Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Obat demam anak - Nutriclub
Kesehatan

15 Obat Demam Anak 2 Tahun yang Alami dan Efektif

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 21 Juni 2024

Demam terjadi jika suhu tubuh anak 38° Celsius atau lebih dari bacaan termometer. Ada banyak obat demam anak alami yang dapat Mama berikan agar ia cepat sembuh.

Obat Demam Alami untuk Anak 2 Tahun yang Ampuh

Demam biasanya bisa mereda sendiri dalam 3-5 hari. Namun agar si Kecil kembali sehat, berikut adalah obat demam alami yang bisa Mama berikan pada anak 2 tahun: 

1. Kompres Hangat

Air hangat adalah obat demam yang efektif untuk anak. Mama bisa gunakan kain waslap yang direndam air hangat untuk mengompres area dahi, ketiak, dan paha agar demam anak turun.

Kompres bahkan lebih efektif dan lebih cepat menurunkan demam anak daripada obat penurun panas. 

Cara lainnya adalah memandikan si Kecil dengan air hangat untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

2. Air Putih

Saat anak demam, minta si Kecil sering-sering minum air untuk menurunkan suhu tubuhnya secara alami, sekaligus mencegahnya mengalami dehidrasi.

Minum air hangat menurunkan demam anak dengan mendistribusikan panas dan mendinginkan tubuh lewat urin serta keringat. Air juga mengangkut nutrisi ke dalam sel dan membawa limbah keluar dari sel.

Dengan begitu, menjaga diri tetap terhidrasi dengan baik juga membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara efisien agar si Kecil cepat pulih.

3. Bawang Putih

Bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai alternatif obat demam anak karena mengandung zat antivirus, antibiotik, dan antiseptik yang mampu melawan infeksi penyebab demam.

Kandungan senyawa allicin dan prebiotik dalam bawang putih juga diteliti bantu memperkuat imunitas tubuh si Kecil. 

Coba masukkan 2-3 siung bawang putih yang sudah digeprek ke dalam segelas air putih hangat. Jika si Kecil tidak suka rasanya, Mama bisa tambahkan irisan bawang putih atau bawang putih geprek ke dalam masakan.

4. Elderberry

Elderberry mengandung zat alami yang disebut flavonoid. Kandungan ini diteliti berpotensi membantu melawan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian terbatas menemukan bahwa elderberry dapat meringankan gejala flu yang disertai demam.

5. Daun Kelor

Air rebusan daun kelor bisa menjadi alternatif obat demam anak yang alami dan aman. Terutama untuk anak-anak yang tidak dapat mentoleransi obat penurun demam tertentu. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa efek samping konsumsi daun kelor pada hati mungkin lebih sedikit daripada penggunaan obat-obatan yang dijual bebas seperti paracetamol.

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Anak Demam Tinggi di Rumah

6. Daun Dadap Serep

Sebuah studi terbaru melaporkan daun dadap berpotensi dijadikan obat demam alami untuk anak berkat kandungan zat etanol dan alkaloid yang bersifat antipiretik.

Untuk menurunkan panas si Kecil, tempelkan daun ini sebagai kompres di dahi, ketiak, atau lipatan dalam paha atas.

Bisa juga dengan meremas beberapa helai daun sampai keluar sari airnya dan campurkan dengan kapur sirih dan adas. Tempelkan remasan daun pada dahi dan diamkan sampai kering sendiri.

7. Bawang Merah

Jika tidak ada daun kelor atau daun dadap serep, Mama bisa menggunakan bawang merah sebagai obat demam anak yang alami.

Bawang merah bekerja melebarkan pembuluh darah agar panas dalam tubuh anak mudah keluar. Kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid dari bawang merah turut bantu menurunkan suhu tubuh anak. 

Bahkan studi menyebutkan, membalurkan irisan bawang merah dan minyak kelapa pada punggung si Kecil disebut lebih ampuh menurunkan panas tubuh daripada kompres air hangat.

8. Biji Ketumbar

Biji ketumbar mengandung vitamin dan fitonutrien yang dapat bantu meningkatkan sistem imun. Senyawa antibiotik di dalamnya berperan dalam melawan infeksi virus yang menyebabkan demam.

Untuk membuatnya, Mama bisa menyeduh 1 sendok makan biji ketumbar terlebih dahulu. Saring, tambahkan sedikit susu dan gula, lalu berikan pada si Kecil.

9. Kunyit

Kunyit efektif sebagai obat demam anak alami karena mengandung kurkumin yang bersifat antivirus dan antibakteri untuk melawan kuman penyebab demam.

Kurkumin juga mampu meningkatkan imun sekaligus meredakan peradangan dalam tubuh.

Selain dicampurkan dalam makanan, Mama dapat menambahkan parutan kunyit ke dalam segelas susu hangat. 

Baca Juga: Cara Ampuh Menjaga Kondisi Tubuh Anak saat Perubahan Cuaca

10. Sup Berkuah Hangat

Jika anak panas dan pusing, ini mungkin pertanda ia mengalami gejala dehidrasi. Sebagai alternatif air putih, Mama bisa berikan si Kecil kuah kaldu ayam hangat untuk diseruput.

Kuah kaldu kaya protein hewani, vitamin, dan mineral untuk bantu meningkatkan imun si Kecil. Rempah dari adas, merica, hingga bawang putih dan merah juga turut bermanfaat untuk kesehatan si Kecil.

Kolagen dari hasil rebusan tulang ayam juga membantu melindungi tubuh dari serangan patogen dan virus penyebab infeksi.

11. Jus Buah-Buahan

Mama juga dapat memberikan jus buah-buahan tinggi vitamin C selama si Kecil demam. 

Beberapa jus buah yang berfungsi sebagai penambah imun di antaranya adalah jeruk, jambu biji, dan stroberi. 

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat bantu meningkatkan imunitas anak supaya lebih cepat melawan infeksi penyebab demam.

12. Teh Jahe Madu

Kombinasi jahe dan madu sudah lama dikenal sebagai pilihan obat alami demam, pilek, hingga batuk.

Jahe mengandung zat antiradang, antioksidan, dan analgesik yang mampu meredakan demam akibat virus. Sementara, madu memiliki sifat antimikroba yang bantu mengurangi infeksi.

Mama dapat membuat teh jahe madu dengan cara merebus 1 sendok teh parutan jahe. Saring, kemudian tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam gelas. 

13. Air Perasan Lemon

Obat demam anak 2 tahun berikutnya adalah teh madu yang dicampurkan air perasan lemon. Bahan alami ini bahkan sudah lama digunakan sebagai obat pilek dan flu pada anak. 

Hal ini karena lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga efektif meningkatkan kekebalan tubuh anak saat mengalami demam.

14. Air Beras

Air beras atau dikenal pula sebagai air tajin merupakan salah satu obat demam alami yang dapat bantu meringankan demam akibat infeksi virus. 

Mama dapat memberikan segelas air beras matang saat perut kosong sebagai cara detoksifikasi dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Meski demikian, cara menurunkan panas pada anak dengan air beras masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya. 

15. Tidur

Obat demam anak alami yang paling manjur dan tidak boleh terlewatkan adalah tidur cukup.

Tidur bantu meningkatkan respons kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dengan melepaskan sitokin. Sitokin adalah sejenis protein dalam sistem kekebalan tubuh yang menargetkan infeksi.

Tubuh juga bekerja lebih baik menurunkan suhu tubuh anak secara alami saat tidur. Coba kurangi waktu mainnya sementara hingga si Kecil pulih seperti sedia kala, ya, Ma. 

Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri Anak Sehat dan Punya Imunitas Baik

Mama juga dapat cari tahu lebih banyak lagi mengenai cara meredakan demam anak di Health Immune Checker, lho!

Selama proses pemulihan dan selanjutnya setelah si Kecil sembuh, jangan lupa terus berikan susu Nutrilon Royal 3 yang dirancang secara saintifik dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi yang teruji klinis perkuat imunitas si Kecil, ya.

Nah, untuk mengetahui lebih banyak konten eksklusif dari para expert soal cara menjaga imun dan kesehatan anak, yuk, daftar di Nutriclub sekarang!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Dr. Sruthi M., MBBS. (2022, October 6). How Do You Break a Fever Naturally? 8 Home Remedies. MedicineNet; MedicineNet. https://www.medicinenet.com/how_do_you_break_a_fever_naturally/article.htm
  2. The. (2015, January 20). 4 Effective Fever Remedies. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/effective-fever-remedies#1.-Echinacea
  3. Corinne O'Keefe Osborn. (2018, July 23). How to Treat a Viral Fever at Home. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/viral-fever-home-remedies
  4. Galan, N. (2019, November 7). What are the best home remedies for fever? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326925#children
  5. IDAI | Demam: Kapan Harus ke Dokter? (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/demam-kapan-harus-ke-dokter
  6. Fever (High Temperature) In Kids (for Parents). (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/fever.html
  7. Sowmya Binu. (2024, April 7). Viral Fever: 5 Incredible Natural Herbs To Combat Viral Fever. Netmeds; Netmeds. https://www.netmeds.com/health-library/post/viral-fever-5-incredible-natural-herbs-to-combat-viral-fever
  8. None Alfika Awatiszahro, None Betanuari Sabda Nirvana, None Khofidotur Rofiah, Riga, P., & None Hidayatul Ulum. (2023). Erythrina Subumbrans Compress To Reduce Fever Of Children With Hyperthermia. Journal of Global Research in Public Health/Journal of Global Research in Public Health, 8(2), 170–172. https://doi.org/10.30994/jgrph.v8i2.471
  9. Walaa El-Meidany, Tayel, D., & Ahmed Ahmed El-Nawawy. (2018, June 15). Effect of Moringa oleifera Water Extract on Pyrexia: A Case Study. ResearchGate; Global Science Heritage. https://www.researchgate.net/publication/325849282_Effect_of_Moringa_oleifera_Water_Extract_on_Pyrexia_A_Case_Study
Artikel Terkait