Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Stimulasi

8 Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi 10 Bulan

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 13 Juli 2023

Menginjak usia 10 bulan, bayi mungkin mulai menunjukkan kemajuan dalam perkembangan fisik dan keterampilan motoriknya. Mereka mungkin mulai berdiri dengan dukungan atau bahkan mencoba melangkah. Selain itu, si Kecil juga mulai merambat dengan lebih lancar dari bulan-bulan sebelumnya. Dengan penuh rasa ingin tahu, si Kecil akan terus bergerak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka.

Untuk itu, penting bagi Mama memberikan stimulasi agar tumbuh kembang bayi semakin optimal, salah satunya dengan memilih mainan yang tepat. Pemilihan mainan sesuai dengan usianya, bayi dapat mengembangkan keterampilan motorik, kognitif dan sosial-emosional mereka.

Lalu apa saja mainan yang bagus untuk stimulasi bayi 10 bulan? Untuk menjawab pertanyaan Mama, yuk simak artikel ini selengkapnya, ya!

Rekomendasi Mainan untuk Stimulasi Bayi 10 Bulan

Bermain di tahun pertama kehidupan si Kecil adalah tentang eksplorasi. Bayi menggunakan panca indranya untuk belajar tentang dunia baru yang menarik di sekitar mereka. Si Kecil akan menyentuh, merasakan, mencium, mendengar, dan melihat segala sesuatu dengan rasa ingin tahunya. 

Melalui permainan, bayi dapat mengenal objek, merasakan berbagai tekstur, mengeksplorasi bunyi yang berbeda, dan juga memahami sebab dan akibat. Setiap mainan tentunya akan memberikan kesempatan bayi untuk mempelajari dan mengembangkan pengetahuan tentang lingkungan di sekitar mereka.

Ada banyak sekali manfaat mainan untuk si Kecil. Maka dari itu, Mama perlu mengetahui rekomendasi mainan bayi 10 bulan yang dapat menstimulasi si Kecil. Berikut daftarnya:

1. Stacking Cups

Stacking cups atau cangkir susun adalah mainan yang biasanya terdiri dari beberapa cangkir dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Nantinya si Kecil dapat menyusun cangkir-cangkir ini untuk membentuk pola yang menarik.

Mungkin awalnya, bayi belum mempunyai keahlian untuk menumpuk sehingga mereka mungkin hanya mengambil cangkir dan melemparnya. Untuk itu, Mama dapat menunjukkan kepada bayi cara melakukan permainannya dengan duduk dan bermain bersama si Kecil. Perlahan, bayi akan bisa menumpuk cangkir susun tanpa bantuan Mama.

Stacking cups ini dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada bayi. Saat bayi mencoba untuk meletakkan cangkir di atas yang lain, mereka akan coba memahami mengapa mainan itu bisa berdiri kokoh. Dengan latihan dan coba-coba, bayi akan dapat menempatkan cangkir dengan benar dari ukuran terbesar ke terkecil.

Baca Juga: Manfaat Sensory Play untuk Anak dan Ide Permainannya

2. Alat Musik Mainan

Selanjutnya, Mama bisa memberikan alat musik mainan kepada bayi yang berusia 10 bulan. Memberikan mainan kepada si Kecil yang meniru benda asli, seperti alat musik mainan, dapat menarik perhatian bayi. 

Bayi sering kali tertarik pada benda-benda yang meniru dunia nyata sehingga memberikan pengalaman sensorik yang sama seperti benda aslinya.

Memberikan alat musik mainan kepada bayi dapat menstimulasi minat mereka terhadap suara. Si Kecil mungkin akan mencoba memukul, menggoyangkan, atau menekan tombol pada alat musik mainan tersebut dan mengeksplorasi suara yang dihasilkan. 

Ini artinya bermain musik mengajarkan bayi memahami sebab dan akibat yang penting untuk perkembangan kognitif si Kecil.

3. Mainan Sortir Bentuk

Mainan sortir bentuk adalah mainan edukasi yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan bayi 10 bulan. Dengan mainan ini, bayi dapat belajar mengenali dan membedakan warna serta mengenali bentuk dasar seperti lingkaran, persegi, dan segitiga.

Si Kecil akan memasukkan potongan mainan ke dalam bentuk yang tepat. Keterampilan ini dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada bayi. 

Saat bermain, Mama juga bisa membangun percakapan dengan bayi guna meningkatkan perkembangan bahasanya. Berikan penjelasan lengkap mengenai warna dan bentuk pada potongan mainan untuk membantu bayi memahaminya.

4. Board Book

Board book adalah buku dengan material tebal yang tak mudah dirobek. Selain menambah pengetahuan si Kecil, board book yang beredar di pasaran kini lebih menyenangkan untuk dibaca karena tampilan atraktifnya. 

Ada berbagai jenis dan variasi board book yang menarik untuk bisa menjadi mainan edukasi anak 1 tahun. Misalnya lift the flap, yaitu board book berisi informasi tersembunyi di balik ilustrasi gambar yang bisa dibuka. Ada juga touch and feel, yakni board book yang berisi stimulasi sensori untuk si Kecil. 

Memberikan si Kecil board book juga dapat menjadi awal yang baik untuk menanamkan minat si Kecil membaca dan memahami literasi sejak dini. 

5. Push Walker

Bayi 10 bulan mungkin sudah mulai bisa merambat atau melangkah secara perlahan sambil berpegangan furniture di sekitarnya. 

Untuk menstimulasi kemampuan motorik kasarnya, Mama dapat memberikan mainan push walker. Mainan ini sangat berguna saat bayi mulai mengembangkan keterampilan gerak dan berjalan.

Saat mencari mainan ini untuk si Kecil, pastikan untuk memilih push walker yang kokoh dan memiliki pegangan yang sesuai agar dapat digenggam dengan nyaman. Selain itu, push walker juga harus dilengkapi dengan roda besar yang akan membuatnya sulit terbalik.

6. Bola Berwarna

Bola merupakan salah satu mainan yang sangat penting dan memiliki manfaat yang besar, Ma. Bola dapat diperkenalkan pada bayi sejak dini karena dapat memperkuat kemampuan motorik mereka dan membiasakan si Kecil dengan lingkungan sekitarnya.

Sejak dini, bayi cenderung tertarik pada benda-benda yang menggelinding, termasuk bola. Gerakan bola yang terus menerus akan membuat bayi merasa tertarik. Bola memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk merasa memiliki kendali melalui gerakan tubuh mereka sendiri.

Bermain dengan bola dapat membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar. Ketika bayi mencoba menggenggam, melempar, atau menggulirkan bola, mereka melatih koordinasi mata-tangan, dan kekuatan ototnya. Penting bagi Mama untuk memilih bola dengan ukuran dan tekstur yang sesuai dengan usia dan kemampuan si Kecil. 

7. Flash Card

Flash card merupakan mainan yang sangat bagus untuk anak dari segala usia. Jenis mainan ini dapat membantu si Kecil mengasah berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari dan dalam meraih prestasi di sekolahnya nanti.

Flash card dapat mencakup berbagai topik yang umum, seperti warna, bentuk, angka, dan kosa kata. Dengan menggunakan flashcard, bayi dapat belajar mengenali dan mengingat informasi dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. 

Si Kecil dapat melihat gambar atau kata-kata yang tercetak di flash card, kemudian menghubungkannya dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Saat bermain flash card, peran Mama sangat diperlukan untuk menjelaskan informasi yang tercetak pada kartu. Mama juga bisa mendorong bayi untuk ikut terlibat aktif. 

Sebagai contoh, menyebutkan suara monyet yang muncul pada flash card. Ketika bayi berhasil menyebutkan suara hewan tersebut, Mama bisa mengajak bayi untuk bertepuk tangan bersama.

8. Puzzle

Mainan bayi 10 bulan yang bisa Mama pilih selanjutnya yaitu puzzle. Puzzle mempunyai berbagai bentuk dan ukuran, serta memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Ini membuatnya cocok untuk berbagai usia, termasuk anak-anak hingga dewasa.

Sebagai permulaan, Mama dapat memberikan potongan-potongan puzzle yang lebih besar dan mudah dipegang, dengan gambar atau bentuk yang menarik untuk si Kecil. Untuk bayi 10 bulan, sebaiknya pilih potongan puzzle lebih sedikit sekitar 2 atau 3 kepingan saja.

Puzzle sangat baik untuk mengembangkan keterampilan motorik halus. Aktivitas bayi memegang kepingan puzzle-puzzle kecil dapat memperkuat otot-otot jarinya. Karena bayi harus mengambilnya, memutar dan memegangnya dengan hati-hati untuk menyatukannya.

Baca Juga: 11 Aktivitas Stimulasi untuk Bayi 10 Bulan

Nah, itu dia berbagai rekomendasi mainan untuk menstimulasi bayi 10 bulan. Ada banyak sekali manfaat yang dapat didapatkan si Kecil apabila mainannya tepat, ya, Ma. Dari berbagai rekomendasi mainan di atas, mana yang ingin Mama mainkan dengan si Kecil hari ini? 

Butuh informasi lain mengenai tumbuh kembang si Kecil? Yuk, download eksklusif e-book atau dengarkan podcast parenting melalui website Nutriclub. Jadikan ini sebagai bekal untuk menang si Kecil, agar nantinya ia tumbuh menjadi pemenang di masa depan!

  1. Verywell. (2023). The 9 Best Toys for 10-Month-Olds of 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-toys-for-10-month-olds-4169818
  2. ‌Hari, A. (2022, December). Stacking Toys For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/stacking-toys-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/
  3. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  4. ‌Hari, A. (2022, November 29). Shape Sorting Toys For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/shape-sorting-toys-for-babies/
  5. ‌‌Reading Books to Babies (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2019). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/reading-babies.html
  6. When do babies start cruising. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/baby-development/baby-on-the-move-cruising_1487416
  7. Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
  8. Verywell. (2023). We Researched the Best Flashcards for Kids That Make Learning Fun. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-flashcards-for-kids-5104847
  9. ‌Mcilroy, T. (2021, August 24). 13 Benefits of Puzzles for Child Development. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-puzzles/
  10. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
comment-icon comment-icon