Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Pentingnya Sinbiotik untuk Mendukung Sistem Imun Si Kecil

Kesehatan

Pentingnya Sinbiotik untuk Mendukung Sistem Imun Si Kecil


Sinbiotik adalah kombinasi dari prebiotik dan probiotik. Kombinasi ini berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri baik di usus dan memperkuat daya tahan tubuh2.

Apa Itu Sinbiotik?

Apa itu sinbiotik? Sinbiotik adalah kombinasi dari probiotik dan prebiotik. Istilah sinbiotik menyiratkan adanya sinergisme atau kerjasama antara kedua bahan tersebut.

Artinya, bahan prebiotik yang dipakai harus “cocok” atau mampu menjaga dan membantu pertumbuhan probiotik. Kerja sama atau sinergisme ini akan meningkatkan kemampuan probiotik untuk bertahan di saluran pencernaan dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Manfaat dan Fungsi Sinbiotik

Sinergisme dari probiotik dan prebiotik yang ada dalam sinbiotik memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Si Kecil, di antaranya:

Menjaga keseimbangan bakteri baik di saluran pencernaan

Kesehatan saluran pencernaan Si Kecil sangat dipengaruhi oleh keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat yang ada di usus. Salah satu manfaat sinbiotik adalah dapat mejaga keseimbangan bakteri di usus. Saat keseimbangan ini terganggu dan jumlah bakteri jahat terlalu banyak, bisa terjadi beragam masalah kesehatan dan gangguan saluran pencernaan, misalnya diare.

Sinbiotik yang merupakan kombinasi prebiotik dan probiotik bisa mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di dalam saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan sistem imun atau daya tahan tubuh. Hal ini akan menurunkan risiko munculnya gangguan pencernaan.

Mendukung sistem imun

Sistem pencernaan merupakan rumah bagi 70-80% dari sel daya tahan tubuh yang dimiliki tubuh manusia dan juga 100 triliun bakteri yang esensial untuk perkembangan daya tahan tubuh yang resilien dan Tangguh. Dengan kinerja pencernaan yang baik, maka sistem imun si Kecil juga dapat berkembang secara optimal. Ini dikarenakan sel daya tahan tubuh dan bakteri dalam saluran cerna saling berkomunikasi satu sama lain untuk membentuk sistem imun yang lebih kuat lagi. Selain itu, jumlah bekteri baik yang optimal dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran cerna serta membantu produksi hormon dan antibodi yang dapat membantu kinerja sistem imun.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang imunitas si Kecil, kunjungi Health Immune Checker untuk tips menjaga Kesehatan dan daya tahan tubuh si Kecil.

  1. How your gut health affects your whole body [Internet]. WebMD. [cited 2021 Oct 11]. Available from: https://www.webmd.com/digestive-disorders/ss/slideshow-how-gut-health-affects-whole-body
  2. Alexandra Benisek. Synbiotics: What to Know [Internet]. WebMD. [cited 2021 Oct 11]. Available from: https://www.webmd.com/digestive-disorders/synbiotics-what-to-know
comment-icon comment-icon