Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

3 Langkah Mudah Agar si Kecil Tidur Nyenyak

Rutinitas Anak

3 Langkah Mudah Agar si Kecil Tidur Nyenyak


Adalah hal yang normal jika Mama dan Papa kerap susah tidur di malam hari karena mengkhawatirkan si Kecil. Apakah ia dapat tidur dengan lelap? Apakah posisi tidurnya sudah benar dan nyaman?

Agar tidak khawatir sepanjang waktu, dan guna mencegah risiko terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS) yang, meski kemungkinannya kecil, dapat dipengaruhi oleh kondisi tidur bayi, yuk perhatikan cara bayi tidur nyenyak berikut ini.1 (hal 2)

Cara agar Bayi Tidur Nyenyak

 

1. Sediakan tempat tidur khusus untuk si Kecil

The American Academy of Pediatrics menganjurkan cara agar bayi tidur nyenyak bersama Mama dan Papa hingga usianya enam bulan atau lebih baik lagi, hingga satu tahun. Sediakan tempat khusus untuknya tidur, misalnya dengan keranjang bayi atau boks yang dipasang menempel di sisi tempat tidur Mama dan Papa.

Sebaiknya hindari menaruh si Kecil untuk tidur di kasur Mama dan Papa karena napasnya dapat terganggu oleh keberadaan kalian. Hal itu tentu berbahaya, terlebih jika Mama atau Papa merupakan seorang perokok atau sedang sakit dan dalam pengobatan tertentu.1 (hal 2-3), 2 (hal 1)

2. Pastikan posisi tidur dan suhu ruangan yang baik untuk si Kecil

Selalu posisikan si Kecil agar tidur dalam kondisi terlentang dengan posisi kaki yang benar sesuai boks atau keranjang tidurnya. Jangan tutupi kepalanya dengan benda apapun ya, Ma. Tips agar bayi tidur nyenyak dan nyaman, Mama bisa pastikan suhu kamarnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin ya, Ma. Selanjutnya, pastikan si Kecil sudah memakai baju yang sesuai dengan suhu ruangan tersebut saat ia tidur, agar ia tidak merasa terlalu dingin atau terlalu panas akibat baju yang terlampau tebal.1 (hal 2-3), 3 (hal 2)

3. Pastikan kenyamanan dan keamanan tempat tidur si Kecil

Salah satu cara agar bayi tidur nyenyak adalah dengan mengutamakan kenyamanannya. Tempatkan si Kecil di dalam keranjang, boks atau kursi goyang bayi dengan kasur yang baru dan bersih. Pastikan tidak ada celah antara ranjang dan kasur untuk mencegah si Kecil jatuh dan terhimpit.  Untuk menyelimuti tubuh si Kecil, gunakan selimut berbahan fitted bottom sheet atau katun yang nyaman untuknya.

Hindari penggunaan bumper pada boks dan keranjang bayi, bantal  atau selimut tebal karena dapat mengganggu napas si Kecil. Nah, hal yang tak kalah penting adalah jangan meletakkan mainan atau boneka di dalam keranjang tidur si Kecil ya, Ma. Jika si Kecil mulai dapat duduk atau berdiri, pastikan ia tidak akan menarik mainan-mainan tersebut ke dalam keranjang atau tempat tidurnya.4 (hal 1-2)

Jika Mama ingin mengetahui lebih banyak tentang tips agar bayi tidur nyenyak, manfaat, dan pola tidur si Kecil, download e-booknya di sini yuk!

  1. Higuera V. What is the best room temperature for baby? [Internet]. 2020 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.healthline.com/health/baby/room-temperature-for-baby#:~:text=Keeping%20your%20baby's%20room%20cool,%C2%B0%20to%2022.2%C2%B0C)
  2. American Thoracic Society. Sleep in infants. Am J Respir Crit Care. 2018;198:15-16.
  3. American Academy of Pediatrics. Safe sleep: recommendations [Internet]. Itasca: AAP; 2021 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.aap.org/en-us/advocacy-and-policy/aap-health-initiatives/safe-sleep/Pages/Safe-Sleep-Recommendations.aspx
  4. American Academy of Pediatrics. Make baby’s room safe: parent checklist [Internet]. Itasca: AAP; 2020 [cited 2021 June 13]. Available from: https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-home/Pages/Make-Babys-Room-Safe.aspx
comment-iconcomment-icon