PARENTING ARTICLES

/

OTHERS

Article Tablet Article Mobile

Peran ASI untuk Imunitas Si Kecil

ASI mengandung prebiotik, kandungan ini mampu menstimulasi perkembangan bakteri menguntungkan yang hidup di dalam saluran cerna si Kecil dan ini secara alami akan mendukung imunitas bayi. Sebenarnya, bakteri menguntungkan telah ada di dalam saluran cerna bayi. Dengan kata lain, bayi sudah memiliki bakteri ini di dalam tubuhnya secara alamiah. 

Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bakteri tambahan atau yang sering disebut dengan probiotik, belum tentu cocok dengan semua bayi, karena sifat bakteri baik sangat spesifik dan sangat ditentukan oleh lingkungan saluran cerna setiap bayi. Bila tidak cocok maka belum tentu si Kecil akan mendapatkan efek yang diinginkan.

Untuk perkembangan sistem imunitas jangka panjang, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan yang sudah ada di dalam saluran cerna si Kecil. Cara yang paling alami adalah dengan memberi makanan atau "substrat" untuk bakteri baik ini. Makanan untuk bakteri baik disebut prebiotik. 

Di dalam ASI terdapat kandungan prebiotik, namun tidak ada probiotik. Dengan demikian, menstimulasi pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan melalui pemberian makanan untuk bakteri tersebut dianggap sebagai cara paling alamiah. 

Prebiotik membuat bakteri baik bertambah jumlahnya di saluran pencernaan sehingga meningkatkan ketahanan sistem pencernaan bayi.