taboola Expert Advisor - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Nutrisi untuk Imunitas

Makanan apa saja yang bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil Tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh sikecil agar tidak mudah sakit

Jika si Kecil di bawah 6 bulan, makanan yang dapat diberikan cukup dengan ASI saja. Untuk si Kecil usia 6-12 bulan tetap diberikan ASI kemudian ditambahkan dengan MPASI. MPASI yang diberikan harus memenuhi kebutuhan gizinya, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Demikian pula saat ia sudah makan makanan keluarga di atas 1 tahun. Nutrisi yang tercukupi dapat membantu kerja sistem imun. Pastikan juga si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya.

Saat ini lagi musin hujan ditambah matahari sedikit keluarnya dan lebih sering mendung. Apakah hal ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh anak ketika dirumah saja?

Paparan sinar matahari memang sangat penting agar tubuh mendapatkan paparan terhadap vitamin D. Karena vitamin D dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam darah, menjaga fungsi saraf dan otot, serta meningkatkan imunitas tubuh. Namun disaat pandemik paparan sinar matahari secukupnya, tingkatkan lebih ke makanan yang bergizi dan seimbang, olahraga secukupnya, patuh social/physical distancing, serta tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menjaga imunitas si Kecil.

Berapa porsi buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak untuk mencukupi kebutuhan gizi hariannya?

Merujuk pada pedoman gizi seimbang dari kemenkes (2014)

Secara umum menurut pedoman gizi seimbang, disarankan setiap kali makan dari 1 porsi piring ½ nya terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna. Sementara ½ bagian piring lainnya terdiri dari protein dan karbohidrat.

Vitamin apa ya yang bagus buat anak susah makan?

Pada prinsipnya apabila konsumsi sehari-hari sudah mencukupi dan sesuai dengan pedoman gizi seimbang, pemberian suplemen atau vitamin tidak diperlukan.

Pada usia anak 1 tahun, kondisi masih sering sakit. Bagaimana tipsnya supaya anak tidak mudah sakit?

Supaya daya tahan tubuh anak terjaga, biasakan memberikan menu makanan yang bernutrisi seimbang. Perbanyak memberikan makanan yang mengandung vitamin dan mineral (seperti buah-buahan), Berikan asupan cairan yang cukup, dan istirahat yang cukup.

Bagaimana cara paling efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh anak?

Untuk meningkatkan imunitas si Kecil dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang bergizi seimbang, ajak si Kecil olahraga atau aktivitas fisik lainnya, dan penuhi juga asupan nutrisinya dengan susu pertumbuhan. Jika si Kecil dirasa membutuhkan asupan vitamin tambahan juga bisa diberikan namun sebaiknya dengan rekomendasi dokter terlebih dahulu.

Apa yang dimaksud dengan prebiotic FOS & GOS dan dimana kita bisa mendapatkannya dari asupan makanan?

Galacto-oligosaccharide (GOS) merupakan kumpulan dari kelompok karbohidrat yang terdiri dari oligo-galactose, laktosa, dan glukosa. GOS bisa didapat secara alami pada sayur-mayur dan sudah diproduksi secara komersial. Sedangkan, fructo-oligosaccharides (FOS) merupakan oligosakarida yang terkandung secara alami pada bawang, asparagus, pisang, dan lain-lain. FOS terdiri dari fruktosa dan glukosa.

Oligosakarida mendukung pertumbuhan mikroorganisme yang bermanfaat bagi saluran cerna. Saat saluran cerna si Kecil baik dan bakteri pada sistem pencernaannya juga berkembang banyak, maka sistem imun si Kecil akan meningkat.

Prebiotik FOS GOS juga bisa ditemukan pada makanan seperti yoghurt atau produk susu pertumbuhan yang sudah difortifikasi.

Asupan makanan apa yang paling baik untuk menjaga imunitas anak?

Asupan makanan yang terbaik untuk si kecil tentunya harus bergizi seimbang. Terdiri dari Karbohidrat seperti nasi, kentang roti dan lainnya, kemudian Protein dari daging, telur atau kacang-kacangan, ada Lemak dari minyak dan Mineral serta Vitamin dari sayur dan buah. Jangan lupa juga penuhi asupan nutrisi tambahannya dari susu pertumbuhan untuk si Kecil yang berusia di atas 1 tahun.

Pada usia si kecil 7 bulan apakah sudah boleh diberikan buah naga?

Di usia si Kecil 7 bulan boleh saja diberikan buah naga atau semangka sesuai dengan kemampuan si Kecil. Buah naga kaya akan vitamin C sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh si Kecil, tinggi serat untuk menjaga saluran pencernaan si Kecil, dan mengandung vitamin A untuk menjaga kesehatan mata. Untuk menghindari rasa bosan, Mama dapat memvariasikan pemberian buah lainnya untuk si Kecil.

Bagaimana pemberian asupan gizi untuk anak yang paska petawatan positif covid dari isolasi, apakah digandakan dari biasa?

Pada balita yang termasuk ODP atau PDP pemberian MPASI harus lebih teliti lagi dalam hal jadwal dan komposisi nutrisinya. Berikan jadwal yang teratur yaitu makanan utama 3x sehari, dengan makanan selingan 1-2 x sehari, dan lanjutkan pemberian ASI apabila usia masih di bawah 2 tahun dan ASI masih cukup.

Mama dapat memberikan MPASI dari bahan-bahan segar dan bukan olahan, ingatlah untuk menyertakan protein sebagai salah satu komponen nutrisi yang sangat berperan dalam sistem kekebalan tubuh pada setiap jadwal makan utama anak. Protein dapat diperoleh dari ikan, telur, ayam, daging, susu, ataupun dari nabati seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Selain mencukupi kebutuhan protein dengan mengonsumsi bahan makanan sumber protein tersebut, Mama juga sudah membantu untuk mencukupi kebutuhan mineral seperti zat besi dan zinc yang juga diperlukan untuk sistem pertahanan tubuh si Kecil.

Jenis buah apa saja yang bisa mendukung imunitas anak?

Buah-buahan yang dapat mendukung imunitas tubuh adalah yang di dalamnya mengandung vitamin C. Misalnya ada jeruk, jambu, mangga, dll. Untuk pemberiannya kami sarankan tetap diberikan semua buah-buahan agar semua asupan vitamin bisa didapatkan oleh si Kecil. Berikan secara bervariasi supaya si Kecil tidak bosan ya

Apakah status gizi si Kecil juga berpengaruh pada daya tahan tubuhnya?

Nutrisi yang cukup dan seimbang akan berpengaruh pada status gizi si Kecil. Status gizi yang kurang maupun berlebih dapat berdampak buruk pada sistem imun tubuh. Status gizi kurang dapat menimbulkan kondisi imunosupresi yaitu daya tahan tubuh yang kurang sehingga lebih rentan terkena penyakit. Sedangkan status gizi yang berlebih juga meningkatkan risiko inflamasi kronis yang mengganggu imun tubuh juga. Pastikan untuk memberi si Kecil asupan nutrisi yang seimbang mulai dari kebutuhan nutrisi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta kebutuhan nutrisi mikro yaitu vitamin, mineral, dan zat penunjang lainnya.

Anak saya usia 18 bulan setelah diimunisasi tangannya bengkak. Saya sudah kompres dengan air dingin tapi masih bengkak. Sebaiknya diberikan apa ya?

Mama, kulit si Kecil bengkak setelah imunisasi merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh mulai membentuk kekebalan terhadap penyakit. Peradangan ini umumnya muncul beberapa jam setelah imunisasi dan reda dengan sendirinya dalam satu minggu.
Cara yang Mama lakukan untuk meredakan bengkak pada kulit si Kecil sudah tepat dengan mengkompres area kulit si Kecil yang bengkak. Sekarang Mama bisa melakukan beberapa cara lain untuk meredakan pembengkakan pada kulit tangan si Kecil yaitu:
- Kompres dingin area yang bengkak dan merah selama kurang lebih 10–20 menit. Bungkus kompres dingin dengan handuk atau kain agar tidak langsung menyentuh kulit.
- Pastikan si Kecil tidak mengenakan selimut atau pakaian yang panas dan beri ia minum air putih atau ASI (apabila masih diberikan) lebih banyak jika bengkak setelah imunisasi disertai demam.
- Berikan paracetamol sebagai pereda rasa sakit atau konsultasi dokter untuk obat yang tepat jika rasa sakitnya sangat mengganggu.

Umumnya bengkak pada kulit si Kecil akibat suntik imunisasi akan mereda dalam waktu 3 hari sampai satu minggu dengan sendirinya. Namun apabila Mama masih khawatir, maka Mama bisa segera konsultasi ke tenaga medis seperti dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat ya Ma.

Dengan kandungan prebiotik yang ada dalam susu, akan bisa membantu efek si bakteri dalam usus atau tidak ya?

Mama, prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Saat tubuh mendapatkan asupan prebiotik dari susu, serat ini akan dicerna oleh bakteri baik yang secara alamiah hidup dalam sistem pencernaan. Karena itu, prebiotik penting untuk menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh.

comment-icon comment-icon