Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
manfaat asam amino bagi tubuh
Nutrisi

12 Manfaat Asam Amino untuk Tumbuh Kembang Anak

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 05 Mei 2021

Asam amino adalah salah satu jenis nutrisi yang punya banyak manfaat untuk anak. Asam amino itu sendiri adalah jenis protein yang sudah dipecah melalui proses metabolisme menjadi molekul-molekul kecil. Dengan demikian, sel-sel tubuh akan lebih mudah menggunakan zat ini untuk berbagai kebutuhan, mulai dari mendukung proses pemulihan luka hingga pembentukan sel baru.

Lantas, apa saja manfaat asam amino yang penting bagi tubuh si Kecil? Yuk, simak ulasannya dalam berikut ini!

Manfaat Asam Amino untuk Kesehatan Tubuh 

Asam amino adalah senyawa pembentuk protein yang terdiri dari 20 jenis berbeda. Tubuh manusia, termasuk tubuh si Kecil memerlukan kesemuanya agar dapat berfungsi dengan baik.

Namun dari 20 jenis asam amino ini, ada 9 jenis asam amino yang tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh dan harus didapatkan dari makanan yang dikonsumsi si Kecil sehari-hari, yakni histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valine.

Karena hanya bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi si Kecil, kesembilan asam amino tersebut disebut sebagai asam amino esensial. Sementara itu, jenis lainnya diproduksi oleh tubuh secara otomatis sehingga disebut sebagai asam amino non-esensial. 

Walaupun berbeda-beda jenisnya, secara umum manfaat asam amino bagi tubuh anak adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sumber Energi

Dalam bermain dan belajar, tentu saja si Kecil membutuhkan asupan energi yang mencukupi. Tapi dari manakah energi si Kecil berasal? 

Ternyata, 10% dari energi yang digunakan oleh si Kecil untuk bergerak secara aktif disediakan oleh asam amino. 

Selain itu, beberapa jenis asam amino juga berperan penting dalam menyediakan sumber karbon. Karbon digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan kadar gula dalam darah si Kecil sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Baca juga: 13 Manfaat Probiotik untuk Anak dan Imunitasnya

2. Meningkatkan Imunitas

Jika Mama ingin si Kecil memiliki kekebalan tubuh yang kuat, konsumsi makanan yang kaya akan asam amino adalah salah satu kuncinya.

Di dalam tubuh, asam amino dibutuhkan untuk membentuk komponen penting dalam sistem pertahanan tubuh yang bernama sitokin dan antibodi. 

Selain itu, asam amino juga berperanan penting dalam pembentukan sel darah putih yang berperan paling utama dalam melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah infeksi.

3. Meningkatkan Massa Otot

Otot tubuh terdiri dari serabut-serabut protein yang kuat. Nah, untuk membuat otot bertambah besar dan kuat, si Kecil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung bahan dasar untuk membangun serat-serat ini, namanya adalah asam amino leusin dan valin. 

4. Memperbaiki Suasana Hati Anak

Ma, ternyata mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino dapat membantu memperbaiki suasana hati si Kecil, lho! Hal ini karena salah satu jenis asam amino, yaitu triptofan, dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hormon serotonin (hormon pengatur suasana hati).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memenuhi kebutuhan triptofan mampu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat asam amino berikutnya adalah membantu meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat ini dapat diperoleh karena asam amino, khususnya asam amino arginin, mampu menjaga kelancaran aliran darah di pembuluh darah koroner di jantung.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Mama pernah melihat iklan sampo yang diperkaya dengan protein untuk membantu rambut terlihat sehat berkilau? Hal tersebut ternyata bukan isapan jempol semata lho, Ma! 

Pasalnya, asam amino bernama keratin merupakan salah satu senyawa penting yang berfungsi dalam proses pembangunan struktur batang rambut, sehingga asupan asam amino yang memadai akan membuat rambut si Kecil menjadi lebih sehat dan lebat agar tidak mudah rontok dan patah.

Namun tentu saja, asam amino yang diserap langsung dari dalam tubuh akan lebih bermanfaat daripada protein yang diperoleh dari sampo. 

Baca juga: 14 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi untuk Anak

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan hanya kesehatan rambut, asam amino ternyata juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit si Kecil sebab senyawa satu ini merupakan blok pembangun protein yang ada pada kulit yaitu keratin, kolagen, dan elastin. 

Apabila Mama melihat seorang anak memiliki struktur kulit yang kusam dan tidak kencang, hal tersebut merupakan tanda kerusakan dari kolagen dan serat-serat elastis di bawah permukaan kulit. 

Nah, agar keseluruhan penampilan anak kulit terlihat sehat, segar, dan kencang, asupan amino yang cukup sangat diperlukan. 

Selain mempengaruhi penampilan kulit, asam amino juga berperan penting untuk:

  • mempercepat penyembuhan luka, 

  • memperbaiki kulit yang rusak, 

  • menjadi pelindung alami dari sengatan sinar matahari, 

  • menjaga mikroba kulit yang sesuai. 

8. Menjaga Kesehatan Kuku

Seperti rambut, kuku juga tersusun dari asam amino bernama keratin. Oleh karena itu, jumlah keratin dalam tubuh akan turut menentukan kekuatan, ketahanan, dan kelenturan kuku si Kecil.

Apabila Mama melihat kuku si Kecil rapuh, mudah mengelupas dan patah, hal tersebut mungkin adalah salah satu tanda anak kekurangan asupan asam amino. 

9. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal. Pasalnya, usus menjadi tempat penyerapan nutrisi dan menjadi tempat mencegah masuknya zat yang berbahaya bagi tubuh si Kecil. 

Nah, asam amino ternyata memiliki peranan penting dalam mengatur pertumbuhan dan perkembangan mikrobiota usus yang berfungsi untuk memecah racun dari zat makanan, membuat vitamin tertentu, hingga melatih sistem kekebalan tubuh.  

Lebih lanjut, asam amino fungsional seperti glutamin, arginin, glisin, asam glutamat, dan triptofan berfungsi untuk memperbaiki gangguan peradangan usus. 

10. Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Asam amino bernama triptofan ternyata memiliki fungsi untuk memperbaiki keseimbangan nitrogen di dalam tubuh dan membantu otak untuk membuat hormon bernama serotonin. 

Kemudian, asam amino bernama fenilalanin berfungsi untuk membantu otak untuk memproduksi hormon dopamin. 

Kadar serotonin dan dopamine yang cukup di dalam tubuh akan membantu si Kecil untuk memiliki kualitas tidur yang lebih baik

Selain itu, otak si Kecil juga membutuhkan serotonin untuk membentuk melatonin, hormon yang berfungsi untuk meregulasi rasa kantuk. Apabila produksi melatonin baik, siklus bangun dan tidur si Kecil akan menjadi lebih baik. 

11. Menjaga Kadar Gula Darah

Asam amino leusin berperan sebagai bahan bakar agar pankreas dapat memproduksi enzim insulin sesuai yang dibutuhkan tubuh sehingga kadar gula di dalam darah terjaga dengan baik. Dengan begitu, risiko si Kecil terkena penyakit diabetes di masa depan menjadi lebih rendah. 

12. Membantu Mencegah Anemia

Tahukah Mama? Ternyata bukan hanya zat besi saja yang dibutuhkan tubuh agar si Kecil memiliki jumlah hemoglobin yang cukup dan terhindar dari anemia. Tubuh ternyata juga membutuhkan bantuan dari asam amino agar dapat memproduksi hemoglobin dengan baik. 

Baca Juga: Keunggulan Formula Asam Amino untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Sumber Makanan yang Mengandung Asam Amino

Sebagian jenis asam amino, terutama asam amino esensial, tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh sebab itu, pemenuhannya hanya bisa didapatkan melalui makanan.

Yang perlu jadi catatan, anak memang tidak perlu selalu mengonsumsi makanan yang mengandung 9 asam amino esensial setiap makan. Meski begitu, angka kebutuhan hariannya harus tetap dipenuhi. 

Nah, untuk memenuhi kebutuhan akan asam amino esensial berikut makanan yang dapat diberikan kepada si Kecil: 

  • Daging sapi.

  • Daging ayam.

  • Ikan.

  • Telur.

  • Jagung.

  • Kedelai.

  • Quinoa.

  • Beras merah.

  • Buncis.

  • Kacang-kacangan.

Baca Juga: Susu Formula Asam Amino untuk Anak Alergi Susu Sapi

Selain dari makanan, pastikan juga Mama selalu memenuhi kebutuhan gizi harian si Kecil dari tambahan susu pertumbuhan terfortifikasi seperti Nutrilon Royal 3

Susu Nutrilon Royal 3 adalah Bekal si Kecil untuk Menang karena dilengkapi dengan Omega 3 & 6 serta zat besi dan DHA untuk mendukung daya tangkapnya serta juga diperkaya dengan formula ACTIDUOBIO+ yaitu perpaduan FOS:GOS rasio 1:9 paling tinggi dan teruji klinis bantu mendukung tumbuh kembang anak yang optimal jika diimbangi dengan stimulasi yang tepat.

Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak lagi soal pemenuhan gizi harian anak untuk mengoptimalkan imunitas tubuhnya, Mama bisa juga mengunduh e-book eksklusif Nutrisi dan Gizi untuk Imunitas Anak secara gratis. Yuk, download sekarang!

  1. ‌Yang, J., Chi, Y., Burkhardt, B. R., Guan, Y., & Wolf, B. A. (2010). Leucine metabolism in regulation of insulin secretion from pancreatic beta cells. Nutrition Reviews, 68(5), 270–279. https://doi.org/10.1111/j.1753-4887.2010.00282.x

  2. Whipple, G. H., & Robscheit-Robbins, F. S. (1940). AMINO ACIDS AND HEMOGLOBIN PRODUCTION IN ANEMIA. Journal of Experimental Medicine, 71(4), 569–583. https://doi.org/10.1084/jem.71.4.569

comment-icon comment-icon