Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
menyusui-bisa-membantu-ibu-langsing-kembali_large
Kehamilan & Menyusui

Menyusui Bisa Membantu Ibu Langsing Kembali

15 Januari 2020

Seperti apa yang Ibu ketahui selama ini, menyusui memiliki banyak sekali manfaat baik untuk bayi maupun bagi Ibu.

Pasca melahirkan mungkin Ibu merasa kurang percaya diri akibat bentuk tubuh yang mengalami banyak perubahan. Beruntung bagi Ibu yang menyusui karena ternyata aktivitas menyusui dapat membantu Ibu lebih cepat untuk langsing kembali.

Did you know?

”Selain memenuhi berbagai vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil, pemberian ASI juga bermanfaat baik untuk kesehatan Ibu. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP



ASI Bantu Mengembalikan Bentuk Tubuh Ibu
Menyusui akan membantu uterus Ibu berkontraksi dan kembali ke ukuran normal serta mempercepat pengeluaran darah. Dengan begitu, masa nifas Ibu akan menjadi lebih singkat.

Menurut Tim Ahli Nutriclub, salah satu keuntungan yang diperoleh Ibu yang sedang menyusui adalah dapat mengembalikan bentuk tubuh hingga seperti semula secara alamiah. Hal ini disebabkan ketika proses produksi air susu berlangsung akan banyak energi yang Ibu keluarkan.

Diet pada saat menyusui dengan hanya makan dua kali sehari sebenarnya bisa menimbulkan persoalan. Kehilangan berat badan secara drastis atau diet yang keras sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Mengonsumsi makanan ringan berukuran sedang sebanyak tiga kali mungkin lebih baik dan lebih membantu meningkatkan metabolisme. Hal ini selain bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah, juga mencegah timbulnya rasa perih di perut karena lapar.

Hal lain yang terbaik bagi Ibu yang baru melahirkan adalah mengikuti berat badan yang bertambah semasa hamil dan menurunkan secara bertahap setelah bersalin. Ibu yang baru melahirkan akan kehilangan sekitar enam kilogram dari berat tubuhnya secara langsung.

Dengan begitu, rahim Ibu akan kembali ke dalam ukuran semula, berat badannya akan berkurang lagi sekitar 2-3 kilogram. Beri kesempatan sekitar enam bulan untuk mengembalikan bentuk tubuh. Dan setelah itu, usahakan untuk menurunkan berat badan sekitar setengah kilogram setiap minggunya.

comment-icon comment-icon