Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
17 Tanda-tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari

Kesehatan

17 Tanda-tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari


Selain terlambat haid, ada sejumlah ciri-ciri lain yang biasanya menandakan kehamilan. Itu sebabnya penting untuk mengenali tanda-tanda hamil jika Mama sedang menunggu-nunggu kabar bahagia.

Tujuannya, agar Mama bisa lebih baik mempersiapkan gaya hidup sehat di masa kehamilan untuk menyambut si Kecil ke dunia. 

Baca Juga: Menjalani Kehamilan dengan Penyakit Miom

Apa Saya Hamil?

Ada beberapa ciri-ciri hamil yang sering kali tidak disadari. Tanda awal kehamilan sering mengecoh karena mirip tanda-tanda menstruasi. Misalnya saja, payudara yang terasa kencang dan membengkak, timbul flek darah, dan rasa kram di perut.

Jika Mama tidak segera mengetahuinya dengan pasti, dapat saja Mama tidak mengubah kebiasaan sehari-hari yang bisa membahayakan kehamilan. 

17 Ciri-Ciri Hamil yang Tidak Disadari

Mama mungkin bertanya-tanya, kapan gejala hamil mulai muncul setelah berhubungan seksual? Pada umumnya, ciri-ciri hamil muda paling cepat muncul dalam 7-14 hari sejak Mama telat menstruasi atau paling lambat enam minggu sejak haid terakhir.

Yuk, simak tanda-tanda hamil bersama Nutriclub!

1. Terlambat Menstruasi

Menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh stres, pola makan tidak teratur atau terlalu lelah. Meski begitu, terlambat menstruasi merupakan ciri-ciri hamil yang paling jelas dan umum. Bahkan, telat haid menjadi tanda hamil yang biasanya paling pertama disadari.

Melansir Medicine Net, siklus normal menstruasi berlangsung antara 24 hingga 38 hari. Ketika menstruasi sudah terlambat tujuh hari dari batas maksimal siklus tersebut, besar kemungkinan Mama hamil. 

Maka, tidak ada salahnya juga melakukan tes kehamilan jika Mama terlambat menstruasi sejak berhubungan seks terakhir kali.

2. Morning Sickness

Morning sickness adalah perasaan mual dan ingin muntah yang muncul di pagi hari. Selain telat haid, mual dan muntah di pagi hari juga menjadi tanda-tanda hamil yang paling awal muncul. Gejala ini dialami oleh sebagian besar Mama yang sedang hamil muda.

Namun meski ciri hamil muda ini dinamakan morning sickness, pada kenyataannya mual dan muntah dapat terjadi pada siang dan malam hari.

Penyebab morning sickness adalah perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. 

Rasa mual biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan akan menghilang seiring usia kehamilan Mama bertambah.

3. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, terjadi perubahan hormon dalam darah yang menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan ginjal bekerja lebih keras sehingga memproduksi air seni lebih banyak.

Semakin besar kandungan, semakin besar pula ukuran janin sehingga menekan organ-organ di dalam tubuh Mama, termasuk kandung kemih. Akibatnya, kapasitas kandung kemih menjadi lebih sempit sehingga lebih cepat penuh dan membuat Mama lebih sering ingin buang air kecil.

Akan tetapi, sering buang air kecil bukanlah sesuatu yang membahayakan. Jadi, Mama tidak perlu khawatir. Jangan mengurangi konsumsi air agar tidak dehidrasi.

4. Mudah Lelah

Tanda-tanda hamil yang berikutnya adalah mudah lelah. Mudah merasa lelah saat hamil diakibatkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh.

Hormon progesteron adalah depresan alami bagi sistem saraf pusat yang menyebabkan Mama mudah merasa mengantuk.

Selama trimester pertama juga tubuh akan bekerja jauh lebih keras memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah agar nutrisi janin terpenuhi. Rasa khawatir dan cemas pun turut berperan menyerap energi Mama saat hamil. Itu kenapa Mama jadi lebih mudah capek di awal kehamilan. 

Perbanyak waktu istirahat dan konsumsi makanan bergizi. Menambah pengetahuan seputar kehamilan dapat membantu mengurangi kekhawatiran, Mama dapat konsultasi langsung ke tim Careline Nutriclub untuk informasi lengkap tentang kehamilan.

5. Rasa Aneh di Mulut

Perubahan hormon saat hamil juga mempengaruhi indera perasa dan penciuman. Salah satu gejala hamil muda adalah muncul rasa aneh seperti rasa logam dalam mulut. Perubahan ini membuat Mama tidak menyukai makanan tertentu.

Sesuaikan perubahan selera makan ini dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun lebih sering. Ini penting agar Mama dan janin dalam kandungan tetap mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat.

6. Payudara nyeri dan bengkak

Payudara nyeri, terasa bengkak, dan tampak membesar juga menjadi ciri-ciri hamil muda yang sering tidak disadari.

Selain itu, areola atau daerah kecokelatan di sekitar puting payudara, akan makin menghitam dan melebar.

Perubahan ini akibat meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron, juga sebagai persiapan untuk memproduksi ASI bagi si Kecil nanti.

7. Kram Perut

Tanda hamil yang kerap muncul selanjutnya adalah kram perut.

Kram perut sering disalahpahami sebagai gejala PMS. Bedanya, kram perut tanda hamil umumnya terjadi 6-12 hari setelah pembuahan terjadi, atau di minggu pertama kehamilan.

8. Perubahan Mood 

Selama masa hamil, hormon estrogen dan progesteron akan meningkat. Perubahan hormon ini menyebabkan perubahan suasana hati. Umumnya, Mama hamil akan lebih sensitif daripada biasanya. Dengan kata lain, perubahan mood bisa menjadi ciri-ciri hamil yang sering tidak disadari.

9. Rambut Rontok

Menurut American Pregnancy Association, salah satu tanda kehamilan awal adalah rambut rontok. Umumnya, 40-50% Mama hamil mengalami hal ini. Penyebabnya karena Mama hamil cenderung mengalami perubahan hormon dan perubahan gizi. Oleh karena itu, Mama hamil cenderung banyak yang memotong rambutnya.

10. Suhu Tubuh Meningkat

Peningkatan suhu tubuh bisa menjadi tanda-tanda hamil yang juga sering terjadi. Suhu tubuh saat bangun pagi pada Mama hamil biasanya meningkat. Namun, peningkatan tersebut terjadi pada suhu tubuh basal (STB). Jadi, peningkatan suhu tubuh yang dimaksud bukanlah demam.

11. Keluar flek atau bercak darah

Tanda hamil yang kerap muncul selanjutnya adalah flek atau bercak darah disertai dengan kram perut.

Jangan kaget bila Mama mengalami ciri-ciri hamil ini. Sebab, bercak merah tanda hamil disebabkan oleh proses penanaman sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim. Proses penanaman sel telur ini disebut dengan perdarahan implantasi. 

Tanda hamil yang satu ini juga sering disalahpahami sebagai gejala PMS. Bedanya, flek darah tanda hamil berwarna lebih muda dan lebih sedikit daripada darah menstruasi. Jika dicermati lebih lanjut, flek tanda hamil muncul lebih awal dari jadwal menstruasi Mama dan durasi terjadinya juga lebih singkat.

Secara umum, kram perut tanda hamil umumnya terjadi 6-12 hari setelah pembuahan terjadi, atau di minggu pertama kehamilan. Bercak atau flek umumnya muncul di minggu ke-3 dan ke-4 kehamilan.

Jika volume darah yang keluar cukup banyak, Mama wajib konsultasi ke dokter.

12. Perut Begah

Salah satu ciri-ciri awal kehamilan selanjutnya adalah Mama merasa perut tak nyaman. Di trisemester pertama kehamilan, banyak Mama yang merasakan begah di perut. Namun, hal ini biasanya akan reda dengan sendirinya dalam beberapa jam.

13. Perubahan Nafsu Makan

Saat hamil, Mama akan merasakan adanya perubahan nafsu makan. Mama akan lebih mudah merasa lapar dari biasanya. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang menjadi salah satu tanda kehamilan awal.

Mama juga bisa ketahui lebih banyak soal porsi dan kebutuhan makan saat hamil dengan berkonsultasi ke Tim Careline Nutriclub.

14. Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar menjadi salah satu ciri-ciri hamil trimester pertama. Untuk mencegahnya, Mama bisa mengonsumsi buah atau sayur tinggi serat. Beberapa buah dan sayur tinggi serat untuk Mama hamil, di antaranya adalah apel, bayam, dan buah pisang.

15. Mimisan

Mimisan menjadi ciri-ciri hamil yang kurang umum. Biasanya, Mama hamil yang mengalami ini dikarenakan riwayat memiliki tekanan darah yang tinggi. Jika darah yang keluar cukup banyak, sebaiknya Mama segera berkonsultasi kepada dokter.

16. Sakit Kepala

Sakit kepala adalah ciri-ciri hamil yang juga kerap dialami sebagian besar perempuan. Tanda kehamilan awal ini terjadi karena tubuh akan menampung sekitar 50 persen darah tambahan saat hamil. Umumnya, di awal kehamilan Mama akan mengalami anemia.

17. Sakit Pinggang Belakang

Salah satu tanda awal kehamilan adalah sakit pinggang belakang. Rasa nyeri pinggang yang tak biasa ini bisa Mama atasi dengan mengompres bagian yang sakit dengan air hangat atau mandi dengan air hangat. Dengan demikian, sakit pinggang belakang tanda hamil dapat diatasi di rumah.

Segera cek kandungan jika mengalami ciri-ciri hamil

Tanda-tanda hamil di atas biasanya akan muncul paling cepat 2 minggu setelah berhubungan seks. Melansir Medical News Today, prediksi jarak kehamilan setelah berhubungan yaitu sekitar 15 hari atau 2 minggu setelah berhubungan seks.

Bila Mama sudah mengalami beberapa ciri-ciri hamil, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memastikan kehamilan adalah dengan menggunakan alat tes uji kehamilan. Alat ini biasanya digunakan dengan meneteskan air seni pertama yang keluar setelah bangun tidur di pagi hari. 

Baca Juga: 13 Istilah USG dan Cara Membaca Hasil USG

Pada saat hamil, terjadi peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Karenanya tes kehamilan menggunakan alat dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. 

Setelah merasakan beberapa ciri-ciri hamil dan hasil dari tes uji kehamilan menunjukan positif, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan agar bisa memastikan apakah Mama hamil atau tidak, sudah berapa usia kehamilannya, dan bagaimana kondisi janin. 

Dukung awal kehamilan Mama dengan Lactamil Pregnasis

Di awal kehamilan, pastikan Mama juga selalu mengonsumsi makanan bergizi yang diperlukan demi perkembangan janin dalam kandungan dan tubuh Mama. Nutrisi optimal sangat penting bagi Mama dan bayi dalam kandungan. Itu kenapa segera berikan nutrisi terbaik bagi janin setelah Mama merasakan tanda hamil. 

Salah satu caranya adalah dengan rutin minum susu kehamilan seperti Lactamil Pregnasis dua kali sehari di sela waktu makan. Lactamil Pregnasis dengan kandungan ACTIDuobio+ akan membantu memenuhi pemenuhan nutrisi Mama di masa mengandung. 

Pilihan Tools Nutriclub untuk Dukung Kehamilan Mama

Selain mengetahui tanda hamil, Mama juga bisa memperkaya pengetahuan tentang kehamilan menggunakan tools yang tersedia di situs Nutriclub:

  • Deteksi Potensi Mama Melahirkan Caesar – Lewat tools ini Nutriclub membantu mencari tahu potensi Mama melahirkan caesar berdasarkan analisis dari beberapa tes yang Mama lakukan.

  • Deteksi Potensi Mama Melahirkan Prematur – Tools ini akan membantu mencari tahu faktor risiko persalinan prematur pada Mama lewat tes yang Mama lakukan sebelumnya.

  • Ensiklopedia Kehamilan untuk New Parents – Tools ini memberikan informasi terkait perkembangan si Kecil dalam kandungan yang ada dari minggu ke minggu, gaya hidup dan kesehatan, informasi terkait resep dan nutrisi untuk Mama dan janin melalui My Pregnancy Today!

  • Jangan Cemaskan Mitos Selama Kehamilan – Tools ini akan menjelaskan mitos seputar kehamilan yang berhubungan dengan berbagai hal seperti nutrisi, perkembangan janin, gaya hidup, dan psikologi yang dilakukan bersama Lactamil Expert.

Daftarkan diri Mama di MyNutriclub untuk mengakses semua fitur di atas secara gratis. Selamat mencoba, ya, Ma!
 

comment-icon comment-icon