Expert Advisor - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Kehamilan dan Menyusui

Bagaimana cara membedakan kontraksi palsu dan asli

Kontraksi adalah timbulnya rasa tegang di bagian perut, dikatakan kontraksi palsu bila terjadi tidak teratur dan waktu yang berjauhan dari 1 kontraksi ke kontraksi lain, sementara kontraksi asli muncul secara teratur 3-4 x dalam 10 menit, untuk memastikannya sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter atau bidan

Usia kandungan 6 bulan kenapa ASI sudah keluar apakah ini saya harus pompa?

Mama, produksi ASI pada payudara sudah dimulai sejak usia kehamilan masuk 14 minggu. ASI yang keluar sebelum bayi lahir menandakan payudara sudah siap memproduksi ASI. Keluarnya ASI atau kolostrum saat hamil bisa terjadi sejak usia kehamilan 5-6 bulan atau pada trimester ketiga kehamilan. Untuk memastikannya sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter atau bidan

Bagaimana jika si Kecil hanya mau menyusu pada satu payudara, apa impact nya terhadap kesehatan Ibu dan si Kecil?

Sebaiknya Mama menyusui si Kecil pada satu payudara selama minimal 15 menit sebelum berganti ke payudara satunya. Hal ini membantu memastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, serta melalui proses menyusui juga membantu menstimulasi pembentukan ASI. Bila si kecil nyaman hanya pada salah satu payudara sebaiknya Mama memompa ASI untuk menghindari pembengkakan dan membantu merangsang pengeluaran ASI.

Bolehkan berpuasa saat hamil masuk usia 2 bulan ? Apa nutrisi yang harus di penuhi ?

Mama dapat berkonsultasi ke dokter kandungan karena kehamilan pada setiap orang dapat berbeda-beda. Pastikan kebutuhan nutrisi mama terpenuhi, perbanyak minum air putih dan hindari yang mengakibatkan timbulnya stres.

Anak saya usia 3 bulan, namun produksi ASI tidak lancar seperti saat awal paska melahirkan?

Berkurangnya ASI bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, terlalu lelah, atau kurangnya asupan makanan yang bergizi seimbang.

Ada beberapa tips yang dapat Mama lakukan:

1. Mama harus tenang, rileks dan suasana hati yang gembira.

2. Istirahat yang cukup

3. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

4. Tingkatkan frekuensi menyusui si Kecil

5. Mintalah dukungan orang terdekat seperti Papa dan keluarga.

6. Mama dapat mengikuti kelas pijat laktasi atau pun konseling ASI