Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Stimulasi dan Tumbuh Kembang

Bagaimana mengasah kreativitas Balita

Biarkan si Kecil bermain dengan cara dan gayanya sendiri, Mama jangan membatasinya dalam bereksplorasi. Berikan kebebasan dan dukung si Kecil untuk mencoba berbagai cara dan ide dalam melakukan kegiatannya. Aktivitasnyalah yang menjadi perhatian utama, bukan hasil akhirnya. Namun, tetap harus dalam pengawasan orang tua ya.

Drama

Sering kali si Kecil mengambil suatu benda, dan menganggapnya sebagai hal lain. Sebuah balok bisa menjadi kapal, makanannya bisa menjadi bentuk binatang, dan sebagainya. Permainan seperti ini melatih imajinasinya. Permainan drama ini juga membantu si Kecil menggunakan sisi kreativitasnya dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah. Dukung si Kecil dengan memberikan ide-ide baru dalam bermain, atau cukup dengan bermain serta mengikuti alur cerita yang dibuatnya. Mama juga bisa mendongeng sebelum tidur untuk melatih imajinasinya.

Seni Visual

Menggambar dengan jari, mewarnai, menyobek atau melipat kertas adalah aktivitas yang menyenangkan untuk si Kecil. Aktivitas ini dapat membantunya:

- Terbiasa dengan tekstur baru.

- Belajar menggunakan warna dan kertas

- Melatih berbagai kemampuan motoriknya

- Mengekspresikan pikiran, ide, dan pengalaman si Kecil lewat karya mereka.

Dengan memberikan berbagai alat yang diperlukan seperti pensil, kertas dan cat, serta ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan karyanya bisa membantu si Kecil dalam bereskplorasi.

Musik

- Lagu dan musik adalah bentuk ekspresi diri yang baik. Bernyanyi bisa melatih si Kecil dalam menggunakan kata-kata, dan membantunya mengingat kata-kata baru.

- Si Kecil juga bisa menambahkan gerakan-gerakan menarik saat Mama bernyanyi bersama mereka, dan menambahkan kata-kata yang mereka ingat.

- Berikan variasi lagu untuk membantu si Kecil berekspresi, dan ajak si Kecil ikut serta dalam menyebutkan beberapa kata dalam lagu tersebut. Akan ada banyak kejutan yang si Kecil bisa berikan dalam bernyanyi bersama Ibu.

Menari

Dengan musik, si Kecil akan mulai menggerakkan tubuhnya dan menari tanpa perlu Ibu minta. Bahkan kadang si Kecil menari tanpa memperhatikan keadaan sekitar. Faktanya, si Kecil bisa mengeksplorasi imajinasi, pikiran dan respon mereka terhadap musik dan lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, si Kecil bisa melatih kemampuan motoriknya, termasuk koordinasi mata dan tangannya. Ibu bisa membantu si Kecil dengan mengajak dia untuk berjalan, meloncat, dan bergoyang untuk merespon musik atau kata-kata tertentu.

Bagaimana Cara Melatih Mental Tangguh Anak Agar Menjadi Mandiri dan Berani

- Biarkan Si Kecil Menentukan Pilihan

Cara melatih mental tangguh yang pertama adalah dengan cara membiarkan si Kecil untuk menentukan pilihan. Anak yang pemberani dan memiliki mental tangguh adalah anak yang dapat menentukan pilihannya sendiri dan dapat memecahkan masalah. Jika Mama ingin si Kecil menjadi mandiri dan berani, Mama harus membiarkan si Kecil menentukan pilihan.

Si Kecil belum bisa memilih hal-hal rumit, Mama bisa memberikan pilihan menu makan apa yang si Kecil inginkan untuk makan siang atau baju apa yang ingin dipakai ketika ingin bepergian.

- Ajarkan Kemampuan Sosial Pada si Kecil

Alasan mengapa si Kecil menjadi anak yang penakut dan tidak mandiri adalah karena si Kecil tidak mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Si Kecil membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa berinteraksi dengan orang asing selain keluarganya. Oleh karena itu, Mama harus mengajarkan si Kecil dasar-dasar kemampuan sosial agar si Kecil menjadi lebih berani.

Mama bisa mengajak si Kecil ke supermarket dan perintahkan si Kecil untuk membayar barang belanjaan di kasir. Selain itu, Mama juga bisa mengajak si Kecil bermain dengan anak teman dari Mama yang memiliki usia yang sama.

- Memberikan Contoh Secara Langsung

Cara melatih mental tangguh anak yang cukup efektif adalah dengan cara memberikan contoh secara langsung. Si Kecil belajar dengan efektif dengan cara meniru sikap dan perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, Mama bisa melatih si Kecil memiliki mental tangguh dan pemberani dengan cara mencontohkan hal-hal sederhana kepada si Kecil.

Sebagai contoh, jika Si Kecil takut berenang, Mama bisa mulai menyelam di air untuk menunjukan bahwa tidak ada yang harus ditakuti saat berenang. Ketika Si Kecil sudah melihat contoh yang baik dari Mama nya, si Kecil akan menjadi lebih berani.

- Ajarkan si Kecil untuk Mengekspresikan Perasaan

Salah satu cara melatih mental tangguh si Kecil adalah dengan cara mengajarkan dan membiarkan si Kecil untuk dapat mengekspresikan perasaannya. Layaknya orang dewasa, si Kecil juga bisa merasakan berbagai macam emosi seperti bahagia,

- Memberikan Kepercayaan Diri Pada Anak

Agar mental anak memiliki mental Tangguh dan berani, Mama harus memberikan kepercayaan diri pada Anak. Mama bisa tanamkan mindset bahwa si Kecil bisa melewati berbagai rintangan jika si Kecil berani untuk mencoba. Sebaiknya, Mama sebagai orang tua menghindari mengatakan kepada si Kecil bahwa si Kecil melakukan beberapa hal karena akan menurunkan kepercayaan diri si Kecil.

Mama juga bisa menemani si Kecil pergi ke ulang tahun untuk pertama kalinya agar si Kecil merasa aman dan berani untuk datang.

Anakku gampang bosen apabila dikasih aktivitas baru dan dia gampang menyerah.

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda. Ketika anak bosan, bisa dikarenakan anak sudah siap dengan hal baru lainnya atau bisa dia butuh situasi baru.

Jika anak bosan, jangan berfikir hal ini merupakan hal yang negatif karena ketika anak dewasa nanti anak sudah terbiasa berfikir hal yang baru. Biarkan anak memiliki ruang bosannya sehingga menemukan hal yang ia sukai.

Namun untuk situasi di sekolah, anak akan sedikit sulit untuk diberikan intruksi maka orang tua bisa mencari cara yang tepat untuk mengatasinya seperti memberikan intruksi kepada anak untuk mengambil suatu.

Orang tua harus menemukan pola pengasuhan yang tepat agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang resilient.

Kenapa anak terkadang sulit tidur lebih awal dan teratur?

Pada usia 5-10 tahun memliki jam tidur sekitar 10-11 jam. Faktor yang mempengaruhi tidak teratur jam tidur:

1. Kelelahan

2. Tidur siang terlalu panjang

3. Anak sedang cemas dan stres

Dengan mengetahui penyebabnya bisa diatur pola tidur anak kembali.

Apakah kaitan antara stunting dan cacingan, serta apa yang perlu dilakukan oleh Ibu?

Cacingan bisa menyebabkan anak kekurangan gizi dan pada akhirnya akan menjadi penyebab stunting. Karena cacing menyerap nutrisi pada tubuh si Kecil dan akan menyebabkan nafsu makan menurun sehingga mungkin saja si Kecil akan mengalami masalah kekurangan gizi. Segera konsultasikan dengan dokter anak bila Si Kecil menunjukkan gejala cacingan dan pertumbuhan serta perkembangannya terhambat.

Cara menghilangkan kebiasaan si kecil mengemut jari

Kebiasaan mengisap jempol atau jari-jari dapat disebabkan balita atau anak dalam kondisi kecemasan,kelaparan, rasa bosan,ketegangan,ketakutan,stres emosional ataupun adanya keiginan yang tidak terpenuhi. Fase oral balita umumnya akan berakhir dengan sendirinya di usia 3 tahun. Para orang tua harus memperhatikan jika kebiasaan menghisap jari atau jempol terus berkelanjutan pada usia lebih dari 3-6,5 tahun. Cara menghentikan kebiasaan menghisap jempol atau jari antara lain adalah memberikan nasehat secara halus, bijak dan di terima secara nalar oleh anak mengenai dampak buruknya yaitu sisa kotoran yang menempel pada tangan dan masuk sela sela kuku dapat menyebabkan sakit perut maupun diare dan susunan gigi kelak terlihat lebih baik jika anak bisa menghentikan kebiasaan buruknya.

Anak saya kembar dan masih konsumsi ASI, tapi sejak diberikan MPASI berat badannya susah bertambah. Padahal menunya sudah diberikan dari jenis karbohidrat, daging dan lemak. Serta diberikan cemilan juga. Apa penyebab dan bagaimana solusinya?

Berat badan yang sulit naik juga dapat disebabkan karena gangguan nutrisi,gagguan sistem saluran pencernaan, penyakit infeksi, atau kondisi lainnya.Untuk lebih jelasnya disarankan berkonsultasi dengan Dokter Anak.

Pada usia berapa anak sudah mulai lancar bicara?

Mama untuk Pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda. Umumnya pada usia 12 bulan si Kecil sudah dapat mengucapkan 1 kata yang memiliki arti dan di usia 2 tahun si Kecil sudah dapat mengucapkan 1 kalimat yang terdiri dari 2 suku kata.

Keterlambatan berbicara atau Speech delay bisa disebabkan karena gangguan pendengaran atau gangguan pada organ mulut, dll.

Mama dapat menstimulasi si Kecil dengan rajin mengajak si Kecil untuk berbicara sejak dini, walaupun belum bisa berbicara namun kosakata dari Mama dapat menjadi bekal dalam perkembangan bicara dan bahasanya kelak.

Apakah si Kecil yang berusia 1 tahun dengan berat 9 kg terbilang normal? Karena sulit sekali makan.

Berdasarkan kurva tumbuh kembang WHO berat badan ideal usia 1 tahun yaitu 8-12kg. Jadi masih terbilang normal.

Mama dapat merikan makanan yang bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa dikenal sebagai makanan pokok (nasi, kentang, roti, dll), protein hewani (ikan, daging, telur, dll), protein nabati (tempe, tahu, dll), lemak, vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah, serta air dalam jumlah yang cukup.

Bagaimana cara menyiasati anak yang sulit makan?

Ada beberapa hal yang dapat Mama lakukan yaitu:

1. Berikan makanan dalam porsi kecil namun sering
2. Selalu variasikan menu harian si Kecil agar tidak bosan dan berikan makanan dalam bentuk yang lucu dan menarik. Mama juga bisa menggunakan wadah yang berwarna cerah atau bergambar karakter kesukaannya.
3. Berikan jarak 1-2 jam dari pemberian susu dengan waktu makan agar si Kecil tidak terlalu kenyang.
4. Mengajak si Kecil makan bersama teman-temannya, bersama Mama dan Papa atau anggota keluarga lainnya.
5. Berikan vitamin B kompleks alami untuk membantu meningkatkan nafsu makan si Kecil seperti hati, susu, telur, ikan, keju, daging, gandum, serealia, kacang-kacangan, pisang, sayuran hijau, dll.

Pantau terus berat badan si Kecil setiap bulannya ke Posyandu atau Pelayanan Kesehatan terdekat ya Mama. Jika dalam 2 bulan berturut-turut berat badan si Kecil tidak mengalami kenaikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana cara menaikan berat badan si Kecil? Dan kondisi pandemi seperti ini apakah aman konsultasi ke dokter di rumah sakit?

Agar berat badan si Kecil tetap ideal, Mama dapat memberikan makanan bernutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa dikenal sebagai makanan pokok (nasi, kentang, roti, dll), protein hewani (ikan, daging, telur, dll), protein nabati (tempe, tahu, dll), lemak, vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah, serta air. Berikan 3 kali makanan utama dan 2 kali selingan/camilan.

Pantau terus berat badan si Kecil setiap bulannya ke Posyandu atau Pelayanan Kesehatan terdekat. Jika dalam 3 bulan berturut-turut berat badan si Kecil tidak mengalami kenaikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Di tengah pandemi Covid-19, ahli menyarankan untuk dapat menunda membawa anak ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), kecuali memang terjadi gejala yang parah, pastikan Ibu dan si kecil tetap aman dengan menjalankan protokol kesehatan pada saat mengunjungi RS. 

Bagaimana cara menstimulasi pertumbuhan gigi si Kecil?

Pertumbuhan gigi si Kecil akan mulai terlihat antara usia 4-7 bulan. Sedangkan gigi susu anak-anak pada umumnya baru lengkap pada usia 3 - 3,5 tahun.

Mama dapat menstimulasi tumbuh gigi pada si Kecil dengan memberikan makanan dengan tekstur yang lebih padat dari sebelumnya seperti biskuit atau finger food. Mama juga bisa menggosok gusi si Kecil menggunakan kasa atau menggunakan teether untuk melancarkan peredaran darah di gusi si Kecil. Jangan lupa untuk memberikan makanan yang tinggi kalsium seperti kacang-kacangan, susu, yoghurt atau ikan.

Anak saya sudah bisa pipis tanpa popok pada siang hari, kendalanya hanya pada malam hari, karena masih ngompol, bagaimana cara mengatasinya?

Mama bisa mencoba rutinkan si Kecil dengan membangunkannnya tengah malam untuk ke kamar mandi atau bila perlu gunakan potty training yang diletakkan tidak jauh dari tempat tidur si Kecil. Jadi ketika ia ingin BAK atau BAB, bisa langsung ke potty trainingnya tersebut.

Frekuensi dan volume urin si Kecil sesuai dengan jumlah air yang ia minum. Selama si Kecil BAK dalam jumlah yang wajar atau sama seperti BAK saat siang hari, maka Mama tidak perlu khawatir. Tingkatkan asupan minum si Kecil di siang hari dan batasi minum si Kecil di malam hari untuk menghindari si Kecil mengompol.

Yang perlu diperhatikan adalah warna urin si Kecil pastikan tidak berwarna atau bening yang mengindikasikan kondisi hidrasi dalam tubuh si Kecil.

Selain itu, jika si Kecil pipis namun dalam jumlah yang sedikit-sedikit dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka Mama perlu nih berkonsultasi dengan dokter ya.

Anak saya umur 6 bulan tumbuh gigi langsung 4 ( 2 atas, 2 bawah) dan giginya keluar semua umur 1 tahun.Sekarang umur 6 tahun, giginya yang awal tumbuh 4 itu copot semua.tapi untuk gigi yang 2 bawah langsung keluar gigi baru. Gigi atas kenapa lama sekali ya tumbuhnya? Apa karena anak saya masih ngedot jadi menghambat pertumbuhan giginya?

Pada umumnya gigi susu akan mulai copot di usia 6-7 tahun. Waktu tumbuh gigi tetap pada anak berbeda-beda.

Di usia 6-7 tahun biasanya gigi seri tengah sudah mulai tumbuh. Mama bisa mengurangi intensitas si Kecil menggunakan botol susu dan mengajari si Kecil minum susu menggunakan gelas ya Ma.

Jangan lupa optimalkan juga asupan kalsium dan vitamin D dari susu, keju, sayur bayam, dll. Pemeriksaan ke dokter juga perlu dilakukan jika gigi susu telah tanggal tetapi gigi permanen tidak kunjung muncul dalam waktu tunggu sekitar 6 bulan–1 tahun.

Anak saya usia 3,5 tahun dengan berat badan 11 kg dan tinggi 1 meter, sepertinya pertumbuhan berat badannya kurang karena sulit sekali makan, dan tidak menyukai buah. Bagaimana supaya berat badannya bertambah?

Berat badan ideal usia 3,5 tahun yaitu 13-17 kg. Si Kecil yang susah makan bisa disebabkan beberapa faktor seperti bosan dengan menu makanannya, sedang tumbuh gigi atau sariawan, sedang tidak enak badan dan lain-lain. Mama bisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Untuk berat badan si Kecil saat ini perlu ditingkatkan. Mama bisa memberikan si Kecil makanan bergizi seimbang, berikan jadwal makan 3 kali makan utama dan 3 kali selingan, berikan makanan tinggi kalori seperti makaroni schotel, kroket kentang isi daging dan lain-lain. Untuk si Kecil yang tidak menyukai buah, Mama bisa mengkreasikan seperti membuat jus buah, puding buah, es buah atau es krim buah.

Apabila tidak ada kenaikan berat badan selama 3 bulan berturut-turut sebaiknya Mama berkonsultasi kembali dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berapa usia anak yang tumbuh kembangnya dkatakan masa toddler? Anak saya usia 15 bulan mulai berlari tetapi masih sering jatuh, suka menarik-narik mainan, mulai senang naik tangga tapi masih dengan bantuan

Mama, fase toddler yaitu fase usia 12 - 36 bulan. Fase toddler adalah fase awal balita. Fase ini merupakan lanjutan setelah fase bayi dalam 1000 hari pertama kehidupan. Pada fase ini si Kecil mengembangkan keterampilan motorik kasar yang melibatkan koordinasi kelompok otot besar di tubuh, untuk melakukan gerakan, seperti merangkak, duduk tegak, berdiri, berjalan, berlari,melompat, dan melempar bola. Perkembangan kemampuan itu tergandung kepada kekuatan otot dan perkembangan saraf anak. Keterampilan motorik kasar diperlukan sejak bayi, sebagai bagian dari tumbuh kembangnya dan akan semakin berkembang seiring pertambahan usianya. Mama dapat membantu menstimulasinya sesuai dengan usia dan kemampuannya.

Anak saya tidak rewel dalam memilih makanan namun moody. Saat itu dia tidak mood, dia tidak mau makan apapun. Tapi ketika moodnya baik, dia tidak pernah menolak makanan. Menu kesukaannya adalah ayam kuah kecap. Pada saat tidak mau makan karena moody apakah dapat mengganggu tumbuh kembangnya?

Suasana hati si Kecil juga mempengaruhi pola makannya ya Ma, pastikan saat waktu makan Mama berikan suasana yang menyenangkan agar  siKecil semakin lahap makannya. Umpamanya dengan mengunakan piranti dengan warna kesukaannya, mengunakan karakter tokoh yang sedang digemarinya dll.

Makanan yang bernutrisi sangat diperlukan untuk dukung tumbuh kembang si Kecil yang optimal. Jadi pastikan si Kecil tidak mengalami moody lagi pada saat  waktunya makan.       Mama juga bisa selalu variasikan menu makanan hariannya agar ia tidak bosan.

Anak saya usia 1 bulan. Pada usianya saat ini, seharusnya sudah seperti apa tahapan perkembangannya?

Mama, kemampuan motorik si Kecil akan terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya usia dan setiap tahap tumbuh kembang berbeda-beda pada setiap anak. Pada usia bayi 1 bulan, bayi sudah mulai bisa menggeleng-gelengkan kepala dalam posisi telungkup. Bayi 1 bulan senang melihat wajah orang-orang di sekelilingnya dan sudah mulai mengenali suara Mama dan Papa.

Apakah melarang anak 4 tahun bermain sepeda dapat menghambat tumbuh kembangnya?

Mama, ada beberapa kemampuan fisik yang berkembang dari bermain sepeda seperti kekuatan (untuk menggenjot sepeda), kesigapan (untuk berbelok atau menghindari hambatan tertentu), keseimbangan (menjaga tidak terjatuh dari sepeda), koordinasi motorik kasar (menggerakkan tangan dan kaki secara selaras saat menggunakan sepeda menuju arah tertentu). Selain itu ada pula kemampuan konsentrasi (mempertahankan perhatian pada jalan yang dilewati), ketekunan (untuk belajar bermain sepeda ataupun untuk kembali sampai ke rumah setelah bersepeda), kemampuan berstrategi (mau lewat mana dulu), dll.

Jika karena satu dan lain hal Mama tidak mengijinkan si kecil bersepeda, sebetulnya masih bisa diganti dengan berbagai kegiatan lainnya. Carilah kegiatan-kegiatan lain yang bisa menstimulasi kemampuan-kemampuan di atas. Pada si kecil yang 4 tahun misalnya bisa diajak berjalan di atas papan titian tanpa terjatuh, naik turun tangga sendiri dan main perosotan tanpa bantuan.

Anak saya usianya 5 tahun dengan berat 28 kg. Apakah normal di usianya saat ini?

Rentang berat badan normal 16 - 21 kg untuk anak laki-laki dan 15.7 - 21.3 kg untuk anak perempuan. Sehingga dengan berat 28 kg si kecil memiliki risiko berat badan lebih. Berikan asupan nutrisi dengan prinsip gizi seimbang dan batasi makanan tinggi gula, minyak dan garam. Apabila Mama ragu dapat berkonsultasi ke tenaga kesehatan.

Bagaimana cara mengatasi anak yang makannya di emut?

Mama, si Kecil yang suka mengemut makanan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor misalnya karena porsi makan yang diberikan untuk sekali suap terlalu besar, makan sambil memainkan HP, makan sambil bermain, dll. Untuk membantu mengatasi si Kecil yang suka mengemut makanannya. Mama dapat menerapkan aturan makan bagi si kecil seperti tidak ada distraski (tv, handphone), membuat jadwal makan serta membatasi waktu makan. Selain itu mama juga dapat mengajaknya makan bersama dengan Papa Mama atau teman sebaya.

Bagaimana pola makan anak untuk memperkuat tulang dan pertumbuhan yang baik, karena anak saya belum bisa jalan

Mama, setiap anak memiliki usia yang berbeda dalam kemampuan berjalan. Proses belajar berjalan si Kecil adalah momen luar biasa, baik bagi si Kecil maupun Mama. Mama dapat ajarkan si Kecil secara perlahan-lahan atau selangkah demi selangkah yang dimulai dengan bantu si Kecil berdiri tegak dan menjejakkan kedua telapak kakinya dengan mantap tanpa bantuan selama setengah menit.

Lalu dapat berikan mainan yang dapat didorong dan berikan mainan favoritnya atau mainan yang berwarna menarik di depannya agar ia semangat untuk bergerak, cara ini dapat membantu menguatkan otot-otot kaki dan tungkai si Kecil ya. Selain memberikan stimulasi, Mama juga dapat berikan makanan yang tinggi akan kalsium seperti di brokoli, keju, atau sup tulang yang dapat membantu untuk pertumbuhan dan menguatkan tulang si Kecil ya Ma. Apabila Mama khawatir dengan kondisi si Kecil, silakan konsultasi dengan dokter ya Ma :)

Anak saya usia 17 bulan, berat badannya hanya 10 kg saat ini si Kecil masih mengkonsumsi ASI dan Nutrilon Royal 3 namun kurang dari 3 gelas. Yang saya ingin tanyakan apakah lanjut pemberian Nutrilon Royal atau ganti susu karna asupan makan sudah banyak dan tinggi kalorinya?

Mama, terima kasih sudah berbagi kepada kami. Menurut kurva tumbuh kembang berat badan ideal si Kecil berusia 17 bulan sekitar 13 kg. Sehingga berat badan si Kecil perlu ditingkatkan kembali.

Di usia buah hati saat ini sedang aktif-aktifnya bermain sehingga energi lebih banyak terpakai ya Ma. Mama, susu adalah sebagai pelengkap nutrisi harian si Kecil. Untuk meningkatkan berat badan si Kecil diperlukan asupan nutrisi bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa di kenal sebagai makanan pokok (nasi, kentang, roti, dll), protein (hewani seperti ikan, daging, telur, nabati seperti tempe, tahu) lemak, vitamin, mineral seperti sayuran dan buah, serta air. Berikan si Kecil 3 kali makanan utama dan 2 kali selingan dalam menu harian. Selalu variasikan menu makanan si Kecil, jika si Kecil termasuk anak yang aktif, pilih makanan selingan yang tinggi kalori serta protein seperti omelet isi telur, puding susu, jus buah, keju, makaroni kukus dan lain-lain. Jika dalam waktu 3 bulan berturut-turut tidak ada kenaikan berat badan sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter.

Anak saya laki laki usia 12 bulan, saya mau menanyakan perkembangannya yang sampai saat ini belum bisa duduk bagaimana cara mengatasinya?

Mama, umumnya si Kecil mulai belajar duduk pada usia 5-6 bulan, otot punggung si Kecil sudah semakin kuat sehingga si Kecil dapat duduk dengan lebih tegak walaupun dibantu dengan otot lengan. Jika lebih dari usia 8 bulan si Kecil belum dapat duduk sendiri sebaiknya Mama berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung dan mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisinya saat ini.

Mengamati aspek kognitif bahasa pada si Kecil apakah ada tahap atau tanda-tanda khusus apabila anak 19 bulan mengalami keterlambatan tersebut? Apakah itu mempengaruhi kecerdasannya juga?

Mama, sebenarnya tak ada patokan usia untuk perkembangan linguistik balita, karena setiap anak memang memiliki tahap perkembangan yang berbeda.

Namun, Mama dapat mengenali tanda-tanda bahwa si Kecil mengalami keterlambatan berbicara dengan mengetahui beberapa hal seperti :


1. si Kecil yang jarang mengeluarkan suara pada usia di atas 1 tahun
2. Hanya memiliki sedikit kosa kata
3. Tidak bisa mengikuti kosa kata yang kita ucapkan

 

Apabila si Kecil mengalami salah satu tanda di atas maka Mama bisa melakukan stimulasi dengan mengajaknya berbicara, membacakan buku cerita atau mendongeng.

Jika keterlambatan berbicara yang dialami si Kecil tidak mendapatkan penanganan yang tepat tentu akan mempengaruhi kecerdasan lainnya. Pastikan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisinya ya.

Setelah minum ASI bagaimana caranya agar anak bersendawa ?

Ada beberapa posisi yang bisa Mama coba dalam menyendawakan si Kecil, yaitu:
1. Posisi digendong tegak : Duduklah tegak dan gendong si Kecil menghadap Mama. Posisikan dagu si Kecil di atas pundak Mama, dan topang badannya dari bawah dengan salah satu tangan. Lalu, gunakan tangan Mama yang satunya lagi untuk mengusap atau menepuk punggung si Kecil secara pelan dan lembut.
2. Posisi duduk : Dudukkan si Kecil di atas pangkuan Mama. Topang badannya dengan memegang dagu dan menyangga dadanya dengan pangkal telapak tangan. Usahakan untuk memegang dagu si Kecil saja ya, bukan memegang lehernya. Dengan tangan Mama yang satunya lagi, tepuk atau usap perlahan punggung si Kecil.
3. Posisi tengkurap : Tidurkan si Kecil di lengan atau pangkuan Mama pada posisi tengkurap. Sangga dan posisikan kepala lebih tinggi dari badannya, atau posisikan badan si Kecil dengan kemiringan 45°, lalu tepuk atau usap punggungnya secara perlahan.

 

Cobalah ketiga cara di atas dan gunakan posisi yang paling nyaman bagi Mama dan si Kecil. Pastikan badan si Kecil lurus (tidak meringkuk atau membungkuk) supaya udara mudah keluar. Jangan lupa untuk menangkupkan tangan Mama saat menepuk punggungnya agar tepukan Mama tidak terlalu keras.

Usia anak saya 19 bulan, cuma bisa berkata: Mama, Papa, Koko, no. Apakah itu termasuk speechdelay?

Mama, umumnya saat memasuki usia 18 bulan, si Kecil mulai dapat menunjuk minimal 1 anggota tubuhnya, pengucapan kata meningkat menjadi 6 kata, pada usia ini anak dapat membuat kalimat dua langkah seperti Mama mandi, naik sepeda.

Terus stimulasi kemampuan berbicara si Kecil dengan mengajak si Kecil untuk sering berkomunikasi dalam suasana yang menyenangkan, koreksi kesalahan pengucapan si Kecil dengan mengulangnya dengan benar serta penuh rasa sayang. Misal saat ia mengucap “Cucu”, respon ia dengan “Oh, Adik mau susu ya?” serta membacakan cerita serta ajak ia menyanyikan lagu sederhana untuk menarik minatnya terhadap bahasa dan perbendaharaan kosakata. Kemampuan berbicara setiap anak memang tidak sama ya Ma. Selama si Kecil masih dapat mengerti ucapan orang disekitarnya atau pun perintah yang Mama ucapkan maka Mama tidak perlu merasa khawatir. Jika Mama masih khawatir silakan berkonsultasi dengan Dokter anak.

Tetap semangat mendampingi si Kecil tumbuh menjadi anak Resilient ya Ma :)

Menurut dokter anak saya berat badannya berlebih, tapi walaupun tidak sesuai batas berat ideal bukan kah seharusnya dihitung berdasarkan tinggi badan anak?

Iya betul Mama, kalau berat badan si Kecil dari hasil perhitungan berat badan menurut usia (Berat Badan : usia) dikategorikan status gizinya kelebihan berat badan maka harus dilakukan penghitungan kembali status gizinya berdasarkan berat badan menurut tinggi badan (Berat Badan : Tinggi Badan) atau Indeks Massa Tubuh menurut Usia (Indeks Masa Tubuh : Usia) si Kecil ya Ma. Untuk mengetahui status gizi si Kecil saat ini Mama bisa berkonsultasi kembali dengan dokter :)

Anak saya usia 3 tahun, saat menyusu sering gigit puting Mamanya, apakah ini merupakan salah satu tanda ia akan mulai bicara?

Usia 3 tahun seharusnya si Kecil sudah disapih. Bila Mama masih kesulitan untuk menyapih sebaiknya dilakukan perlahan dengan komunikasi untuk memberikan pengertian kepada si Kecil bahwa ia sudah besar dan perlu minum cairan lain seperti air putih, sari buah atau susu pertumbuhan dari gelas.

Bila si Kecil belum lancar berbicara di usia 3 tahun Papa dan Mama bisa memotivasi dengan lebih sering mengajak ngobrol dan bernyanyi bersama, membacakan buku cerita dan dongeng juga akan membantu menambah kosakatanya.

Bagaimana langkah awal penanganan orangtua ketika anak diare di saat pergantian musim?

Mama, apabila si Kecil mengalami diare jangan panik yaa. Akan tetapi, Mama harus pastikan si kecil perlu mendapatkan asupan cairan dan makanan yang cukup selama ia diare karena cairan tubuh bayi banyak terbuang saat diare. Jika asupan cairan dan makanannya tidak cukup, si Kecil rentan mengalami dehidrasi.

Namun, apabila BAB si Kecil lebih dari 3-4 kali dalam sehari dengan tekstur yang cair tanpa ampas disertai rewel dan demam maka sebaiknya Mama segera bawa si Kecil ke dokter ya.

Anak saya yang ke 2 usia 16 bulan, sering banget ngeces alias keluar liur-nya di bawah janggut, solusinya bagaimana ya?

Mama, produksi air liur si Kecil meningkat umumnya terjadi saat ia akan tumbuh gigi, ada luka di gusi atau sariawan. Oleh karena itu Mama bisa lihat terlebih dahulu area mulut si Kecil, apakah ada kondisi-kondisi tersebut.

Bila si Kecil akan tumbuh gigi ditandai dengan gusi yang terlihat memerah dan gigi yang mulai timbul, maka sebaiknya Mama memberikan air dengan suhu dingin untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan makanan dengan tekstur yang lebih lunak. Namun bila ada sariawan atau gusi yang terluka sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter ya.

Saat pergantian musim seperti sekarang ini, mengapa jika salah satu anak saya sakit, yang lainnya ikut sakit juga?

Mama, wajar sekali ya jika si Kecil mudah terserang penyakit, karena virus dapat ditularkan melalui udara. Untuk mencegah penularan, Mama bisa mengoptimalkan nutrisi dan istirahat buah hati ya.

Bila salah satu buah hati Mama ada yang batuk atau pilek coba untuk berikan jarak dengan yang lain dan gunakan masker saat berinteraksi ya.

Mengapa anak saya 17 bulan ketika mendengar musik lagu yang melow dia menangis? Namun ketika mendengar musik yang gembira anak malah langsung joget kegirangan. Padahal saya tidak pernah mengajarkan untuk berjoget saat musik itu si putar.

Mama, mendengarkan musik memiliki banyak manfaat untuk si Kecil. Mulai dari meningkatkan respon sensorik suara sehingga membantu otak si Kecil menjadi lebih responsif. Selain itu mendengarkan musik juga akan membantu meningkatkan kemampuan akademis si Kecil, melatih disiplin serta memudahkan si Kecil dalam proses belajar.

Si Kecil yang menangis dan berjoget saat mendengarkan lagu artinya bisa merasakan emosi dari suara yang didengarnya. Mama tidak perlu khawatir karena hal ini wajar terjadi. Terus respon si Kecil dengan mengajaknya ikut bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bahasanya.

Mama bagaimana cara menaikkan BB anak 15 bulan?

Mama, secara umum berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asupan makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, genetik/keturunan, dll. Untuk meningkatkan berat badan si Kecil diperlukan asupan nutrisi bergizi seimbang. Jika dalam waktu 3 bulan berturut-turut tidak ada kenaikan berat badan sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya Ma.

Anak saya 3 tahun aktif banget. Suka belajar, tapi kalau di ajak mewarnai bilangnya capek Ma, bosen Ma, udahan Ma. Bagaimana ya agar anak saya itu jadi suka menggambar dan mewarnai?

Mama, menggambar dan mewarnai merupakan kegiatan yang menyenangkan, namun beberapa anak kurang suka kegiatan yang monoton dan lebih menyukai kegiatan fisik. Menggambar dan mewarnai sendiri dapat membantu si Kecil menjadi lebih kreatif serta melatih kemampuan kognitif dan menstimulasi kemampuan motoriknya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Mama lakukan untuk membuat si Kecil tertarik menggambar dan mewarnai :
1. Menyiapkan peralatan yang menarik perhatian si Kecil seperti gambar karakter atau warna kesukaan si Kecil
2. Mulailah dengan mengajak si Kecil menggambar atau mewarnai pola yang sederhana, sehingga ia tidak perlu terlalu lama duduk.
3. Mengajarkan warna dari lingkungan sekitar juga bisa menjadi pilihan
4. Sebaiknya tidak memaksakan si Kecil untuk menggambar dan mewarnai, perhatikan mood si Kecil dan variasikan dengan kegiatan lain.

Terus semangat mendampingi si Kecil dengan stimulasi dan nutrisi sesuai kebutuhan sehingga menjadikan si Kecil tangguh dan daya tahan tubuhnya semakin kuat.

Anak saya usia 20 bulan kalau makan diemut, bisa sejam lebih makannya. Bagaimana ya mengatasinya ya?

Mama, saat si Kecil membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan yang diberikan, maka Mama dapat memberikan dalam porsi sedikit terlebih dahulu agar ia tidak bosan. Variasikan menu makanannya dengan gizi seimbang 3 kali sehari dengan pemberian jadwal makan yang tetap setiap harinya. Agar si Kecil tahu kapan perutnya lapar untuk makan.

Mama juga perlu memperhatikan apakah ada distraksi atau gangguan pada waktu makannya, misalnya makan sambil nonton TV/youtube atau bermain. Bila si Kecil terbiasa makan sambil melakukan aktivitas lain sebaiknya Mama mulai rubah agar si Kecil fokus dengan makanannya.

Anak saya 16 bulan suka dengerin musik sambil joget-joget sendiri atau kadang mengangguk-ngangguk sendiri. Segala benda yang ada disekitar dipukul-pukul sampai berbunyi. Dia terlalu aktif untuk anak seumurannya, tidak bisa diam maunya gerak terus. Apakah hal ini normal?

Ada berbagai kemungkinan mengenai kebiasaan si Kecil ini. Kemungkinan dia tertarik kepada Youtube karena ada visualnya. Bisa juga musik yang diputar di acara terlalu keras sehingga buat dia mengganggu sehingga si Kecil mengekspresikan dengan memukul benda.

Mama bisa memilih lagu anak-anak yang menyenangkan dengan memberikan variasi aktivitas untuk si Kecil. Bila si Kecil tampaknya menjadi buruk karena mendengarkan musik, sebaiknya dihindari ekspos kepada musik yang terlalu banyak.

Benarkah terapi musik membantu perkembangan anak?

Mama, stimulasi motorik bisa didapatkan dengan bermain musik sesuai kebutuhan perkembangan anak. Misalnya anak perlu belajar untuk menggenggam berarti anak bisa bermain marakas. Kalau anak perlu belajar memukul kepada target, berarti anak bisa bermain drum dengan pemukul.

Untuk mengetahui panduan stimulasi sesuai usia si Kecil Mama bisa berkonsultasi dengan dokter atau mengunjungi website www.nutriclub.co.id ya.

Bagaimana cara mengetahui nutrisi anak itu tercukupi? Karena anak saya 2 tahun kurus tapi aktifnya super sekali.

Mama, untuk mengetahui apakah kebutuhan nutrisi si Kecil tercukupi Mama dapat melihat terlebih dahulu berapa kebutuhan nutrisi harian sesuai usianya pada tabel Angka Kecukupan Gizi untuk anak Indonesia atau langsung berkonsultasi dengan ahli gizi, dokter anak atau tenaga medis untuk mengetahui kebutuhan nutrisi bukan hanya berdasarkan usia namun juga berdasarkan aktivitas si Kecil. Sebagai informasi, berdasarkan kurva tumbuh kembang WHO berat badan ideal si Kecil yang berusia 2 tahun yaitu 10-14 kg ya Mama.

Anak saya 1 tahun 2 bulan sangat aktif, makannya lahap sekali tapi susah minum susu. Hanya mau minum susu sebelum tidur. Apakah kebiasaan ini baik?

Mama, di atas usia 1 tahun susu membantu melengkapi nutrisi yang belum didapatkan dari makanan utamanya ya Mama. Apabila si Kecil sudah mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang maka Mama tidak perlu khawatir dengan asupan nutrisinya.

Anjuran konsumsi susu pertumbuhan untuk si Kecil usia 1-3 tahun adalah 3 kali dalam satu hari. Mama bisa menciptakan suasana menyenangkan saat minum susu seperti dilakukan bersama Mama, menggunakan gelas dengan tokoh kartun kesukaan si Kecil dan memperhatikan jarak minum susu dengan makanan utama.

Anak perempuan saya usia 3 tahun berat badannya 11,5 kg. Bagaimana supaya beratnya cepat bertambah?

Mama, menurut Permenkes No. 2 Tahun 2020 berat badan normal usia 3 tahun yaitu 10.8-15.8 kg, sehingga berat badan si Kecil saat ini masih dalam kategori normal ya. Sebagai informasi ada beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan seperti genetik, aktivitas sehari-hari, makanan yang dikonsumsi dan lain-lain.

Si Kecil yang aktif juga bisa menjadi salah satu faktor berat badannya sulit bertambah. Namun, selama berat badan si Kecil masih dalam kategori normal maka Mama tidak perlu khawatir dan pastikan untuk terus memberikan makanan yang bergizi seimbang agar tumbuh kembangnya optimal ya. Jangan lupa pantau berat badan si Kecil setiap bulannya. Semoga membantu Mama :)

Bagaimana agar anak saya yang speechdelay di usia 4 tahun bisa bersosialisasi?

Mama, jika si Kecil mengalami terlambat bicara Mama bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisinya agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ya. Umumnya di usia 4 tahun si Kecil sudah bisa berbicara lebih jelas, sudah dapat bercerita, menyebutkan warna dan bentuk juga mengerti kalimat perintah.

Tentunya tidak mudah bagi si Kecil untuk bersosialisasi ya Mama. Untuk mengajarinya bersosialisasi Mama dapat sering mengajak si Kecil mengobrol, membacakan cerita, berikan contoh pelafalan kata yang baik atau tidak menggunakan bahasa bayi, jangan lupa untuk memuji si Kecil saat ia sudah menunjukan kemampuannya sehingga ia lebih percaya diri. Semoga membantu Mama :)

Apakah benar anak yang alergi susu sapi kalo minum susu, berat badannya akan susah naik?

Mama, penggunaan susu pertumbuhan bagi si Kecil sebagai nutrisi tambahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang belum terpenuhi dari makanan utamanya. Nutrisi utama si Kecil tetap dari menu hariannya. Kenaikan berat badan si Kecil dipengaruhi beberapa faktor seperti si Kecil sangat aktif, kondisi tubuh si Kecil yang sedang sakit dan lainnya. Jika selama 3 bulan berturut-turut berat badan si Kecil tidak ada peningkatan sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Semoga informasi yang diberikan dapat membantu ya, Mama :)

Saya mau tanya cara menambah berat badan bagi anak saya, usia 19 bulan cuma 9 kg. Anaknya aktif sudah bisa bicara juga.

Mama, menurut Permenkes No. 2 tahun 2020 berat badan normal anak perempuan usia 19 bulan yaitu 8.2-11.8 kg, sedangkan anak laki-laki yang berusia 19 bulan yaitu 8.9-12.5 kg. Jadi berat badan si Kecil masih termasuk normal walau ada di angka bawah ya. Secara umum berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti asupan makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, genetik/keturunan dll.

Mama bisa evaluasi kembali asupan makan utama dan selingan si Kecil serta aktivitas fisiknya setiap hari ya.

Apakah normal anak yang sudah masuk usia 12 tahun susah makan? Hanya mau makan buah-buahan saja.

Mama, picky eater atau pilih-pilih makanan umumnya terjadi pada si Kecil usia 1-5 tahun. Bila si Kecil sudah berusia 12 tahun hanya mau makan buah-buahan sebaiknya Mama cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Diusianya saat ini si Kecil sudah dapat di ajak berkomunikasi 2 arah dengan baik, coba pilih waktu yang nyaman untuk mengajak si Kecil berbicara. Bila ternyata ada trauma pada makanan sebaiknya Mama konsultasikan kondisi ini dengan dokter anak atau psikolog anak.

Apakah benar kelebihan zat besi membuat anak hiperaktif?

Mama, kelebihan zat besi tidak membuat si Kecil menjadi hiperaktif. Asupan zat besi yang berlebihan memang tidak dianjurkan ya Ma, karena bisa menyebabkan penumpukan zat besi pada beberapa organ tubuh seperti hati atau jantung.

Untuk mengetahui kadar zat besi pada tubuh bisa berkonsultasi dengan dokter ya Ma.

Anak saya 3 tahun tapi belum bisa gunakan baju sendiri, apakah termasuk tumbuh kembangnya lambat?

Mama, perkembangan seorang anak dapat dipengaruhi banyak faktor khususnya stimulasi dari orangtua atau lingkungan terdekat. Umumnya di usia 3 tahun si Kecil dapat berlari, melompat dan memanjat dengan lebih baik.

Bila Mama ingin si Kecil bisa menggunakan baju sendiri, Mama bisa mulai memberikan kesempatan Ia menggunakan celana sendiri terlebih dahulu yang lebih mudah, bertahap distimulasi bagaimana menggunakan baju sendiri.

Mama bisa melihat panduan stimulasi perkembangan si Kecil di buku KMS (Kartu Menuju Sehat) atau website Nutriclub di www.nutriclub.co.id

Anak saya giginya belum lengkap untuk saat ini di usia 20 bulan apakah normal? Saya hanya khawatir apakah anak saya mengalami kurang gizi atau tidak. Namun untuk sehari2 anak saya sangat aktif

Mama, pertumbuhan gigi pada si Kecil tidak selalu sama dengan anak lainnya. Umumnya ada kisaran waktu atau usia tertentu ya. Terkadang ada anak yang giginya tumbuh sesuai range tersebut namun ada juga yang lebih cepat atau lambat, dan hal tersebut dipengaruhi beberapa faktor seperti status gizi anak saat masih dalam kandungan maupun setelah lahir. Pada usia 20 bulan umumnya semua gigi atas sudah tumbuh kecuali molar dua sehingga totalnya ada 8 gigi. Sedangkan pada rahang bawah tumbuhnya memang lebih lambat. Molar satu sulung tumbuh pada kisaran antara 14-18 bulan, sementara caninus sulung lebih lambat yaitu sekitar 17-23 bulan. Molar dua sulung rahang bawah tumbuh hampir bersamaan dengan molar dua rahang atas, yaitu sekitar 23-31 bulan.

Jangan lupa cek kondisi gigi si Kecil ke dokter gigi 6 bulan sekali ya Ma.

Bagaimana menjaga daya tahan tubuh anak di musim pancaroba seperti sekarang?

Beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil, seperti:
- Memberikan nutrisi yang seimbang, yaitu makanan bergizi mengandung makronutrien dan mikronutrien, maupun probiotik dan prebiotik
- Pastikan kualitas dan kuantitas tidur si kecil terjaga dan cukup
- Menjaga si kecil tetap aktif karena dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh anak, serta membantu tumbuh kembangnya.
- Menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan langkah yang penting untuk menjaga kesehatan, khususnya di musim pancaroba.
- Ventilasi rumah harus dijaga baik agar sinar matahari masuk ke dalam rumah. Anak-anak membutuhkan Vitamin D untuk menjaga imunitas tubuhnya.

Bagaimana caranya supaya anak saya lahap makannya tanpa minum vitamin?

Mama, penambahan vitamin dapat diberikan bila makanan sehari-hari belum mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil.

Kami memiliki beberapa tips untuk mengatasi susah makan yang dialami si Kecil, diantaranya:
1. Buat jadwal makan untuk si Kecil pada jam-jam tertentu disaat ia akan merasa lapar
2. Pastikan suasana makan yang tenang dan menyenangkan. Namun hindari menonton TV atau bermain gadget saat makan ya Ma.
3. Ajak si Kecil ikut memilih jenis makanan yang akan ia makan dan olah bersama.
4. Atur jarak waktu makan. Mama bisa mengatur waktu pemberian antara camilan, susu dan makan.
5. Tidak perlu memaksa atau memarahi si Kecil karena akan membuat ia trauma saat makan.

Baby saya 4 tahun tapi susah naik berat badannya, bagaimana ya?

Mama, secara umum berat badan si Kecil dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik, genetik/keturunan dll. Pastikan asupan makanan si Kecil terpenuhi sesuai dengan kebutuhan hariannya dengan pola 3 kali makanan utama dan 2 kali makanan selingan mengandung gizi yang seimbang agar tumbuh kembang si Kecil optimal dan menjadi anak tangguh yang siap hadapi masa depan ya Ma. Pastikan juga Mama rutin melakukan pengecekan berat badan si Kecil di pusat kesehatan terdekat ya.

comment-icon comment-icon