anak sudah menunjukkan gejala sakit, maka segera hubungi dokter.