Expert Advisor - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kembali

Pertanyaan Mama dan Papa

Nutrisi untuk Imunitas

Makanan apa saja yang bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil Tips untuk meningkatkan daya tahan tubuh sikecil agar tidak mudah sakit

Jika si Kecil di bawah 6 bulan, makanan yang dapat diberikan cukup dengan ASI saja. Untuk si Kecil usia 6-12 bulan tetap diberikan ASI kemudian ditambahkan dengan MPASI. MPASI yang diberikan harus memenuhi kebutuhan gizinya, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Demikian pula saat ia sudah makan makanan keluarga di atas 1 tahun. Nutrisi yang tercukupi dapat membantu kerja sistem imun. Pastikan juga si Kecil mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya.

Saat ini lagi musin hujan ditambah matahari sedikit keluarnya dan lebih sering mendung. Apakah hal ini dapat mempengaruhi daya tahan tubuh anak ketika dirumah saja?

Paparan sinar matahari memang sangat penting agar tubuh mendapatkan paparan terhadap vitamin D. Karena vitamin D dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam darah, menjaga fungsi saraf dan otot, serta meningkatkan imunitas tubuh. Namun disaat pandemik paparan sinar matahari secukupnya, tingkatkan lebih ke makanan yang bergizi dan seimbang, olahraga secukupnya, patuh social/physical distancing, serta tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menjaga imunitas si Kecil.

Berapa porsi buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak untuk mencukupi kebutuhan gizi hariannya?

Merujuk pada pedoman gizi seimbang dari kemenkes (2014)

Secara umum menurut pedoman gizi seimbang, disarankan setiap kali makan dari 1 porsi piring ½ nya terdiri dari sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna. Sementara ½ bagian piring lainnya terdiri dari protein dan karbohidrat.

Vitamin apa ya yang bagus buat anak susah makan?

Pada prinsipnya apabila konsumsi sehari-hari sudah mencukupi dan sesuai dengan pedoman gizi seimbang, pemberian suplemen atau vitamin tidak diperlukan.

Pada usia anak 1 tahun, kondisi masih sering sakit. Bagaimana tipsnya supaya anak tidak mudah sakit?

Supaya daya tahan tubuh anak terjaga, biasakan memberikan menu makanan yang bernutrisi seimbang. Perbanyak memberikan makanan yang mengandung vitamin dan mineral (seperti buah-buahan), Berikan asupan cairan yang cukup, dan istirahat yang cukup.