5 Olahraga Menghilangkan Stres untuk Working Mom
Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Untuk Mama

5 Ide Olahraga Ringan untuk Menghilangkan Stres Mama

Article Oleh : Febriyani Suryaningrum 02 April 2024

Banyak working moms yang merasa kelelahan secara fisik dan mental karena harus membagi waktu antara pekerjaan kantor dan urusan rumah tangga secara terus-menerus. Itu kenapa Mama rentan mengalami stres yang bisa berdampak ke kebugaran tubuh.

Tapi, ada satu hal yang bisa Mama lakukan agar tubuh dan pikiran terasa lebih bugar, yaitu rutin berolahraga.

Tidak harus selalu ke gym, Ma. Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga ringan dari Tim Ahli dari Nutriclub yang dapat Mama lakukan untuk menghilangkan stres agar bisa Menang di setiap Langkah.

Manfaat Olahraga Rutin untuk Menghilangkan Stres

Tahukah Mama bahwa ada berbagai alasan mengapa melakukan olahraga atau kebugaran jasmani dapat menghilangkan stres? 

1. Menurunkan Kadar Stres

Menjadi seorang ibu rumah tangga yang bekerja membuat Mama sangat rawan terserang stres. Kabar baiknya, olahraga secara teratur dapat bantu menghilangkan stres. 

Saat berolahraga, tubuh Mama secara otomatis akan memproduksi hormon endorfin. Hormon ini sering disebut sebagai hormon kebahagiaan karena dapat membuat Mama merasa lebih bahagia dan penuh semangat. 

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Mama sering merasakan tubuh lelah luar biasa tapi kesulitan untuk tidur? Nah, kondisi ini dapat diperbaiki dengan melakukan olahraga ringan secara teratur. 

Selain membuat Mama lebih mudah terlelap, olahraga secara teratur juga akan bantu tubuh Mama untuk tidur lebih nyenyak. 

Yang perlu diperhatikan yaitu hindari olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat menimbulkan lonjakan energi yang membuat tubuh Mama kesulitan untuk diajak tidur.

3. Menambah Energi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, olahraga dapat memicu tubuh untuk memproduksi energi. 

Saat berolahraga, oksigen dan beragam nutrisi akan didistribusikan ke dalam jaringan tubuh. Hal itu membantu sistem kardiovaskular atau sistem peredarah darah Mama untuk bekerja secara lebih efektif. 

Selain memicu tubuh memproduksi energi, olahraga rutin juga menstimulasi otot dan ketahanan tubuh Mama agar semakin kuat. 

4. Membantu Menjaga Berat Badan 

Olahraga dapat mencegah terjadinya lonjakan berat badan drastis. Semakin aktif tubuh Mama bergerak, semakin banyak kalori yang terbakar. Alhasil, berat badan Mama akan tetap ideal. 

Selain itu, tubuh Mama akan lebih fit, kuat, dan segar. Hal tersebut tentu dapat membantu Mama memiliki self-concept dan rasa percaya diri yang lebih baik. 

5. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit 

Bergerak secara aktif dapat menstimulasi produksi HDL (high-density lipoprotein) alias kolesterol baik dan menurunkan produksi trigliserida atau lemak yang dapat menyumbat aliran darah. 

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa olahraga rutin akan bantu Mama terhindar dari kolesterol dan berbagai penyakit kardiovaskular seperti stroke dan darah tinggi. 

Selain itu, olahraga rutin juga dapat menghindarkan Mama dari: 

  • Diabetes tipe 2

  • Beberapa macam kanker

  • Depresi

  • Anxiety (kecemasan)

  • Arthritis.

  • Falls (penyakit risiko jatuh)

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak agar Tidak Mudah Sakit

Olahraga Menghilangkan Stres untuk Working Mom

Sebagai salah satu aktivitas me time, olahraga bisa membuat badan terasa lebih segar dan bugar. Jadi, Mama siap menghadapi tantangan baru keesokan hari agar Menang di Setiap Langkah.

Tapi sebelum berangkat olahraga, pastikan diskusi dulu dengan suami, mertua atau orang tua, atau anggota keluarga terdekat lainnya untuk menitipkan si Kecil sebentar agar ada yang menjaganya. 

Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang cocok untuk ibu-ibu super sibuk:

1. Yoga

Saat si Kecil belum bangun di pagi hari, berada di preschool, atau saat bermain bersama pengasuh atau kerabat lain, Mama bisa mengambil waktu 20-30 menit untuk melakukan 1 sesi yoga harian. 

Tidak harus selalu pergi ke studio yoga, Mama dapat mengikuti kelas yoga online atau menemukan video tutorial dari berbagai platform internet. 

2. Zumba

Mama suka menari? Kalau iya, zumba jadi olahraga yang cocok untuk Mama. Sama seperti yoga, Mama juga dapat melakukannya di rumah. Pilih video zumba favorit di YouTube atau platform online lainnya.

Namun jika ada waktu luang, tidak ada salahnya untuk datang ke studio untuk mendapatkan atmosfer yang lebih seru sambil bersosialisasi dengan Mama lain. 

3. Cardio 

Pekerjaan dan tanggung jawab working moms tak pernah mengenal kata libur sehingga kesulitan meluangkan waktu untuk berolahraga. 

Mama bisa melakukan 20-30 menit cardio workout seperti jumping jacks, push-ups, high knees, squats, crunches, jump rope, plank, dan masih banyak lagi alternatif olahraga ringan yang bisa dilakukan di sela kesibukan.

Mama dapat memanggil personal trainer ke rumah atau menonton tutorial daily cardio workouts secara online. Jenis olahraga ini juga menjadi olahraga yang cocok untuk ibu rumah tangga.

4. Berenang

Olahraga yang satu ini cocok untuk untuk working moms yang tidak suka berkeringat. Berenang memberikan kesempatan bagi seluruh tubuh Mama untuk bergerak, dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Oleh karena itu, berenang dapat meningkatkan detak jantung, mengencangkan otot, serta membangun kekuatan dan ketahanan tubuh.

Sebagai permulaan, Mama dapat berenang selama 15 - 20 menit. Apabila sudah terbiasa, Mama dapat meningkatkan durasi berenang menjadi 30 menit dalam sehari. Jangan langsung berenang terlalu intens ya, Ma. Nanti badan justru akan terasa sakit semua.

Itulah beberapa olahraga ringan yang cocok untuk Mama lakukan. Jadi, olahraga apa yang ingin Mama coba hari ini? Jangan lupa selalu memakai sunscreen sebelum berolahraga di luar ruangan, ya!

Jangan lupa juga daftarkan diri di Nutriclub sekarang juga! Dengan jadi member, Mama berkesempatan dapat beragam penawaran eksklusif dan hadiah juara agar bisa Menang di Setiap Langkah mendukung si Kecil bertumbuh kembang optimal.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. 7 great reasons why exercise matters. (2021). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389‌

  2. ‌Higuera, V. (2019, May 29). How to Swim to Lose Weight and Tone Up. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/how-to-swim-to-lose-weight#:~:text=Start%20with%2015%20to%2020,cause%20you%20to%20give%20up.

  3. Marcin, A. (2017, September). What Are the Top 12 Benefits of Swimming? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming#benefits

Artikel Terkait
floating-icon