Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
6 Cara Memotivasi Anak Agar Percaya Diri di Usia Dini

Stimulasi

6 Cara Memotivasi Anak Agar Percaya Diri di Usia Dini


Untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak, Mama perlu memotivasinya. Berikut ini motivasi dan stimulasi anak untuk tumbuh kembang cemerlang.

Motivasi untuk Tumbuh Kembang Anak

Proses tumbuh kembang anak adalah masa-masa yang paling berharga. Pasalnya, pada masa ini si Kecil akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sangat cepat. Mulai dari segi pertumbuhan seperti tinggi badan meningkat, berat badan meningkat, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa hingga kemampuan sosial dan emosionalnya.

Percaya diri akan mendorong si Kecil untuk menjadi lebih aktif, terutama dalam mengambil keputusan, si Kecil akan lebih mandiri dan tidak tergantung oleh orang lain. Anak yang memiliki kepercayaan diri sadar dengan apa yang dapat mereka lakukan sehingga akan membantunya dalam segala situasi dan kondisi yang baru ditemui si Kecil.

1. Berikan Pengertian Bahwa Semua Anak Berbeda

Pada saat si Kecil berusia 4 tahun, si Kecil mulai memikirkan orang lain di lingkungan sekitarnya. Hal ini memiliki dampak positif dan negatif, dampak positifnya si Kecil akan belajar cara berbagi, bekerja sama dan bersifat empati. Akan tetapi, dampak negatifnya si Kecil akan membanding-bandingkan dengan anak lain.

Sebagai contoh si Kecil akan membandingkan siapa yang paling tinggi, paling besar dan paling cepat berlari. Oleh karena itu, Mama harus mengajarkan bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak yang Baik Usia 3 Tahun dan Stimulasinya

2. Berikan Contoh Role Model yang Baik untuk Si Kecil

Cara memotivasi anak agar percaya diri berikutnya adalah dengan cara memberikan contoh atau role model. Si Kecil mulai suka meniru orang lain dan membutuhkan contoh yang baik. Selain Mama dan Papa sebagai role model, Mama bisa memberikan contoh atlit, musisi atau guru yang bisa dijadikan role model.

Lebih lanjut, dengan memberikan role model yang tepat bagi si Kecil, si Kecil akan belajar tentang sifat kerja keras dan pantang menyerah dari role model nya tersebut.

Baca Juga: Jadikan Si Kecil Tangguh Siap Hadapi Masa Depan

3. Ajarkan Si Kecil Mengekspresikan Perasaan

Anak-anak layaknya orang dewasa memiliki perasaan, akan tetapi si Kecil masih belum paham cara mengekspresikan perasaannya. Mama bisa memberikan pemahaman bahwa terdapat berbagai jenis perasaan mulai dari senang, sedih, kecewa dan marah. Mama bisa memberikan pemahaman bahwa si Kecil bisa merasakan perasaan sedih, marah dan kecewa dan hal itu adalah normal. Lebih lanjut, ajarkan si Kecil cara mengendalikan emosinya dengan baik.

Baca Juga: Apa ya, Tanda-tanda Anak yang Percaya Diri?

4. Berikan Rasa Empati terhadap Si Kecil

Umumnya, anak-anak merasa takut dan tidak percaya diri dengan hal yang mereka belum tahu atau mengerti. Mama bisa mencari tahu apa yang si Kecil takutkan, kemudian Mama bisa berbicara dengan si Kecil mengenai hal tersebut. Cara memotivasi anak agar percaya diri berikutnya adalah dengan memberikan si Kecil rasa empati.

Sebagai contoh jika si Kecil merasa takut, malu atau tidak percaya diri datang ke pesta ulang tahun, Mama bisa memberikan pengertian bahwa Mama pun pernah merasa hal yang sama jika bertemu dengan orang baru dalam jumlah banyak. Setelah itu, Mama bisa mengajarkan cara melawan ketakutan tersebut.

5. Berikan Pujian

Sebagian orang tua merasa bahwa memberikan pujian akan membuat si Kecil menjadi kepala besar atau manja. Ternyata memberikan pujian secara tepat merupakan cara memotivasi anak agar percaya diri yang tepat. Pujian bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri anak. Kepercayaan diri anak yang dibangung dari orang tua merupakan hal penting dalam tumbuh kembang anak.

Oleh karena itu Mama dan Papa bisa memberikan pujian dengan cara yang tepat yaitu berikan pujian atas usahanya bukan pada hasil.

6. Berikan Perhatian Kepada si Kecil

Selain 5 cara di atas, cara memotivasi anak agar percaya diri yang efektif adalah dengan cara memberikan si Kecil perhatian yang cukup. Perhatian orang tua akan meningkatkan rasa kepercayaan diri si Kecil. Si Kecil akan merasa bahwa mereka anak yang berharga dan penting karena diberikan waktu dan perhatian yang cukup. Mama bisa mendengarkan hal-hal yang ingin si Kecil ceritakan tanpa menilai. Mama juga bisa menunjukan perasaan kepada kasih sayang kepada si Kecil agar si Kecil merasa dicintai dan dihargai.

Itulah 6 cara memotivasi anak agar percaya diri yang Mama bisa jadikan referensi. Untuk mendukung tumbuh kembang anak, Mama bisa memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk tingkatkan imunitasnya. Pasalnya, Jika kebutuhan nutrisi si Kecil terganggu akan menyebabkan gangguan pada pertumbuhan fisik dan emosinya. Mama bisa bantu melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan Nutrilon Royal 3.

Baca Juga: Mendidik Anak Siap Menghadapi Era VUCA

Nutrilon Royal hadir dengan kombinasi Emas ActiDuoBio+, Omega 3, DHA, Omega 6, dan Zat Besi untuk mendukung kemampuan berpikir si Kecil. hasilnya, si Kecil akan menjadi anak Resilient dan berkarakter dalam menghadapi tantangan yang ada.

comment-icon comment-icon