Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

10 Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas dan Punya Daya Tahan Tubuh Kuat

Nutrisi

10 Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas dan Punya Daya Tahan Tubuh Kuat


Perlu Mama pahami bahwa kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak yang optimal tidak hanya diperlukan pada usia perkembangan balita, tapi juga setelahnya, yakni usia 6-9 tahun. Anak memerlukan nutrisi otak agar anak cerdas. Selain itu, nutrisi yang baik dapat meningkatkan daya pikir anak, menjaga berat badan ideal, memberikan energi untuk anak beraktivitas setiap harinya, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah beragam penyakit yang dapat timbul akibat defisiensi zat gizi.

Pentingnya Mengetahui Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas

Nutrisi yang perlu Mama berikan pada anak dibagi menjadi makronutrisi, yaitu  karbohidrat, protein, serta lemak, dan mikronutrisi yang juga tidak kalah penting, yaitu vitamin dan mineral. Beragam nutrisi ini bisa didapatkan dari sumber makanan-makanan yang sehat dan padat gizi.2,3,4 Yuk, Ma, simak 10 rekomendasi nutrisi otak agar anak cerdas!

10 Rekomendasi Nutrisi Otak Anak

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber makanan utama yang akan diproses tubuh untuk dijadikan energi. Sebagai makanan pokok, asupan karbohidrat baik untuk anak sebesar 45-55% dari total kebutuhan energi/hari. Karbohidrat sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki susunan kimia yang lebih rumit, mengandung serat, vitamin, serta mineral yang lebih tinggi sehingga memerlukan lebih banyak waktu untuk dicerna oleh tubuh. Karbohidrat simpleks umumnya ditemukan pada nasi putih dan makanan-makanan manis yang mengandung gula. Sedangkan karbohidrat kompleks didapatkan dari nasi merah, roti gandum, sereal gandum, quinoa, dan sayuran.5

2. Protein

Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan memperbaiki beragam organ dan jaringan, termasuk otak dan juga sel-sel imun tubuh. Asupan protein yang dibutuhkan oleh anak sebesar 20-25% dari total kebutuhan energi/hari. Supaya kebutuhan protein anak tercukupi, ada beberapa sumber makanan yang bisa Mama berikan. Mulai dari protein hewani yang berasal dari hewan, seperti telur, keju, susu, ikan daging ayam, daging sapi, dan udang. Serta protein nabati yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan yaitu kacang-kacangan dan brokoli.6

3. Lemak

Lemak dengan jenis dan jumlah yang tepat sangat baik untuk anak. Asupan lemak yang dibutuhkan anak sebesar 30-35% dari total kebutuhan energi/hari. Lemak dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, selain itu itu lemak juga dapat membantu penyerapan berbagai jenis vitamin agar lebih baik. Asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6, tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Kedua zat ini dapat meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah penyakit kronis akibat inflamasi lainnya. Asam lemak esensial ini bisa didapatkan dari daging ikan salmon, minyak jagung, dan kacang kedelai.7

4. Kalsium

Anak-anak membutuhkan kalsium untuk mendukung kesehatan tulang, saraf, jantung dan otot. Kita hanya memiliki satu kali kesempatan untuk membentuk tulang yang sehat dan kuat. Kalsium bisa didapatkan dari susu, yogurt, edamame, brokoli, kacang almon, dan keju.8

5. Zat Besi 

Nutrisi otak agar anak cerdas adalah zat besi di mana senyawa ini merupakan mineral pembentuk hemoglobin, yaitu bagian dari sel darah merah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi berperan penting dalam mendukung kerja sistem imun tubuh dan meredakan inflamasi. Kurangnya zat besi dapat menimbulkan penyakit anemia. Zat besi bisa didapatkan dari daging, hati ayam, bayam, tahu, kacang-kacangan, dan sereal yang sudah difortifikasi.9,10 

6. Asam Folat 

Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Asam folat dapat menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan mengurangi risiko kelainan kongenital pada anak. Asam folat bisa didapatkan dari hati, sayuran hijau seperti bayam, gandum, dan jeruk.11

7. Serat

Serat dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan anak, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker di kemudian hari. Makanan yang mengandung serat bisa didapatkan dari oatmeal, roti gandum, buah-buahan seperti apel, pir, dan pisang.12

8. Vitamin A

Vitamin A berperan penting untuk penglihatan anak dan mencegah terkena penyakit infeksi. Defisiensi vitamin A dapat menimbulkan penyakit rabun senja. Makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah wortel, kentang, bayam, brokoli, minyak ikan, dan kuning telur.4

9. Vitamin C

Vitamin C sudah terbukti dapat meningkatkan kinerja sistem imun tubuh dan membantu penyerapan zat besi. Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat mengurangi durasi dan gejala penyakit flu serta mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C dapat ditumakan pada jeruk, jambu, stroberi, dan mangga.13

10. Zink

Terakhir, nutrisi otak agar anak cerdas adalah zink yang punya peran pada lebih dari 70 enzim yang ada di dalam tubuh untuk menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, metabolisme, dan pertumbuhan anak. Anak yang kekurangan zink akan mengalami hambatan dalam pertumbuhan. Zink bisa didapatkan dari daging, kerang, kacang-kacangan, produk susu, dan telur.14 

Yuk, tingkatkan kecerdasan otak anak dengan berikan nutrisi otak dan menjaga daya tahan tubuh anak! Cek tools yang disediakan oleh Nutriclub di bawah ini.

  1. Vegetable Lot · Free Stock Photo [Internet]. Pexels; 2021 [updated 2021; cited 2021 Aug 10]. Available from: https://www.pexels.com/search/nutrition/. Figure 1.
  2. American Academy of Family Physicians. Nutrition Tips for Kids [Internet]. Leawood: American Academy of Family Physicians; 2000 [updated 2000; cited 2021 Aug 10]. Available from: https://familydoctor.org/nutrition-tips-for-kids/
  3. CDC. Childhood Nutrition Facts [Internet]. Atlanta: CDC; 2021 [updated 2021; cited 2021 Aug 10]. Available from: https://www.cdc.gov/healthyschools/nutrition/facts.htm
  4. Billch KA. 9 Must-Eat Nutrients for Children [Internet]. New York: Parents; 2005 [updated 2005; cited 2021 Aug 10] Available from: https://www.parents.com/kids/nutrition/healthy-eating/must-eat-nutrients/
  5. Kidshealth. Learning About Carbohydrates (for Kids) [Internet] Wilmington: Nemours Kidshealth; 2017 [updated 2017; cited 2021 Aug 10] Available from: https://kidshealth.org/en/kids/carb.html
  6. MayoClinic Staff. What nutrients does your child need now? [Internet]. Rochester: MFMER; 2021. [updated 2021; cited 2021 Aug 10] Available from: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335  
  7. Hudson N. Essential fatty acids in your child’s diet [Internet]. San Fransisco: BabyCenter; 2019 [updated 2019; cited 2021 Aug 10] Available from: https://www.babycenter.com/toddler/feeding/essential-fatty-acids-in-your-childs-diet_10324690
  8. Kidshealth. Calcium (for Parents) - Nemours Kidshealth [Internet]. Wilmington: Nemours Kidshealth; 2021 [updated 2021; cited 2021 Aug 10] Available from: https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html
  9. Kidshealth. Iron (for Parents) - Nemours Kidshealth [Internet]. Wilmington: Nemours Kidshealth; 2017 [updated 2017; cited 2021 Aug 10] Available from: https://kidshealth.org/en/parents/iron.html
  10. Nairz M, Weiss G. Iron in infection and immunity. Mol Aspects Med. 2020 Oct 1;75:100864. 
  11. US Preventive Services Task Force, Bibbins-Domingo K, Grossman DC, Curry SJ, Davidson KW, Epling JW, et al. Folic Acid Supplementation for the Prevention of Neural Tube Defects: US Preventive Services Task Force Recommendation Statement. JAMA. 2017 Jan 10;317(2):183. 
  12. Shaw G. A Nutritionist Speaks: How to Promote Your Child’s Digestive Health [Internet]. New York: WebMD; 2012 [updated 2012; cited 2021 Aug 10]. Available from: https://www.webmd.com/children/features/digestive-health
  13. Kidshealth. Vitamins (for Kids) - Nemours Kidshealth [Internet] Wilmington: Nemours Kidshealth; 2017 [updated 2017; cited 2021 Aug 10].Available from: https://kidshealth.org/en/kids/vitamin.html
  14. West H. The 10 Best Foods That Are High in Zinc [Internet]. San Fransisco: Healthline; 2018 [updated 2018; cited 2021 Aug 10]. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/best-foods-high-in-zinc
comment-iconcomment-icon