taboola Expert Advisor - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Kehamilan dan Menyusui

Bagaimana cara membedakan kontraksi palsu dan asli

Kontraksi adalah timbulnya rasa tegang di bagian perut, dikatakan kontraksi palsu bila terjadi tidak teratur dan waktu yang berjauhan dari 1 kontraksi ke kontraksi lain, sementara kontraksi asli muncul secara teratur 3-4 x dalam 10 menit, untuk memastikannya sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter atau bidan

Usia kandungan 6 bulan kenapa ASI sudah keluar apakah ini saya harus pompa?

Mama, produksi ASI pada payudara sudah dimulai sejak usia kehamilan masuk 14 minggu. ASI yang keluar sebelum bayi lahir menandakan payudara sudah siap memproduksi ASI. Keluarnya ASI atau kolostrum saat hamil bisa terjadi sejak usia kehamilan 5-6 bulan atau pada trimester ketiga kehamilan. Untuk memastikannya sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter atau bidan

Bagaimana jika si Kecil hanya mau menyusu pada satu payudara, apa impact nya terhadap kesehatan Ibu dan si Kecil?

Sebaiknya Mama menyusui si Kecil pada satu payudara selama minimal 15 menit sebelum berganti ke payudara satunya. Hal ini membantu memastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, serta melalui proses menyusui juga membantu menstimulasi pembentukan ASI. Bila si kecil nyaman hanya pada salah satu payudara sebaiknya Mama memompa ASI untuk menghindari pembengkakan dan membantu merangsang pengeluaran ASI.

Bolehkan berpuasa saat hamil masuk usia 2 bulan ? Apa nutrisi yang harus di penuhi ?

Mama dapat berkonsultasi ke dokter kandungan karena kehamilan pada setiap orang dapat berbeda-beda. Pastikan kebutuhan nutrisi mama terpenuhi, perbanyak minum air putih dan hindari yang mengakibatkan timbulnya stres.

Anak saya usia 3 bulan, namun produksi ASI tidak lancar seperti saat awal paska melahirkan?

Berkurangnya ASI bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, terlalu lelah, atau kurangnya asupan makanan yang bergizi seimbang.

Ada beberapa tips yang dapat Mama lakukan:

1. Mama harus tenang, rileks dan suasana hati yang gembira.

2. Istirahat yang cukup

3. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

4. Tingkatkan frekuensi menyusui si Kecil

5. Mintalah dukungan orang terdekat seperti Papa dan keluarga.

6. Mama dapat mengikuti kelas pijat laktasi atau pun konseling ASI

Apakah asam folat selalu dalam bentuk suplemen? Selain itu, asam folat bisa didapatkan secara alami dari makanan apa?

Konsumsi asam folat tidak hanya dari suplemen saja. Banyak sekali makanan yang mudah kita jumpai ternyata mengandung asam folat seperti:

- Alpukat

- Asparagus

- Telur

- Sayuran hijau

- Buah Bit

Pastikan tidak hanya mencukupi satu nutrisi saja, Mama bisa mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin serta mineral untuk memenuhi kebutuhan harian Mama dan janin.

Apa penyebab terjadinya kaki bengkak di usia kandungan 26 minggu? Bagaimana cara mengatasinya?

Kaki bengkak pada ibu hamil wajar terjadi saat kehamilan semakin besar. Hal ini karena volume cairan yang ada di dalam tubuh dan beban tubuh semakin besar sehingga menyebabkan kaki bengkak.

Kondisi ini bisa dikurangi dengan merendam kaki dengan air hangat, meletakan kaki lebih tinggi dan diganjal bantal saat tidur, tidak menggantungkan kaki saat duduk dan hindari juga berdiri atau berjalan terlalu lama.

Apa penyebab keputihan pada saat hamil? Apakah berbahaya?

Keputihan saat hamil bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu banyak beraktivitas, stres atau perubahan hormon. Mama tidak perlu khawatir selama keputihan yang dialami berwarna bening atau putih susu dan tidak berbau menyengat, keputihan tersebut masih termasuk keputihan normal.

Lain halnya jika keputihan mengalami perubahan warna menjadi kuning, hijau, atau abu-abu, berbau tajam, dan disertai dengan gatal atau bengkak pada area vagina. Keputihan seperti ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya gangguan kehamilan atau gejala infeksi. Sebaiknya Mama konsultasikan ke Obgyn.

Bagaimana cara mencegah keputihan selama masa kehamilan?

Mama dapat mencegahnya dengan cara :

1. Selalu cuci tangan: biasakan untuk mencuci tangan dengan benar sebelum atau sesudah menyentuh area organ intim.
2. Bersihkan organ intim dengan cara yang benar.
3. Menghindari penggunaan sabun yang mengandung parfum.
4. Gunakan pakaian dalam yang nyaman (bahan katun, longgar dan mengganti lebih sering).

Bagaimana cara mengatasi mual muntah dalam kondisi hamil 4 bulan?

Mual dan muntah saat hamil disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan hormon saat hamil, konsumsi makanan yang bergas, beraroma tajam, berlemak, atau karena memiliki riwayat sakit maag, dll.

Untuk mengatasi mual, Mama dapat konsumsi makanan dalam porsi sedikit namun sering, mengganti camilan dengan buah, hindari makanan pemicu mual seperti makanan yang berlemak, terlalu pedas, terlalu asam, bersantan, dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 untuk mengurangi rasa mual seperti buah alpukat, pisang, serta sayur bayam.

Apakah benar ibu hamil harus menghindari makan sushi?

Sebaiknya ibu hamil tidak menyantap sushi dengan ikan mentah. Makan ikan atau kerang setengah matang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Bakteri seperti Salmonella, Campylobacter, E.coli, juga parasit bisa mengancam. Bakteri tersebut bisa ada mengontaminasi daging yang kurang matang. Khusus makanan di luar rumah seperti sushi, sashimi, atau steak yang tidak terlalu matang sebaiknya dihindari ibu hamil selama masa kehamilan. Ikan mentah yang telah dibekukan juga tidak aman selama kehamilan. Pembekuan ini memang dapat menghancurkan parasit yang berpotensi berbahaya, tapi tidak membunuh patogen.

Mau tanya apa bener ibu hamil tidak boleh berolahraga?

Ini merupakan mitos kehamilan yang banyak beredar di kalangan ibu hamil. Namun, ini tidak benar. Saat sedang mengandung, Mama boleh tetap berolahraga. Bahkan aktivitas ini sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

Namun dengan catatan, olahraga yang dilakukan ibu hamil janganlah yang terlalu berat, apalagi sampai membuat dehidrasi dan kelelahan. Berolahraga selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu sudah bisa memberikan manfaat yang baik untuk Mama dan janin. Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil meliputi senam hamil, latihan kegel, berenang, berjalan, hingga yoga dan pilates ibu hamil."

Apakah minum susu & minum multivitami untuk ibu hamil itu diharuskan?

Susu berperan penting dalam menyediakan zat gizi yang diperlukan janin, terutama susu sapi. Susu dapat memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui akan protein dan kalsium. Susu juga mengandung kalori, vitamin dan mineral, sehingga susu dianggap sebagai asupan tambahan yang ideal untuk dikonsumsi ibu hamil, Sebaiknya penggunaan obat dan vitamin harus sesuai dengan rekomendasi dokter agar bisa di pantau perkembangannya. Dokter dapat memberikan saran kebutuhan Mama dan janin selama kehamilan.

Jangan lupa Mama untuk penuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dari makanan sehari-hari yang mengandung makronutrien dan mikronutrien yang seimbang.

Saat ini saya mengalami kepala pusing dan keputihan apa itu tanda kehamilan? Tetapi saya belum testpack atau melakukan pemeriksaan ke bidan

Mama, pusing dan keputihan bisa menjadi salah satu pertanda adanya kehamilan, selain itu tanda kehamilan lainnya seperti telat menstruasi, perubahan pada payudara, mual, mudah lelah dan berubahnya suasana hati.

Untuk memastikan kehamilan Mama, sebaiknya Mama melakukan uji tespack dan konsultasi ke dokter ya Ma :)

Mama bisa simak artikel mengenai tanda kehamilan pada link https://www.nutriclub.co.id/article-perencanaan/kesehatan/masa-subur/kenali-tanda-awal-kehamilan.

Supaya air ketubannya banyak selain mengkonsumsi air putih apa lagi ya yang bisa saya konsumsi?

Mama, selain sering mengonsumsi air putih untuk menjaga kecukupan air ketuban, Mama bisa mencoba mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air (mentimun, selada, paprika hijau, semangka, belimbing, jeruk atau melon), rutin melakukan olahraga ringan dan berbaring ke sisi kiri.

Pada saat hamil ketika mau gosok gigi kenapa mual ya sampe muntah? Jadi setiap mau gosok gigi suka males, bagimana tips supaya tidak mual?

Mama, sering merasakan mual ketika sedang membersihkan gigi saat sedang hamil hal tersebut wajar terjadi jika Mama sering mengalami mual dan muntah. Nah, untuk mengatasinya Mama bisa mencoba cara:
1. Berkumur dengan mouthwash agar lebih maksimal
2. Bersihkan gigi dengan cara tepat (cobalah menyentuhnya dengan jari atau lidah untuk mengetahui dampak dan tingkat kesensitifannya pada bagian tertentu. Saat mengetahui bagian-bagian ini Mama dapat menyikat gigi dengan tidak menyentuh bagian tersebut yang membuat mual dan muntah).
3. Gunakan sikat gigi yang kecil dan lembut
4. Minum air putih setelah makan

Pada saat hamil apakah diperbolehkan minum yang dingin-dingin terus?

Mama, selama masa kehamilan boleh saja mengonsumsi minuman dingin namun sebaiknya tidak ditambahkan dengan pemanis ya Ma. Seperti kita ketahui apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan ataupun minuman terlalu manis bisa menimbulkan risiko diabetes gestational, yang bisa juga menyebabkan bayi berisiko:
1. Kelebihan berat badan dalam kandungan
2. Persalinan prematur dan sindrom gangguan pernapasan
3. Hipoglikemia pada bayi setelah lahir

Jadi pastikan Mama mengonsumsi minuman ataupun makanan dalam batas normal dan tidak berlebihan ya Ma

Apakah benar kurma baik bagi ibu hamil?

Mama, benar sekali ya Ma kurma banyak memiliki manfaat untuk Ibu hamil seperti menjadi sumber energi, mencegah sembelit, mencegah anemia, dll. Sehingga Mama tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi kurma di masa kehamilan ini ya.

comment-icon comment-icon