Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
kembali-langsing-setelah-melahirkan_large
Kehamilan & Menyusui

Kembali Langsing Setelah Melahirkan

15 Januari 2020

Wajar bila bentuk tubuh Ibu berubah setelah melahirkan. Jika Ibu ingin kembali langsing, pastikan Ibu mengembalikan bentuk tubuh dengan cara yang sehat. Berikut adalah tips untuk Ibu kembali langsing dari Tim Ahli Nutriclub.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Cara terbaik mengembalikan bentuk tubuh adalah dengan berolahraga. Tapi jangan melakukan apa pun pada 6 minggu pertama setelah melahirkan normal atau 12 minggu setelah melahirkan dengan bedah caesar. Konsultasikan pada dokter apakah Ibu sudah siap secara fisik untuk memulai latihan-latihan tersebut.

Jangan lupa, tubuh Ibu memproduksi hormon khusus saat ibu hamil yang meregangkan ligamen dan sendi Ibu untuk memungkinkan janin tumbuh optimal juga memperbesar panggul agar siap saat melahirkan. Hormon tersebut mungkin masih ada dalam tubuh Ibu, dan Ibu akan lebih rentan terhadap cedera bila terlalu cepat aktif.

  • Mulailah dengan gerakan ringan seperti jalan kaki perlahan sambil mendorong kereta bayi. Tingkatkan kecepatan setelah beberapa sesi. 
  • Latihan penguatan dasar panggul yang dapat dilakukan di mana saja. 
  • Bila dokter Ibu sudah mengizinkan, cobalah latihan aerobik bertahap; ikut klub senam, menari-nari di rumah, jalan cepat atau berenang. 
  • Ajak bayi Ibu ketika melakukan senam ringan. Lakukan olahraga rutin mulai selama10 menit di antara rutinitas Ibu lalu meningkat menjadi 30 menit tiga kali seminggu.

Did you know?

”Ibu yang baru melahirkan akan kehilangan sekitar enam kilogram dari berat tubuhnya secara langsung. Ketahui selengkapnya di sini.“

Pola Makan Sehat

Pastikan Ibu mendapat nutrisi yang tepat. Bagaimanapun, selama Ibu mendapat nutrisi tepat dan tidak berdiet, Ibu dapat menurunkan lemak di dalam tubuh. Hal yang mungkin membantu penurunan berat badan adalah konsumsi makanan tinggi serat dan rendah lemak. Ganti biskuit dengan buah segar sebagai camilan. Hati-hati dengan gula yang terkandung di dalam minuman manis.

Baca Juga: Cara Merawat Diri Setelah Melahirkan

Menurunkan Berat Badan Dan Berolahraga Saat Menyusui

Bila Ibu menyusui si Kecil secara ekslusif, Ibu bisa dengan mudah menurunkan berat badan! Ibu tidak hanya menghilangkan lemak yang tertinggal tapi saat Ibu menyusui, tubuh Ibu menghasilkan hormon oksitosin yang akan membantu Ibu kembali fit seperti semula.

Berdiet pada masa menyusui bukan saat yang tepat. Ibu hanya akan kelelahan bila tidak makan dengan baik. Racun yang tersimpan dalam lemak tubuh akan dilepaskan ke aliran darah Ibu hingga mempengaruhi ASI.

Si Kecil juga mungkin tidak bisa mendapat semua nutrisi yang mereka butuhkan dari ASI. Ingat, jangan terlalu memaksakan diri, atau Ibu akan memiliki timbunan asam laktat di ASI Ibu dan hal itu tidak akan disukai si Kecil! Olahragalah setelah menyusui agar payudara Ibu tidak terlalu berat. Gunakan bra yang menopang payudara dengan baik untuk mempertahankan bentuk tubuh Ibu!

comment-icon comment-icon