Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Obat flu anak 2 tahun - Nutriclub
Kesehatan

15 Obat Flu Anak 2 Tahun yang Alami dan Aman

Article Oleh : Annisa Amalia Ikhsania 25 Juni 2024

Si Kecil sedang flu, Ma? Sebelum terburu-buru pergi ke apotek, ada berbagai obat flu anak 2 tahun yang aman untuk meringankan gejalanya secara alami. Yuk, simak rekomendasinya! 

Obat Flu Alami untuk Anak 2 Tahun

Flu pada anak biasanya bertahan seminggu. Agar si Kecil cepat sembuh, Mama bisa coba berikan beberapa obat alami berikut untuk redakan flunya:

1.Jahe

Jahe mengandung antioksidan, antimikroba, dan antiradang yang dapat meredakan gejala flu pada anak.

Semua kandungan ini juga bisa bantu menghilangkan mual yang si Kecil rasakan setiap kali selesai buang ingus.

Mama bisa merebus beberapa ruas jahe yang sudah diparut lalu saring airnya. Berikan saat masih hangat untuk bantu mengencerkan ingusnya.

2. Madu

Anak biasanya lebih sering sakit di musim pancaroba. Untuk meredakan gejalanya, Mama bisa berikan ½ - 1 sendok teh madu sebagai obat flu anak 2 tahun.

Madu bisa mengencerkan dahak di tenggorokan dan meredakan batuk saat flu. Kandungan antimikroba dan antibakterinya juga bantu meningkatkan imun tubuh melawan infeksi penyebab flu. 

Selain diminum begitu saja, Mama juga dapat mencampurkan madu dengan yogurt yang tinggi probiotik atau sebagai pemanis untuk air rebusan jahe hangat. 

3. Yogurt

Yogurt mengandung probiotik (bakteri baik dalam usus) yang dapat membantu mengatasi gejala flu dan mempercepat proses pemulihan dari penyakit infeksi pernapasan atas. 

Selain itu, probiotik juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan menjaga kesehatan mikrobioma usus.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin untuk memperkuat imun serta antivirus sehingga bagus dijadikan obat flu anak 2 tahun yang alami. 

Selain itu, bawang putih mengandung prebiotik yang dapat membantu memelihara koloni bakteri baik dalam usus untuk meningkatkan imun.

Kandungan sulfur tinggi pada bawang putih juga membantu tubuh menyerap zinc yang merupakan mineral penguat imun. Zinc banyak terdapat dalam nasi merah dan roti gandum.

Jadi jika si Kecil tidak mau makan bawang mentah, coba tumis nasi merah dengan bawang putih atau panggang roti gandum dengan olesan bawang putih yang digeprek (garlic bread).

Baca Juga: Anak Sering Sakit? Mungkin Karena Asupan Gizinya Tidak Seimbang

5. Jeruk

Saat anak flu dan batuk, vitamin C dari jeruk dapat membantu mengurangi keparahan dan durasi gejala sakitnya.

Penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan pada serabut putih buah jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Selain jeruk, coba berikan si Kecil camilan buah segar tinggi vitamin C seperti jeruk Bali, tomat, dan jambu biji. Menambahkan air perasan lemon ke dalam teh juga ampuh redakan flu si Kecil.

6. Air Garam

Air garam juga umum digunakan sebagai obat flu anak 2 tahun yang alami dan aman. Sebab, garam bekerja membunuh bakteri dan virus yang tinggal di mulut dan tenggorokan.

Larutkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat. Minta anak berkumur dengan air garam sambil sedikit menengadahkan kepala dan tahan cairan di tenggorokan menggunakan pangkal lidah.

Contohkan dulu cara berkumur yang benar supaya si Kecil tidak tersedak. Setelah berkumur, minta anak pelan-pelan menundukkan kepala untuk membuang air kumurnya.

7. Air Putih Hangat

Saat flu, anak harus lebih sering minum air putih untuk menjaga kadar cairan tubuhnya.

Cairan tubuh yang cukup bisa membantu hidung dan mulut memproduksi cairan sekresi yang secara efektif menghilangkan bakteri dan virus saat batuk, bersin, dan bahkan hanya bernapas.

Minum air putih sering-sering juga membantu menyembuhkan selaput hidung yang pecah akibat peradangan dari flu sehingga bakteri tambahan tidak masuk ke dalam tubuh.

8. Sup Ayam Hangat

Memberikan sup ayam yang dimasak dengan ragam sayuran juga bisa jadi pilihan obat flu anak 2 tahun yang alami dan aman karena kaldu mengandung berbagai nutrisi penting. 

Menyeruput sup ayam hangat juga diteliti dapat memperlambat gerakan sel darah putih (neutrofil) yang bekerja menyembuhkan area tubuh tertentu yang terinfeksi.

9. Uap Air Hangat

Menghirup uap air hangat bantu melegakan hidung yang tersumbat karena flu. Berada di ruangan yang hangat juga bantu menurunkan demam anak yang kadang muncul menyertai gejala flu.

Siapkan wadah atau baskom berisi air panas. Lalu, minta si Kecil mendekatkan area wajahnya ke atas baskom tersebut sehingga uap hangatnya bisa dihirup. 

Mama juga dapat menyalakan shower air hangat lalu tutup pintu kamar mandi. Minta si Kecil duduk di kursi atau di atas closet tertutup untuk menghirup uap hangatnya.

Baca Juga: Flu Singapura pada Anak: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

10. Teh Daun Mint

Obat flu alami anak 2 tahun yang aman selanjutnya adalah daun mint. Kandungan mentol pada daun mint diketahui bekerja mirip seperti dekongestan.

Dekongestan serta daun mint dapat membantu mengencerkan lendir yang menyebabkan hidung si Kecil mampet akibat flu. 

11. Minyak Esensial

Beberapa contoh minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan flu anak secara alami adalah eucalyptus, peppermint, thyme, tea tree, dan chamomile

Mama dapat menuangkan beberapa tetes minyak esensial tersebut ke dalam diffuser, serta bathtub atau bak mandi berisi air hangat. 

12. Teh Echinacea

Berikutnya, obat flu alami anak 2 tahun adalah echinacea. Echinacea mengandung senyawa flavonoid yang bekerja dengan meningkatkan imunitas tubuh dan melawan infeksi. 

Selain itu, sejumlah penelitian juga menyebutkan echinacea dapat mengatasi flu dan mencegahnya muncul di kemudian hari. 

13. Cuka Apel

Cuka apel mengandung antibakteri, antioksidan, dan antipatogen sehingga dapat dijadikan sebagai obat flu anak 2 tahun yang ampuh.

Meski demikian, cuka apel harus dilarutkan dengan benar agar aman untuk anak kecil. Larutkan cuka apel dalam air hangat dengan perbandingan 1:5, lalu minta si Kecil berkumur.

Buang air bekas berkumur lalu berikan minum air putih hangat untuk membilas rasa asam kecutnya.

14. Teh Chamomile

Sudah pernah coba teh chamomile untuk mengatasi flu pada anak, Ma? 

Teh chamomile dipercaya dapat meredakan gejala flu, termasuk sakit tenggorokan, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh anak yang sedang sakit. 

15. Cuci Hidung

Gunakan saline spray atau neti pot yang berisi air garam untuk bantu mengencerkan ingus dan mengeluarkannya dari saluran hidung.

Pastikan hanya gunakan air suling, air steril, atau air keran yang telah direbus dan didinginkan sebelumnya untuk membilas hidung anak.

Cara ini dapat bantu melegakan hidung anak yang tersumbat saat flu, dan mungkin ikut membantu mengeluarkan kuman-kuman penyebab infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Baca Juga: Ciri-Ciri Anak Sehat dan Punya Imunitas Baik

Jika si Kecil sudah sembuh, ajak ke dokter untuk mendapatkan vaksin influenza sebagai langkah pencegahan infeksi flu kambuhan.

Jangan lupa juga terus berikan susu Nutrilon Royal 3 yang diperkaya dengan Double Biotics FOS:GOS dan DHA EPA lebih tinggi yang teruji klinis perkuat imunitas si Kecil.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika gejala flu anak tak kunjung sembuh meski sudah mengonsumsi berbagai obat alami di atas, bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang lebih tepat.

Mama juga perlu segera berkonsultasi ke dokter apabila flu si Kecil dibarengi dengan gejala sakit seperti:

  • Sulit bernapas. 
  • Kulit tubuhnya berubah menjadi keabu-abuan. 
  • Merasa sangat lemas.
  • Memperlihatkan ciri-ciri dehidrasi. 
  • Kejang. 

Ini karena pada beberapa kasus, penyakit flu dapat berlanjut menjadi infeksi yang lebih serius sehingga memerlukan perawatan di rumah sakit. 

Jika masih punya pertanyaan seputar kesehatan anak, tanyakan lebih lanjut kepada Nutriclub Expert Advisor yang siap 24/7 temani Mama tumbuhkan anak jadi pemenang di masa depan.

Jangan lupa, daftar di Nutriclub untuk mendapatkan konten eksklusif mengenai tips tumbuh kembang dan kesehatan anak langsung dari para expert.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. Jovinally, J. (2023, February 28). Cold and Flu Home Remedies. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/cold-flu/home-remedies#ginger
  2. Richards, L. (2020, April 6). Is apple cider vinegar an effective cold remedy? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/apple-cider-vinegar-for-colds#how-it-might-work
  3. WebMD. (2008, February 12). Children and the Flu. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/children-and-flu-influenza
  4. Morales-Brown, P. (2020, January 6). What are the benefits of chamomile tea? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320031#benefits
  5. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1063/penanganan-flu-pada-balita
  6. Colds (for Parents). (2020). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/cold.html
Artikel Terkait