Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Anak Usia di Atas 1 Tahun

Mama, apakah Si Kecil memiliki alergi terhadap susu sapi? Jika iya, Mama tidak perlu bingung dan khawatir. Ketahui jenis nutrisi yang bisa dijadikan alternatif untuk anak dengan alergi susu sapi yang berusia di atas 1 tahun

Formula asam amino merupakan salah satu jenis formula sapi yang spesial. Formula pertumbuhan ini disebut spesial karena tidak mengandung protein utuh maupun rantai peptida. Sebagai gantinya, asam amino merupakan bentuk paling sederhana dari protein.

Berkat bentuk proteinnya yang sangat kecil dan sederhana, sistem kekebalan tubuh  tidak akan melihatnya sebagai alergen atau pemicu alergi. Dengan begitu, anak di atas 1 tahun yang memiliki alergi susu sapi diharapkan bisa menoleransi formula pertumbuhan asam amino dengan lebih baik.

Alasan Memilih Susu Alternatif bagi Anak yang Alergi Susu Sapi yang berusia di atas 1 tahun

Alergi susu sapi adalah salah satu alergi yang paling sering terjadi pada anak-anak. Alergi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menganggap kandungan protein dalam susu sebagai zat yang berbahaya.

Hal tersebut menyebabkan sistem imun memicu tubuh memproduksi antibodi untuk melawan protein dalam susu. Akibatnya, muncullah gejala alergi, seperti gatal-gatal, bibir bengkak, muntah, batuk, sesak napas, hingga diare, ketika anak mengonsumsi susu. Selain itu, alergi susu sapi juga dapat memperparah kondisi eksim pada anak.

Susu merupakan  nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan  dan baik untuk anak. Oleh karena itu, anak yang memiliki alergi susu sapi membutuhkan susu pengganti agar tetap dapat memenuhi kebutuhan  nutrisi hariannya, sehingga ia tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Kelebihan Formula Pertumbuhan Berbahan Dasar Asam Amino

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, formula pertumbuhan asam amino adalah susu sapi untuk anak di atas 1 tahun yang mengandung bentuk paling sederhana dari protein, yakni asam amino. Kendati tidak mengandung protein utuh, formula pertumbuhan asam amino tetap mengandung nutrisi  yang sama baiknya dengan susu pertumbuhan biasa.

Dengan mengonsumsi formula pertumbuhan asam amino, anak yang berusia di atas 1 tahun yang memiliki alergi susu sapi bisa terhindar dari gejala alergi, sekaligus merasakan beragam manfaat nutrisi yang terkandung di dalam susu pertumbuhan.

Diketahui bahwa alergi makanan cenderung meningkatkan risiko anak mengalami kekurangan gizi yang akhirnya menyebabkan gangguan tumbuh kembang. Jadi, pemberian susu alternatif yang dapat diterima oleh anak yang berusia di atas 1 tahun dan memenuhi kebutuhan nutrisinya akan sangat menguntungkan bagi tumbuh kembang anak.

Sekarang ini, produk formula berbahan dasar asam amino sudah tidak sulit lagi untuk ditemukan. Salah satu merek susu yang menawarkan produk formula pertumbuhan asam amino untuk anak di atas 1 tahun adalah Neocate Junior. Namun untuk penggunaannya, Mama harus konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan.

Pensabene, L., et al. (2018). Cow’s Milk Protein Allergy in Infancy: A Risk Factor for Functional Gastrointestinal Disorders in Children? Nutrients10(11), pp 1716.

Canani, R. B., et al (2017). Amino Acid–based Formula in Cow's Milk Allergy: Long-term Effects on Body Growth and Protein Metabolism. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition64(4), pp 632−638.

Vanderhoof, J., Moore, N., & de Boissieu, D. (2016). Evaluation of an Amino Acid-Based Formula in Infants Not Responding to Extensively Hydrolyzed Protein Formula. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition63(5), pp 531–533.

Sumadiono, Munasir Z, Bharlianto W, et al. (2014). Diagnosis dan Tata Laksana Alergi Susu Sapi. Rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Yolanda, N. Ikatan Dokter Anak Indonesia (2016). Susu Formula Alternatif untuk Alergi Susu Sapi.

Pregnancy Birth and Baby Australia Government (2018). Bottle Feeding with Formula.

Mayo Clinic (2020). Milk Allergy.

Curran, E. Parents (2014). Hypoallergenic Baby Formula Buying Guide.

Kids with Food Allergies. Formula Options for Infants with Food Allergies.

comment-icon comment-icon