Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Lakukan 4 Hal Ini Agar si Kecil Mudah Tidur

Rutinitas Anak

Lakukan 4 Hal Ini Agar si Kecil Mudah Tidur


Tidur penting bagi si Kecil dalam mendukung proses tumbuh kembangnya. Berbeda dengan tidur orang dewasa, waktu tidur si Kecil yang baru lahir merupakan waktu bagi otaknya berkembang, mempersiapkan si Kecil untuk menghadapi dan mengeksplor dunia barunya.1 (hal 44-45)

Manfaat Tidur bagi Anak

Waktu tidur juga merupakan waktu untuk pertumbuhan tubuhnya secara menyeluruh, di mana sistem kekebalan tubuh berkembang dengan cara memproduksi sel T, sel yang berfungsi untuk melawan sejumlah virus dan bakteri penyebab penyakit.2 (hal 1)

Selain itu, tidur bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan jika si Kecil terserang penyakit. Karena pada saat tidur, tubuhnya akan melepas sitokin, protein yang memiliki peran dan fungsi penting dalam sistem kekebalan tubuh.

 Jika si Kecil kurang tidur saat sedang sakit, produksi sitokin berkurang sehingga memperlambat masa pemulihannya.3 (hal 1)  Tidur siang juga dapat meningkatkan kemampuan si Kecil dalam mengendalikan emosi dan meningkatkan perkembangan otaknya. Tidur di siang hari juga diketahui mampu meningkatkan kualitas tidurnya saat malam.1 (hal 44, 49)

Berapa Lama si Kecil Perlu Tidur dalam Sehari?

Usia Jumlah Waktu Tidur dalam Sehari (24 jam)
0-1 bulan 16-20 jam
Tidur selama periode 1-4 jam diikuti 1-2 jam terbangun
Jumlah jam tidur siang sama dengan tidur malam
1-4 bulan 15-17 jam
Tidur selama periode 3-4 jam
Saat usia 6 minggu hingga 3 bulan mulai mengetahui siang malam
4-12 bulan 12-16 jam
Termasuk tidur siang: biasanya 30 menit hingga 3 jam
12-24 bulan 11-14 jam
Termasuk tidur siang: biasanya 30 menit hingga 2 jam

 

Buat Pola Tidur yang Sehat Untuknya

Salah satu cara agar anak tidur nyenyak dengan mudah adalah dengan membuat pola tidur yang baik setiap hari, buatlah rutinitas atau ritual sebelum tidur. Misalnya, dengan menggendong atau membacakan dongeng untuk si Kecil. Tak hanya membuat si Kecil mengantuk dan tidur lebih nyenyak, ritual sebelum tidur juga bisa menjadi momen berharga untuk Mama bonding dengan si Kecil. Mama bisa mulai mengajak si Kecil pergi tidur dan melakukan rutinitas tersebut sebelum ia benar-benar merasa lelah, untuk menghindari si Kecil menangis dan rewel.1 (hal 48), 5 (hal 2)

Kenali Tanda-tanda si Kecil Kelelahan

Kondisi terlalu lelah bisa membuat si Kecil lebih sulit untuk tidur. Jadi, pastikan si Kecil sudah tidur di siang hari. Jika ia tidak sempat tidur siang, kenali tanda-tanda yang menunjukkan ia mulai merasa lelah, seperti mengucek mata, menangis, menarik-narik telinga hingga munculnya lingkaran gelap samar di sekitar matanya.6 (hal 2)

Latih si Kecil untuk Menenangkan Diri

Cara agar anak tidur nyenyak dengan mudah adalah dengan melatih anak untuk menenangkan diri dan kembali tidur dengan sendirinya merupakan kunci untuk pola tidur yang sehat. Menurut penelitian, bayi yang sudah belajar cara menenangkan dirinya sendiri memiliki waktu tidur yang lebih lama dari mereka yang tidak memiliki kemampuan tersebut. Selain itu, mereka juga cenderung jarang terbangun di malam hari bila dibandingkan bayi yang belum bisa menenangkan diri.7 (hal 2-3)

Latih si Kecil untuk dapat tidur atau kembali tidur saat terbangun tanpa bantuan Mama atau Papa sedini mungkin. Caranya, saat ia terbangun di malam hari, biarkan ia menangis lebih dulu dan tunggu beberapa menit untuk melihat apakah ia dapat kembali tenang dan terlelap.8 (hal 4)

Perlukah Membedong si Kecil?

Sejumlah studi menunjukkan bahwa membalut tubuh si Kecil dengan selimut tipis atau membedong dapat memberikan rasa tenang dan nyaman bagi si Kecil saat tidur, sehingga mencegahnya terbangun.9 (hal 2-4)

Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak tentang tips, manfaat, dan pola tidur si Kecil, download e-booknya di sini

  1. Jiang F. Sleep and early brain development. Ann Nutr Metab. 2019;75(1):44-54.
  2. American Physiological Society. Study explores how immune system functions during sleep [Internet]. Rockville: ScienceDaily; 2016 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.sciencedaily.com/releases/2016/11/161115132547.htm
  3. Olson EJ. Lack of sleep: can it make you sick? [Internet]. Rochester: MFMER; 2018 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/insomnia/expert-answers/lack-of-sleep/faq-20057757
  4. American Thoracic Society. Sleep in infants. Am J Respir Crit Care. 2018;198:15-16.
  5. American Academy of Pediatrics. Healthy sleep habits: how many hours does your child need? [Internet]. Itasca: AAP; 2020 [cited 2021 June 2013]. Available from: https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/sleep/Pages/Healthy-Sleep-Habits-How-Many-Hours-Does-Your-Child-Need.aspx
  6. Lewis R. How to recognize an overtired baby [Internet]. 2020 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.healthline.com/health/baby/how-to-recognize-an-overtired-baby#sleep-guidelines
  7. Burnham MM, Goodlin‐Jones BL, Gaylor EE, Anders TF. Nighttime sleep‐wake patterns and self‐soothing from birth to one year of age: A longitudinal intervention study. J Child Psychol Psychiatry. 2002;43(6):713-25.
  8. When and how to sleep train your baby [Internet]. Cleveland: Cleveland Clinic; 2021 [cited 2021 June 13]. Available from: https://health.clevelandclinic.org/when-and-how-to-sleep-train-your-baby/
  9. Swaddling a baby: the benefits, risks and seven safety tips [Internet]. Bristol: NCT; 2018 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.nct.org.uk/baby-toddler/slings-and-swaddling/swaddling-baby-benefits-risks-and-seven-safety-tips
comment-iconcomment-icon