Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
tips-menghadapi-kelahiran-bayi_large
Kehamilan & Menyusui

Tips Menghadapi Kelahiran Bayi

15 Januari 2020

Informasi seputar persalinan yang diberikan di kelas prenatal akan menjadi bekal yang untuk membuat Ibu siap menghadapi kelahiran bayi.

Tips Menyambut Kelahiran 



Secara alami, Ibu sebenarnya bisa merasakan kapan saatnya akan melahirkan. Jika Ibu sudah mengenali tanda-tanda melahirkan yang pasti, tentu Ibu punya kendali menghadapi apa yang akan terjadi. 

Rencanakan persalinan Ibu dengan baik, supaya semua berlangsung lancar. Lakukan beberapa tips menjelang persalinan seperti di bawah ini:

Did you know?

”Sebaiknya, barang-barang yang dibutuhkan untuk persalinan sudah siap saat usia kehamilan memasuki 8 bulan, karena Ibu mungkin memasuki ruang bersalin sebelum tenggat waktunya tiba. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP


- Banyak Mencari Informasi


1. Kelas prenatal dan antenatal: Ibu bisa mendapat banyak informasi yang bermanfaat dengan mengikuti kelas prenatal/antenatal. Program ini berguna untuk mendapatkan informasi dan dukungan yang Ibu butuhkan. Jadi, pilihlah rumah sakit yang memiliki kelas prenatal. 

2. Membaca buku dan menonton video. Keduanya membantu Ibu menyiapkan diri menghadapi persalinan. Ibu bisa bertanya pada guru di kelas prenatal, buku apa yang mereka rekomendasikan.

3. Konsultasi dengan dokter. Dokter memiliki banyak saran yang baik dan menjawab pertanyaan apapun mengenai persalinan dan melahirkan.

4. Nutriclub. Ibu bisa menemukan banyak informasi dan tips soal kehamilan, kelahiran dan cara merawat bayi di sini.

- Tenang dan Tetap Rileks

Tenang secara fisik dan emosional akan membantu tubuh Ibu mengikuti ritmenya ketika melahirkan. Rasa tenang juga dapat membantu oto-otot Ibu mengatasi tekanan saat proses melahirkan.

Rileks juga akan membantu Ibu bernapas lebih dalam dan akan membuat bayi tenang karena ia mendapatkan banyak oksigen. Ibu bisa menjadi lebih rileks bila sudah terbiasa melakukan yoga di masa kehamilan.


- Lakukan Latihan Fisik Yang Ringan

Gravitasi pada bumi akan membantu merangsang kelahiran si Kecil. Tetap berada pada posisi tegak dan teruslah bergerak di masa menjelang persalinan. Tegak bukan berarti berdiri, Ibu bisa berjongkok, berlutut atau bersandar pada birthing ball.

Coba lakukan jalan santai atau berlutut dan bersandar pada batal untuk membantu bayi menuju posisi di jalan lahir. Mendengarkan musik juga membantu merangsang persalinan.


- Biarkan Tubuh Tetap Nyaman

Ibu bisa melakukan beberapa hal yang membuat tubuh tetap merasa nyaman, misalnya dengan mandi di bawah shower atau berendam di dalam air hangat untuk memulihkan otot-otot yang lelah penyebab pusing. Minta Ayah memberikan pelukan saat terjadi kontraksi atau berikan pijatan lembut di punggung bagian bawah membantu mengurangi rasa nyeri. 


- Mendapatkan Dukungan Dari Orang Lain

Dukungan keluarga dan teman sangat bermanfaat bagi Ibu, terutama di masa menjelang melahirkan. Gangguan saat persalinan umumnya tidak dialami Ibu yang merasa mendapat dukungan semangat dari orang-orang terdekatnya.

Obat penghilang rasa sakit bisa jadi tidak dibutuhkan, karena dukungan keluarga dapat memberikan efek psikologis yang positif bagi Ibu. Dokter serta staf medis yang mengikuti kehamilan Ibu hingga saatnya melahirkan, juga bisa jadi sumber dukungan yang baik. Mereka memastikan bahwa Ibu merasa tenang dan percaya diri menghadapi persalinan. Dukungan berbagai pihak bisa meminimalkan ketakutan Ibu menjelang persalinan.

Baca Juga: Tips untuk Papa: Persiapan Persalinan Mama

Jaga kesehatan Ibu di masa kehamilan, sering-seringlah mengecek kondisi kehamilan. Penuhi semua nutrisi yang Ibu butuhkan dan dapatkan informasi lengkapnya di sini.

comment-icon comment-icon