Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Bagaimana Cara Menenangkan Bayi yang Rewel di Malam Hari?

Psikologis

Bagaimana Cara Menenangkan Bayi yang Rewel di Malam Hari?


Sejak lahir hingga usia 6 bulan, Si Kecil sering kali rewel pada malam hari. Setelah itu Si Kecil biasanya sudah bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk itu, Mama perlu tahu mengapa dan bagaimana cara menenangkan Si Kecil yang rewel pada malam hari?

Menangis atau rewel adalah cara Si Kecil berkomunikasi dengan Mama. Awalnya mungkin Mama akan merasa bingung dengan maksud dari tangisan Si Kecil. Sebenarnya, menangis atau rewel di malam hari ini merupakan hal yang wajar dialami oleh Si Kecil, selama Si Kecil tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kesakitan dan Mama perlu mengetahui cara menenangkan si Kecil yang rewel. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab Si Kecil sering rewel pada malam hari dan cara menenangkannya agar Mama pun dapat beristirahat dengan tenang.

Penyebab dan Cara Menenangkan Si Kecil yang Rewel pada Malam Hari

  1. Kelaparan
    Kelaparan adalah penyebab paling sering Si Kecil rewel pada malam hari. Si Kecil yang merasa lapar akan menunjukkan keinginannya untuk menyusu pada Mama dengan menangis. Mama juga dapat memperhatikan gesture Si Kecil. Sering menjilat bibirnya adalah tanda Si Kecil sedang lapar.

    Cara menenangkan si Kecil yang rewel akibat lapar:
    Pada awal kehidupan tiga bulan pertama Si Kecil, ASI hampir selalu diberikan tiap 2-3 jam. Ketika ia lapar, si Kecil akan tampak rewel, Mama wajib memberikan ASI kepada Si Kecil untuk menenangkan si Kecil. Namun, apabila dalam rentang waktu itu Si Kecil menangis atau rewel lagi, maka Mama dapat memberikan ASI lagi sebagai penanganan rewelnya.

  2. Kelelahan
    Respons Si Kecil apabila kelelahan adalah dengan menangis atau rewel. Hal ini berbeda dengan orang dewasa yang dapat langsung tidur. Si Kecil dapat merasakan kelelahan apabila terlalu banyak menerima stimulasi, seperti banyak orang yang mengunjunginya, atau terlalu sering diajak bermain.

    Cara menenangkan si Kecil yang rewel akibat kelelahan:
    Untuk menenangkan si Kecil yang rewel akibat lelah, Mama dapat menggendong Si Kecil dan menenangkannya di ruangan yang sepi dengan musik yang lembut selagi menyusuinya, sehingga Si Kecil dapat merasakan kehadiran Mama di sampingnya. Mama juga dapat mengurangi stimulasi pada siang hari agar Si Kecil tidak kelelahan.

  3. Kolik
    Kolik merupakan salah satu penyebab Si Kecil menangis atau rewel pada malam hari. Kolik sering terjadi pada Si Kecil yang berumur kurang dari 3 bulan. Si Kecil yang mengalami kolik seringkali menangis terus menerus secara intens hingga 3 jam dengan nada yang tinggi, dan dapat terjadi lebih dari 3 kali dalam seminggu. Saat Si Kecil berusia lebih dari 3 bulan, kolik biasanya akan mereda dengan sendirinya. Penyebab kolik biasanya karena adanya gangguan pada saluran cerna, seperti adanya udara yang tertelan dan menyebabkan penumpukan gas di lambung yang didominasi oleh nitrogen dan oksigen. Selain itu, kolik bisa dikarenakan Si Kecil sensitif terhadap protein tertentu yang ada dalam susunya, atau dikarenakan Si Kecil yang lapar.

    Cara menenangkan si Kecil yang rewel akibat kolik:
    Untuk si Kecil yang rewel akibat kolik, Mama bisa menenangkan rewelnya dengan memberikan ASI pada Si Kecil di tempat yang tenang dengan cahaya lampu temaram, bila perlu Mama dapat menghidupkan musik yang lembut. Setelah memberikan ASI, Si Kecil dapat ditepuk-tepuk punggungnya agar sendawa untuk mengeluarkan gas dari saluran cerna. Apabila Si Kecil sangat rewel dan berlangsung cukup lama, sebaiknya Mama juga membawanya ke dokter agar dapat dicari tahu penyebab koliknya secara pasti.

  4. Popok yang tidak segera diganti
    Popok yang tidak segera diganti dan basah akan menyebabkan ketidaknyamanan untuk Si Kecil dan mengganggu tidurnya. Terlebih apabila Si Kecil mempunyai iritasi kulit di daerah pemakaian popok.

    Cara menenangkan si Kecil yang rewel akibat popok yang belum diganti:
    Mama dapat mengecek popok Si Kecil sebelum tidur dan membersihkan daerah yang dilindungi popok agar tidak terjadi iritasi. Segera ganti dengan popok yang bersih agar Si Kecil merasa nyaman.2 Mengganti popok si Kecil akan menenangkan rewelnya.

  5. Ingin bergerak dan bermain
    Si Kecil yang rewel pada malam hari juga bisa dikarenakan Si Kecil merasa bosan dan ingin bermain dengan Mama.

    Cara menenangkan si Kecil yang rewel akibat ingin bermain:
    Walau Mama merasa mengantuk, sebisa mungkin menemani Si Kecil dengan permainan sederhana, seperti cilukba, tepuk tangan, dan bercerita kepada Si Kecil. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan kemudian tertidur. Untuk menenangkan si Kecil yang rewel ini, Mama juga bisa memberikan suara-suara konstan, seperti menyanyikan lagu tidur, yang biasanya membuat Si Kecil nyaman dan tertidur.

  6. Merasa tidak enak badan
    Apabila Si Kecil merasa tidak enak badan, Si Kecil akan menangis dengan nada yang berbeda dari biasanya. Bisa terdengar lebih lemah, terus menerus, atau bernada tinggi. Penyebab paling sering adalah ketika Si Kecil tumbuh gigi.

    Cara menenangkan si Kecil yang rewel akibat tidak enak badan:
    Mama dapat menggendong bayi dan berayun perlahan untuk menenangkan Si Kecil yang rewel. Apabila Mama merasakan badan Si Kecil demam (dapat diraba di bagian perut dan belakang leher), Mama dapat langsung mengukur suhunya dan memberikan ASI agar Si Kecil tidak kekurangan cairan.

Nah, itu lah, Ma, beberapa penjelasan mengenai cara menenangkan Si Kecil yang rewel di malam hari. Tentunya cara Mama menenangkan si Kecil yang rewel tergantung dari penyebab yang membuat Si Kecil rewel pada malam hari. 

Selanjutnya, bila Mama ingin tahu bagaimana langkah tepat penanganan Si Kecil saat demam, Mama bisa segera cek di tautan berikut ini: https://www.nutriclub.co.id/health-immune-checker

Referensi:

  1. American Academy of Pediatrics. How to Calm a Fussy Baby: Tips for Parents & Caregivers [Internet]. Illinois: American Academy of Pediatrics - Healthychildren.org; 2022 [Updated 2022; cited 2022 April 1]. Available from: https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/crying-colic/Pages/Calming-A-Fussy-Baby.aspx

  2. Lewsley J. Seven reasons babies cry and how to soothe them [Internet]. Baby Centre; 2022 [updated 2022; cited 2022 April 1]. Available from: https://www.babycentre.co.uk/a536698/seven-reasons-babies-cry-and-how-to-soothe-them

  3. Levine H. Why is My Baby Crying [Internet]. New York: WebMD; 2021 [Updated 2021; cited 2022 April 1]. Available from: https://www.webmd.com/parenting/baby/why-baby-cries#1

  4. Suraatmaja S. Kapita Selekta Gastroenterologi Anak. Jakarta: Sagung Seto; 2010.

comment-icon comment-icon