Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

6 Tanda Kontraksi Palsu (Braxton Hicks) yang Ibu Perlu Tahu

Kesehatan

6 Tanda Kontraksi Palsu (Braxton Hicks) yang Ibu Perlu Tahu


Kontraksi palsu atau Braxton Hicks adalah kontraksi rahim sporadis yang umumnya terjadi pada trimester kedua atau ketiga, meskipun pada umumnya tidak semua Mama yang hamil mengalami kontraksi palsu.

Berapa lama kontraksi palsu terjadi sebelum melahirkan? Sebagian Mama yang hamil mengalami kontraksi palsu pada kehamilan trimester akhir dan hal ini menjadikan banyak orang panik karena rasanya yang mengganggu.

Lalu, bagaimana rasanya kontraksi palsu, ya? Kontraksi palsu atau Braxton Hicks biasanya tidak begitu terasa sakit dan justru mirip dengan kram menstruasi. Kontraksi ini terjadi sewaktu rahim Mama mengencang lalu mengendur lagi dan terjadi secara tidak beraturan. Menjelang akhir kehamilan Mama, rasa kontraksi palsu ini terasa sedikit lebih sakit, terutama bila janin sedang berubah posisi dengan kepala di bawah. Menyeramkan, ya, Bu?

Tapi, sebelum merasa cemas atau khawatir, simak informasi seputar ciri-ciri Braxton Hicks atau kontraksi palsu serta cara menghadapi gejala-gejalanya di bawah ini!

Apa Itu Kontraksi Palsu?

Kontraksi palsu atau yang dikenal dengan Braxton Hicks adalah kontraksi dengan pola tidak teratur yang kerap timbul saat kehamilan. Kontraksi ini sering muncul di trisemester kedua.

Ciri-ciri Kontraksi Palsu (Braxton Hicks)

Berikut adalah ciri-ciri kontraksi palsu atau tanda terjadinya kontraksi palsu Braxton Hicks untuk mempermudah Mama dalam mengenali jenis kontraksi yang akan Mama alami nanti, dan membedakannya dengan kontraksi sesungguhnya.

  1. Frekuensi kontraksi palsu tidak teratur, kadang muncul lalu hilang dalam tenggang waktu yang berbeda-beda.
  2. Kontraksi tidak diiringi rasa nyeri. Dimulai dari bagian atas rahim kemudian turun ke bagian bawah rahim.
  3. Rasa mulas terasa stabil, tidak bertambah kuat, atau berkurang dari sebelumnya.
  4. Rasa nyeri terjadi di perut bagian bawah, bukan di bagian atas adalah ciri-ciri kontraksi palsu.
  5. Rasa mulas terkadang terasa hingga di lipatan paha, tetapi tidak merambat ke pinggang seperti pada kontraksi asli.
  6. Kontraksi akan berkurang jika Mama berjalan kaki.

 

 

Did you know?

”Saat rahim berkontraksi, otot rahim Mama jadi merengang dan mengerut untuk membuat kepala si Kecil terdorong ke leher rahim dan bersiap lahir ke dunia. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Tips Menghadapi Kontraksi Palsu (Braxton Hicks)

  • Mengubah aktivitas atau posisi Mama . Kadang-kadang, berjalan sedikit bisa memberikan Mama sedikit perasaan nyaman dan mengurangi rasa yang mengganggu.
  • Lakukan check-up dengan rutin untuk mengenali perkembangan janin sesungguhnya, sehingga Mama tahu dengan jelas kapan seharusnya Mama mendapatkan kontraksi yang asli.
  • Ibu dapat mandi dengan menggunakan air hangat untuk membantu tubuh Mama rileks.
  • Cobalah minum beberapa gelas air, karena kontraksi ini kadang-kadang dapat disebabkan oleh dehidrasi.
  • Cobalah latihan relaksasi pernafasan Mama. Cara ini tidak akan menghentikan kontraksi Braxton Hicks, tetapi dapat membantu Mama mengatasi ketidak nyamanan.

Demikian informasi lengkap mengenai ciri-ciri serta tips saat menghadapi kontraksi palsu. Pada dasarnya, situasi memanglah mengganggu. Namun, selagi melewatinya, jangan sampai Mama justru cemas dan tidak memperhatikan kesehatan mental dan juga fisik Mama dan janin.

Jagalah Kesehatan Mama dari Hamil hingga Melahirkan

Untuk kesehatan fisik, optimalkan perkembangan janin di dalam kandungan serta jaga kesehatan Mama dengan memenuhi kebutuhan nutrisi lewat makanan dan minuman yang baik dan sehat. Beberapa produk yang dapat dijadikan asupan nutrisi tambahan di masa kehamilan dan setelahnya adalah Lactamil Pregnasis dan juga Lactamil Lactasis.

Keduanya diperkaya formula ACTIDuobio+ yang bukan hanya memastikan rasa yang lezat, tapi kandungan nutrisi yang bermanfaat. Beberapa kandungan yang ada pada tiap produk antara lain:

  • Lactamil Pregnasis: inulin (tingkatkan asupan serat), rendah lemak, tinggi asam folat (jaga kesehatan syaraf otak janin), omega-6 (tingkatkan perkembangan otak janin), zat besi (untuk hindari anemia serta preterm birth/kelahiran prematur), vitamin D (maksimalkan penyerapan manfaat kalsium, baik untuk Mama dan janin).
  • Lactamil Lactasis: sari daun katuk (dipercaya tingkatkan kualitas ASI), omega-6 (bantu perkembangan otak buah hati saat pemberian ASI), tinggi kalsium (cegah risiko tulang rapuh pada Mama dan dukung pertumbuhan tulang si Kecil).

comment-icon comment-icon