Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Perlengkapan melahirkan - Nutriclub
Untuk Mama

List Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa

Article Oleh : Mauliyana Puspa Adityasari 15 Januari 2020

Perlengkapan melahirkan sebaiknya sudah disiapkan jauh hari sebelum hari-H persalinan tiba. Persiapan yang matang tentunya akan membuat Mama menjadi lebih tenang saat menjalani proses persalinan di rumah sakit.

Lalu, apa saja list perlengkapan melahirkan yang perlu disiapkan? Simak selengkapnya supaya tidak ada barang yang tertinggal, ya, Ma!

Kapan Harus Menyiapkan Tas Persalinan?

Mengingat momen kelahiran tidak dapat diprediksi, persiapan yang matang tentu sangat diperlukan. Jadi, dari jauh-jauh hari Mama sebaiknya sudah mulai membuat catatan dan mencicil membeli atau mengepak perlengkapan melahirkan yang harus dibawa ke rumah sakit.

Mama disarankan untuk mempersiapkan tas bersalin mulai di awal trimester 3 atau sekitar minggu 36 kehamilan.

Saat mempersiapkan tas bersalin, sebaiknya pisahkan barang-barang Mama, Papa, dan bayi agar tidak bercampur dalam satu tas. Sebaiknya, pisahkan perlengkapan dalam pouch terpisah dan beri nama di bagian depan untuk mempermudah mencari barang yang diperlukan.

Setelah semua perlengkapan terkumpul, pastikan untuk menyimpan tas persalinan di tempat yang mudah dijangkau, seperti dalam bagasi mobil atau di lemari pakaian. Jadi, Mama atau Papa dapat dengan cepat mengambilnya ketika sudah muncul tanda-tanda melahirkan.

List Perlengkapan Melahirkan untuk Mama

Dengan bersiap-siap lebih awal, Mama bisa menyambut hari kelahiran si Kecil dengan lebih tenang dan tanpa khawatir. Persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari pun dapat membantu Mama meredakan rasa takut menghadapi melahirkan.

Berikut ini berbagai barang-barang perlengkapan melahirkan yang perlu ada di dalam tas bersalin:

  • Dokumen penting seperti kartu identitas diri (KTP/SIM), kartu asuransi, formulir dan juga data-data penting untuk persalinan. Siapkan pada satu folder amplop yang terpisah.

  • Baju ganti yang longgar dan nyaman. Usahakan baju tersebut memiliki kancing di bagian depan untuk memudahkan akses menyusui. Siapkan baju ganti sekitar 3 atau 4 pasang.

  • Perlengkapan mandi. Siapkan sikat gigi, pasta gigi, lip balm, deodoran, sisir, dan ikat rambut. Rumah sakit biasanya menyediakan sabun, sampo, dan lotion. Masukkan perlengkapan mandi ke dalam pouch yang terpisah.

  • 5 atau 6 pasang pakaian dalam yang longgar.

  • 2 bungkus pembalut bersalin dengan daya serap yang tinggi.

  • Kaus kaki apabila Mama merasa kedinginan sebelum dan selama persalinan.

  • Bra menyusui diperlukan untuk memudahkan Mama menyusui si Kecil saat pertama kali.

  • Nipple cream untuk mencegah puting pecah-pecah ketika menyusui.

  • Breast pad untuk mencegah ASI merembes dan membasahi pakaian Mama.

  • Bantal menyusui. Mama bisa juga menggunakan bantal rumah sakit untuk menempatkan bayi pada posisi menyusui yang benar dan nyaman.

  • Makanan ringan. Setelah berjam-jam proses persalinan, Mama mungkin akan merasa sangat lapar. Oleh karena itu, bawalah berbagai macam makanan ringan seperti buah segar, atau makanan favorit Mama.

  • Gym ball atau birthing ball dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mengurangi rasa sakit serta membantu menempatkan bayi dalam posisi yang optimal selama proses persalinan. Biasanya, beberapa fasilitas kesehatan juga menyediakan birthing ball untuk mendukung kenyamanan Mama saat melahirkan.

Selain daftar perlengkapan di atas, Mama juga memiliki opsi untuk membawa berbagai barang yang dapat membantu mengurangi rasa cemas sebelum proses kelahiran.

Contohnya, seperti membawa bantal favorit, buku bacaan seperti downloadable E-Book Panduan 1000 HPK si Kecil, tas makeup, dan barang-barang lain yang dapat menghibur dan menghilangkan stres Mama jelang persalinan. Akan tetapi, Mama tidak disarankan membawa perhiasan atau barang berharga ke rumah sakit.

Baca Juga: Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi

Daftar Perlengkapan Melahirkan untuk Bayi

Tidak hanya persiapan perlengkapan melahirkan untuk Mama, penting juga untuk mempersiapkan kebutuhan bayi yang baru lahir. Namun, sebelumnya, Mama perlu mengetahui apakah perlengkapan bayi sudah disediakan oleh rumah sakit atau tidak. 

Beberapa rumah sakit mungkin sudah menyiapkan kebutuhan bayi seperti pakaian, popok, selimut, dan perlengkapan lainnya.

Jadi, sebelum menyusun daftar perlengkapan bayi, sebaiknya Mama mengkonfirmasi kebijakan rumah sakit agar tidak membawa barang-barang yang mungkin sudah disediakan oleh fasilitas kesehatan. Ini akan membantu Mama untuk lebih efisien dalam menyiapkan kebutuhan bayi.

Berikut ini perlengkapan bayi baru lahir yang perlu Mama siapkan sebelum melahirkan:

  • Beberapa set pakaian untuk bayi, terutama jika rumah sakit tidak menyediakan pakaian bayi. Ini termasuk pakaian bayi yang akan dikenakan saat pulang dari rumah sakit.

  • 2 pasang kaus kaki bayi untuk menjaga kaki si Kecil tetap hangat dan nyaman.

  • Topi bayi untuk menutupi kepala bayi serta memberikan perlindungan tambahan.

  • Selimut atau kain lembut untuk melakukan bedong pada bayi. Bayi baru lahir biasanya merasa nyaman dibedong.

  • Popok kain atau popok sekali pakai sesuai preferensi Mama untuk kenyamanan si Kecil.

  • Tisu khusus bayi yang dirancang untuk kulit bayi baru lahir atau yang sensitif.

  • Sarung tangan bayi dapat membantu menghindari risiko goresan karena kuku bayi yang mungkin lebih panjang.

  • Perlengkapan mandi khusus bayi, seperti sabun dan sampo yang dirancang khusus untuk kulit sensitif bayi baru lahir.

  • Infant car seat. Pastikan memiliki car seat yang menghadap ke belakang dan pahami cara memasang sabuk pengaman dengan benar pada bayi untuk keamanan selama perjalanan.

Hindari membawa terlalu banyak pakaian bayi untuk meminimalkan beban barang bawaan.

Baca Juga: Panduan Persiapan Merawat Bayi Baru Lahir

List Isi Tas Melahirkan untuk Papa

Setelah menyusun daftar perlengkapan Mama dan bayi, jangan lupakan untuk menyiapkan kebutuhan Papa. Sebab, Papa juga pasti terlibat mendampingi proses persalinan Mama.

Beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan untuk Papa selama di rumah sakit nanti antara lain:

  • 4 pasang pakaian, termasuk piyama dan pakaian untuk pulang dari rumah sakit.

  • Bantal dan selimut untuk menginap di rumah sakit.

  • Perlengkapan mandi, termasuk sabun, sampo, sisir dan handuk.

  • Kamera atau kamera video apabila Mama dan Papa berencana untuk mengabadikan momen kelahiran si Kecil. Pastikan alat dokumentasi ini sudah siap digunakan, sehingga Mama dan Papa tidak kehilangan momen yang berharga.

Itulah berbagai perlengkapan melahirkan yang perlu Mama siapkan untuk diri sendiri, si Kecil, dan Papa selama berada di rumah sakit.

Untuk mempermudah, sebaiknya buatlah daftar kemudian tandai barang-barang yang sudah dimasukkan ke dalam tas. Dengan cara ini, diharapkan tidak ada perlengkapan yang terlupakan atau tertinggal saat momen persalinan tiba.

Semoga artikel ini bermanfaat dan proses persalinan Mama berjalan lancar, ya!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. NHS Choices. (2023). Hospital bag checklist – what to pack for you and your baby. https://www.nhs.uk/start-for-life/pregnancy/preparing-for-labour-and-birth/hospital-bag-checklist/
  2. ‌What to bring to your labor and delivery: MedlinePlus Medical Encyclopedia. (2020). Medlineplus.gov. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000543.htm
  3. ‌Kelly, J. (2016, August 29). Hospital Bag Checklist. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/checklist/hospital-packing.aspx
  4. ‌Hospital Bag Checklist. American Pregnancy Association. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/hospital-bag-packing-list/
  5. ‌Marcin, A. (2020, September 10). Getting Ready for the Big Day: Packing Your Hospital Bag. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/pregnancy/hospital-bag-checklist#what-the-hospital-has
  6. ‌Hospital bag checklist: What to pack for labor and postpartum. (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/packing-for-the-hospital-or-birth-center_185
Artikel Terkait
floating-icon