taboola Expert Advisor - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Stimulasi dan Tumbuh Kembang

Bagaimana mengasah kreativitas Balita

Biarkan si Kecil bermain dengan cara dan gayanya sendiri, Mama jangan membatasinya dalam bereksplorasi. Berikan kebebasan dan dukung si Kecil untuk mencoba berbagai cara dan ide dalam melakukan kegiatannya. Aktivitasnyalah yang menjadi perhatian utama, bukan hasil akhirnya. Namun, tetap harus dalam pengawasan orang tua ya.

Drama

Sering kali si Kecil mengambil suatu benda, dan menganggapnya sebagai hal lain. Sebuah balok bisa menjadi kapal, makanannya bisa menjadi bentuk binatang, dan sebagainya. Permainan seperti ini melatih imajinasinya. Permainan drama ini juga membantu si Kecil menggunakan sisi kreativitasnya dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan masalah. Dukung si Kecil dengan memberikan ide-ide baru dalam bermain, atau cukup dengan bermain serta mengikuti alur cerita yang dibuatnya. Mama juga bisa mendongeng sebelum tidur untuk melatih imajinasinya.

Seni Visual

Menggambar dengan jari, mewarnai, menyobek atau melipat kertas adalah aktivitas yang menyenangkan untuk si Kecil. Aktivitas ini dapat membantunya:

- Terbiasa dengan tekstur baru.

- Belajar menggunakan warna dan kertas

- Melatih berbagai kemampuan motoriknya

- Mengekspresikan pikiran, ide, dan pengalaman si Kecil lewat karya mereka.

Dengan memberikan berbagai alat yang diperlukan seperti pensil, kertas dan cat, serta ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan karyanya bisa membantu si Kecil dalam bereskplorasi.

Musik

- Lagu dan musik adalah bentuk ekspresi diri yang baik. Bernyanyi bisa melatih si Kecil dalam menggunakan kata-kata, dan membantunya mengingat kata-kata baru.

- Si Kecil juga bisa menambahkan gerakan-gerakan menarik saat Mama bernyanyi bersama mereka, dan menambahkan kata-kata yang mereka ingat.

- Berikan variasi lagu untuk membantu si Kecil berekspresi, dan ajak si Kecil ikut serta dalam menyebutkan beberapa kata dalam lagu tersebut. Akan ada banyak kejutan yang si Kecil bisa berikan dalam bernyanyi bersama Ibu.

Menari

Dengan musik, si Kecil akan mulai menggerakkan tubuhnya dan menari tanpa perlu Ibu minta. Bahkan kadang si Kecil menari tanpa memperhatikan keadaan sekitar. Faktanya, si Kecil bisa mengeksplorasi imajinasi, pikiran dan respon mereka terhadap musik dan lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, si Kecil bisa melatih kemampuan motoriknya, termasuk koordinasi mata dan tangannya. Ibu bisa membantu si Kecil dengan mengajak dia untuk berjalan, meloncat, dan bergoyang untuk merespon musik atau kata-kata tertentu.

Bagaimana Cara Melatih Mental Tangguh Anak Agar Menjadi Mandiri dan Berani

- Biarkan Si Kecil Menentukan Pilihan

Cara melatih mental tangguh yang pertama adalah dengan cara membiarkan si Kecil untuk menentukan pilihan. Anak yang pemberani dan memiliki mental tangguh adalah anak yang dapat menentukan pilihannya sendiri dan dapat memecahkan masalah. Jika Mama ingin si Kecil menjadi mandiri dan berani, Mama harus membiarkan si Kecil menentukan pilihan.

Si Kecil belum bisa memilih hal-hal rumit, Mama bisa memberikan pilihan menu makan apa yang si Kecil inginkan untuk makan siang atau baju apa yang ingin dipakai ketika ingin bepergian.

- Ajarkan Kemampuan Sosial Pada si Kecil

Alasan mengapa si Kecil menjadi anak yang penakut dan tidak mandiri adalah karena si Kecil tidak mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Si Kecil membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa berinteraksi dengan orang asing selain keluarganya. Oleh karena itu, Mama harus mengajarkan si Kecil dasar-dasar kemampuan sosial agar si Kecil menjadi lebih berani.

Mama bisa mengajak si Kecil ke supermarket dan perintahkan si Kecil untuk membayar barang belanjaan di kasir. Selain itu, Mama juga bisa mengajak si Kecil bermain dengan anak teman dari Mama yang memiliki usia yang sama.

- Memberikan Contoh Secara Langsung

Cara melatih mental tangguh anak yang cukup efektif adalah dengan cara memberikan contoh secara langsung. Si Kecil belajar dengan efektif dengan cara meniru sikap dan perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, Mama bisa melatih si Kecil memiliki mental tangguh dan pemberani dengan cara mencontohkan hal-hal sederhana kepada si Kecil.

Sebagai contoh, jika Si Kecil takut berenang, Mama bisa mulai menyelam di air untuk menunjukan bahwa tidak ada yang harus ditakuti saat berenang. Ketika Si Kecil sudah melihat contoh yang baik dari Mama nya, si Kecil akan menjadi lebih berani.

- Ajarkan si Kecil untuk Mengekspresikan Perasaan

Salah satu cara melatih mental tangguh si Kecil adalah dengan cara mengajarkan dan membiarkan si Kecil untuk dapat mengekspresikan perasaannya. Layaknya orang dewasa, si Kecil juga bisa merasakan berbagai macam emosi seperti bahagia,

- Memberikan Kepercayaan Diri Pada Anak

Agar mental anak memiliki mental Tangguh dan berani, Mama harus memberikan kepercayaan diri pada Anak. Mama bisa tanamkan mindset bahwa si Kecil bisa melewati berbagai rintangan jika si Kecil berani untuk mencoba. Sebaiknya, Mama sebagai orang tua menghindari mengatakan kepada si Kecil bahwa si Kecil melakukan beberapa hal karena akan menurunkan kepercayaan diri si Kecil.

Mama juga bisa menemani si Kecil pergi ke ulang tahun untuk pertama kalinya agar si Kecil merasa aman dan berani untuk datang.

Anakku gampang bosen apabila dikasih aktivitas baru dan dia gampang menyerah.

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda. Ketika anak bosan, bisa dikarenakan anak sudah siap dengan hal baru lainnya atau bisa dia butuh situasi baru.

Jika anak bosan, jangan berfikir hal ini merupakan hal yang negatif karena ketika anak dewasa nanti anak sudah terbiasa berfikir hal yang baru. Biarkan anak memiliki ruang bosannya sehingga menemukan hal yang ia sukai.

Namun untuk situasi di sekolah, anak akan sedikit sulit untuk diberikan intruksi maka orang tua bisa mencari cara yang tepat untuk mengatasinya seperti memberikan intruksi kepada anak untuk mengambil suatu.

Orang tua harus menemukan pola pengasuhan yang tepat agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang resilient.

Kenapa anak terkadang sulit tidur lebih awal dan teratur?

Pada usia 5-10 tahun memliki jam tidur sekitar 10-11 jam. Faktor yang mempengaruhi tidak teratur jam tidur:

1. Kelelahan

2. Tidur siang terlalu panjang

3. Anak sedang cemas dan stres

Dengan mengetahui penyebabnya bisa diatur pola tidur anak kembali.

Apakah kaitan antara stunting dan cacingan, serta apa yang perlu dilakukan oleh Ibu?

Cacingan bisa menyebabkan anak kekurangan gizi dan pada akhirnya akan menjadi penyebab stunting. Karena cacing menyerap nutrisi pada tubuh si Kecil dan akan menyebabkan nafsu makan menurun sehingga mungkin saja si Kecil akan mengalami masalah kekurangan gizi. Segera konsultasikan dengan dokter anak bila Si Kecil menunjukkan gejala cacingan dan pertumbuhan serta perkembangannya terhambat.

Cara menghilangkan kebiasaan si kecil mengemut jari

Kebiasaan mengisap jempol atau jari-jari dapat disebabkan balita atau anak dalam kondisi kecemasan,kelaparan, rasa bosan,ketegangan,ketakutan,stres emosional ataupun adanya keiginan yang tidak terpenuhi. Fase oral balita umumnya akan berakhir dengan sendirinya di usia 3 tahun. Para orang tua harus memperhatikan jika kebiasaan menghisap jari atau jempol terus berkelanjutan pada usia lebih dari 3-6,5 tahun. Cara menghentikan kebiasaan menghisap jempol atau jari antara lain adalah memberikan nasehat secara halus, bijak dan di terima secara nalar oleh anak mengenai dampak buruknya yaitu sisa kotoran yang menempel pada tangan dan masuk sela sela kuku dapat menyebabkan sakit perut maupun diare dan susunan gigi kelak terlihat lebih baik jika anak bisa menghentikan kebiasaan buruknya.

Anak saya kembar dan masih konsumsi ASI, tapi sejak diberikan MPASI berat badannya susah bertambah. Padahal menunya sudah diberikan dari jenis karbohidrat, daging dan lemak. Serta diberikan cemilan juga. Apa penyebab dan bagaimana solusinya?

Berat badan yang sulit naik juga dapat disebabkan karena gangguan nutrisi,gagguan sistem saluran pencernaan, penyakit infeksi, atau kondisi lainnya.Untuk lebih jelasnya disarankan berkonsultasi dengan Dokter Anak.

Pada usia berapa anak sudah mulai lancar bicara?

Mama untuk Pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda. Umumnya pada usia 12 bulan si Kecil sudah dapat mengucapkan 1 kata yang memiliki arti dan di usia 2 tahun si Kecil sudah dapat mengucapkan 1 kalimat yang terdiri dari 2 suku kata.

Keterlambatan berbicara atau Speech delay bisa disebabkan karena gangguan pendengaran atau gangguan pada organ mulut, dll.

Mama dapat menstimulasi si Kecil dengan rajin mengajak si Kecil untuk berbicara sejak dini, walaupun belum bisa berbicara namun kosakata dari Mama dapat menjadi bekal dalam perkembangan bicara dan bahasanya kelak.

Apakah si Kecil yang berusia 1 tahun dengan berat 9 kg terbilang normal? Karena sulit sekali makan.

Berdasarkan kurva tumbuh kembang WHO berat badan ideal usia 1 tahun yaitu 8-12kg. Jadi masih terbilang normal.

Mama dapat merikan makanan yang bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa dikenal sebagai makanan pokok (nasi, kentang, roti, dll), protein hewani (ikan, daging, telur, dll), protein nabati (tempe, tahu, dll), lemak, vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah, serta air dalam jumlah yang cukup.

Bagaimana cara menyiasati anak yang sulit makan?

Ada beberapa hal yang dapat Mama lakukan yaitu:

1. Berikan makanan dalam porsi kecil namun sering
2. Selalu variasikan menu harian si Kecil agar tidak bosan dan berikan makanan dalam bentuk yang lucu dan menarik. Mama juga bisa menggunakan wadah yang berwarna cerah atau bergambar karakter kesukaannya.
3. Berikan jarak 1-2 jam dari pemberian susu dengan waktu makan agar si Kecil tidak terlalu kenyang.
4. Mengajak si Kecil makan bersama teman-temannya, bersama Mama dan Papa atau anggota keluarga lainnya.
5. Berikan vitamin B kompleks alami untuk membantu meningkatkan nafsu makan si Kecil seperti hati, susu, telur, ikan, keju, daging, gandum, serealia, kacang-kacangan, pisang, sayuran hijau, dll.

Pantau terus berat badan si Kecil setiap bulannya ke Posyandu atau Pelayanan Kesehatan terdekat ya Mama. Jika dalam 2 bulan berturut-turut berat badan si Kecil tidak mengalami kenaikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana cara menaikan berat badan si Kecil? Dan kondisi pandemi seperti ini apakah aman konsultasi ke dokter di rumah sakit?

Agar berat badan si Kecil tetap ideal, Mama dapat memberikan makanan bernutrisi seimbang yang terdiri dari karbohidrat atau biasa dikenal sebagai makanan pokok (nasi, kentang, roti, dll), protein hewani (ikan, daging, telur, dll), protein nabati (tempe, tahu, dll), lemak, vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah, serta air. Berikan 3 kali makanan utama dan 2 kali selingan/camilan.

Pantau terus berat badan si Kecil setiap bulannya ke Posyandu atau Pelayanan Kesehatan terdekat. Jika dalam 3 bulan berturut-turut berat badan si Kecil tidak mengalami kenaikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Di tengah pandemi Covid-19, ahli menyarankan untuk dapat menunda membawa anak ke rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), kecuali memang terjadi gejala yang parah, pastikan Ibu dan si kecil tetap aman dengan menjalankan protokol kesehatan pada saat mengunjungi RS. 

Bagaimana cara menstimulasi pertumbuhan gigi si Kecil?

Pertumbuhan gigi si Kecil akan mulai terlihat antara usia 4-7 bulan. Sedangkan gigi susu anak-anak pada umumnya baru lengkap pada usia 3 - 3,5 tahun.

Mama dapat menstimulasi tumbuh gigi pada si Kecil dengan memberikan makanan dengan tekstur yang lebih padat dari sebelumnya seperti biskuit atau finger food. Mama juga bisa menggosok gusi si Kecil menggunakan kasa atau menggunakan teether untuk melancarkan peredaran darah di gusi si Kecil. Jangan lupa untuk memberikan makanan yang tinggi kalsium seperti kacang-kacangan, susu, yoghurt atau ikan.

Anak saya sudah bisa pipis tanpa popok pada siang hari, kendalanya hanya pada malam hari, karena masih ngompol, bagaimana cara mengatasinya?

Mama bisa mencoba rutinkan si Kecil dengan membangunkannnya tengah malam untuk ke kamar mandi atau bila perlu gunakan potty training yang diletakkan tidak jauh dari tempat tidur si Kecil. Jadi ketika ia ingin BAK atau BAB, bisa langsung ke potty trainingnya tersebut.

Frekuensi dan volume urin si Kecil sesuai dengan jumlah air yang ia minum. Selama si Kecil BAK dalam jumlah yang wajar atau sama seperti BAK saat siang hari, maka Mama tidak perlu khawatir. Tingkatkan asupan minum si Kecil di siang hari dan batasi minum si Kecil di malam hari untuk menghindari si Kecil mengompol.

Yang perlu diperhatikan adalah warna urin si Kecil pastikan tidak berwarna atau bening yang mengindikasikan kondisi hidrasi dalam tubuh si Kecil.

Selain itu, jika si Kecil pipis namun dalam jumlah yang sedikit-sedikit dan berlangsung dalam waktu yang lama, maka Mama perlu nih berkonsultasi dengan dokter ya.

Anak saya umur 6 bulan tumbuh gigi langsung 4 ( 2 atas, 2 bawah) dan giginya keluar semua umur 1 tahun.Sekarang umur 6 tahun, giginya yang awal tumbuh 4 itu copot semua.tapi untuk gigi yang 2 bawah langsung keluar gigi baru. Gigi atas kenapa lama sekali ya tumbuhnya? Apa karena anak saya masih ngedot jadi menghambat pertumbuhan giginya?

Pada umumnya gigi susu akan mulai copot di usia 6-7 tahun. Waktu tumbuh gigi tetap pada anak berbeda-beda.

Di usia 6-7 tahun biasanya gigi seri tengah sudah mulai tumbuh. Mama bisa mengurangi intensitas si Kecil menggunakan botol susu dan mengajari si Kecil minum susu menggunakan gelas ya Ma.

Jangan lupa optimalkan juga asupan kalsium dan vitamin D dari susu, keju, sayur bayam, dll. Pemeriksaan ke dokter juga perlu dilakukan jika gigi susu telah tanggal tetapi gigi permanen tidak kunjung muncul dalam waktu tunggu sekitar 6 bulan–1 tahun.

Anak saya usia 3,5 tahun dengan berat badan 11 kg dan tinggi 1 meter, sepertinya pertumbuhan berat badannya kurang karena sulit sekali makan, dan tidak menyukai buah. Bagaimana supaya berat badannya bertambah?

Berat badan ideal usia 3,5 tahun yaitu 13-17 kg. Si Kecil yang susah makan bisa disebabkan beberapa faktor seperti bosan dengan menu makanannya, sedang tumbuh gigi atau sariawan, sedang tidak enak badan dan lain-lain. Mama bisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya.

Untuk berat badan si Kecil saat ini perlu ditingkatkan. Mama bisa memberikan si Kecil makanan bergizi seimbang, berikan jadwal makan 3 kali makan utama dan 3 kali selingan, berikan makanan tinggi kalori seperti makaroni schotel, kroket kentang isi daging dan lain-lain. Untuk si Kecil yang tidak menyukai buah, Mama bisa mengkreasikan seperti membuat jus buah, puding buah, es buah atau es krim buah.

Apabila tidak ada kenaikan berat badan selama 3 bulan berturut-turut sebaiknya Mama berkonsultasi kembali dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Berapa usia anak yang tumbuh kembangnya dkatakan masa toddler? Anak saya usia 15 bulan mulai berlari tetapi masih sering jatuh, suka menarik-narik mainan, mulai senang naik tangga tapi masih dengan bantuan

Mama, fase toddler yaitu fase usia 12 - 36 bulan. Fase toddler adalah fase awal balita. Fase ini merupakan lanjutan setelah fase bayi dalam 1000 hari pertama kehidupan. Pada fase ini si Kecil mengembangkan keterampilan motorik kasar yang melibatkan koordinasi kelompok otot besar di tubuh, untuk melakukan gerakan, seperti merangkak, duduk tegak, berdiri, berjalan, berlari,melompat, dan melempar bola. Perkembangan kemampuan itu tergandung kepada kekuatan otot dan perkembangan saraf anak. Keterampilan motorik kasar diperlukan sejak bayi, sebagai bagian dari tumbuh kembangnya dan akan semakin berkembang seiring pertambahan usianya. Mama dapat membantu menstimulasinya sesuai dengan usia dan kemampuannya.

Anak saya tidak rewel dalam memilih makanan namun moody. Saat itu dia tidak mood, dia tidak mau makan apapun. Tapi ketika moodnya baik, dia tidak pernah menolak makanan. Menu kesukaannya adalah ayam kuah kecap. Pada saat tidak mau makan karena moody apakah dapat mengganggu tumbuh kembangnya?

Suasana hati si Kecil juga mempengaruhi pola makannya ya Ma, pastikan saat waktu makan Mama berikan suasana yang menyenangkan agar  siKecil semakin lahap makannya. Umpamanya dengan mengunakan piranti dengan warna kesukaannya, mengunakan karakter tokoh yang sedang digemarinya dll.

Makanan yang bernutrisi sangat diperlukan untuk dukung tumbuh kembang si Kecil yang optimal. Jadi pastikan si Kecil tidak mengalami moody lagi pada saat  waktunya makan.       Mama juga bisa selalu variasikan menu makanan hariannya agar ia tidak bosan.

Anak saya usia 1 bulan. Pada usianya saat ini, seharusnya sudah seperti apa tahapan perkembangannya?

Mama, kemampuan motorik si Kecil akan terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya usia dan setiap tahap tumbuh kembang berbeda-beda pada setiap anak. Pada usia bayi 1 bulan, bayi sudah mulai bisa menggeleng-gelengkan kepala dalam posisi telungkup. Bayi 1 bulan senang melihat wajah orang-orang di sekelilingnya dan sudah mulai mengenali suara Mama dan Papa.

comment-icon comment-icon