Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

jika-ibu-hamil-nyeri-di-selangkangan
Untuk Mama

Penyebab Nyeri Selangkangan saat Hamil Trimester 3

10 Februari 2020

Di usia kehamilan trimester 3, banyak Mama mengalami nyeri di selangkangan dan semakin terasa ketika menggerakkan kaki atau ketika bangkit dari posisi duduk.

Menurut Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG, nyeri selangkangan saat hamil trimester 3 yang sering dikenal pula dengan istilah lightning crotch biasanya disebabkan oleh kondisi yang disebut Symphysis Pubis Dysfunction (SPD). Hal ini terjadi karena pelepasan hormon relaksin yang jumlahnya akan maksimal pada usia kandungan trimester 3 (38-42 minggu), yang mengakibatkan pelunakan dan merenggangnya tulang panggul.

Nyeri selangkangan saat hamil trimester 3 ini mengakibatkan terbentuknya celah pada sambungan tulang. Selain itu, kondisi kepala janin yang sudah mulai memasuki jalan lahir menyebabkan adanya tekanan pada sambungan tulang yang menimbulkan rasa sakit ketika berjalan, berdiri untuk waktu yang lama, naik tangga dan membalikkan badan saat tidur.

Gejala dari SPD yang Biasanya Muncul, Antara Lain:

  • Kejang otot pada daerah panggul
  • Terdapat rasa sakit yang tajam di daerah vagina, perineum, atau rektum
  • Terdapat sakit di daerah pinggul atau panggul

Rasa sakit yang muncul bisa ringan hingga terasa sangat sakit. Bila dibiarkan lama kelamaan dapat semakin buruk kondisinya. Beberapa aktivitas yang membuat kondisinya semakin buruk yaitu: 

  • Naik turun tangga
  • Sedang menjalani pengobatan
  • Sering membawa barang berat
  • Transisi dari duduk ke berdiri

Yang perlu Mama ketahui, SPD bukanlah masalah medis, namun rasa sakit yang muncul sementara waktu di masa kehamilan. Kondisi ini tidak menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan Mama atau bayi yang ada dalam kandungan. Gejala SPD bisa hilang tak lama setelah Mama melahirkan.

Penyebab Nyeri Selangkangan pada Ibu Hamil

1. Pergerakan bayi

Pertumbuhan dan pergerakan bayi bisa menjadi penyebab nyeri selangkangan pada Ibu hamil. Pergerakan bayi dapat menyebabkan adanya tusukan di selangkangan hingga vagina Mama.

2. Nyeri pada ligamen

Salah satu penyebab nyeri selangkangan pada Ibu hamil adalah nyeri pada ligamen. Pita-pita keras yang dapat menghubungkan tulang dengan tulang di dalam tubuh manusia disebut dengan ligamen. Tubuh, khususnya perut yang semakin membesar akan memberikan tekanan pada tubuh manusia.

3. Perubahan Hormon

Selangkaan Ibu hamil sakit saat hamil bisa disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Saat hamil, tubuh memproduksi hormon relaksin yang berfungsi untuk membuat jaringan penyokong otot di sekitar panggul lebih relaks dan merenggang. Perenggangan tersebut yang dapat memicu rasa sakit di selangkangan saat Mama hamil.

Untuk mengurangi keluhan cobalah beberapa hal berikut ini:

  1. Salah satu cara mengatasi nyeri tulang selangkangan pada Ibu hamil trisemester ketiga adalah dengan tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan
  2. Hindari berdiri, jongkok dan berjalan terlalu lama
  3. Duduklah ketika melakukan pekerjaan yang terlalu lama
  4. Jangan mengangkat dan menjinjing benda berat
  5. Jangan melakukan gerakan melompat atau membuka kaki terlalu lebar
  6. Tekuk lutut dan rapatkan kedua kaki ketika hendak naik dan turun dari tempat tidur.
  7. Lakukanlah olahraga khusus untuk hamil seperti pregnancy pilates dan pregnancy fitness

Walaupun rasa sakit di selangkangan adalah hal yang wajar, namun ada baiknya jika Mama ke dokter, konsultasikanlah hal ini, sehingga jika ada hal yang tidak diinginkan dapat segera diatasi.

Baca Juga: Tips Menxgatasi Pegal-pegal Selama Kehamilan

Untuk mengurangi keluhan cobalah beberapa hal berikut ini:

  • Salah satu cara mengatasi nyeri tulang selangkangan pada Ibu hamil trisemester ketiga adalah dengan tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan
  • Hindari berdiri, jongkok dan berjalan terlalu lama
  • Duduklah ketika melakukan pekerjaan yang terlalu lama
  • Jangan mengangkat dan menjinjing benda berat
  • Jangan melalukan gerakan melompat atau membuka kaki terlalu lebar
  • Tekuk lutut dan rapatkan kedua kaki ketika hendak naik dan turun dari tempat tidur.
  • Lakukanlah olahraga khusus untuk hamil seperti preganancy pilates dan preganancy fitness

Walaupun rasa sakit di selangkangan adalah hal yang wajar, namun ada baiknya jika Ibu ke dokter, konsultasikanlah hal ini, sehingga jika ada hal yang tidak diinginkan dapat segera diatasi.

Baca Juga: Cara Atasi Ambeien Saat Hamil

Kapan Harus ke Dokter?

Konsultasikan pada dokter kepercayaan Mama terkait semua kondisi yang dialami selama kehamilan, termasuk ketika ada rasa sakit dan nyeri muncul.  

Walaupun rasa sakit di selangkangan adalah hal yang wajar, namun ada baiknya jika Mama ke dokter, konsultasikanlah hal ini, sehingga jika ada hal yang tidak diinginkan dapat segera diatasi.

Mama juga dapat mengurangi rasa khawatir Mama dari berbagai mitos yang muncul saat hamil, melalui tool Mitos Kehamilan, Nutriclub membantu Mama untuk dapat membedakan mitos dan fakta selama Mama dalam masa kehamilan.

Nutriclub bisa bantu Mama mengetahui potensi terjadinya persalinan caesar berdasarkan faktor risiko yang Mama miliki. Tes Potensi Caesar adalah tool yang bisa Mama klik di sini, untuk mengetahui apakah persalinan Mama yang akan datang berpotensi menjadi persalinan Caesar atau tidak.

Selain itu, Mama juga bisa pelajari informasi selengkapnya seputar persiapan melahirkan caesar agar Mama agar lebih siap merawat si Kecil yang lahir Caesar dengan mengunduh e-book ini secara gratis. Semoga bermanfaat, ya Ma!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama

https://www.medicalnewstoday.com/articles/groin-pain-pregnancy#seeing-a-doctor

Artikel Terkait
floating-icon