Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Skincare ibu rumah tangga-nutriclub
Untuk Mama

9 Tips Skincare Antiaging untuk Mama yang Super Sibuk

Article Oleh : Ajeng Quamila 12 Juni 2024

Bagi kebanyakan perempuan, stres yang timbul karena kesibukan pekerjaan, kelelahan fisik dan mental menjadi orang tua, ditambah usia yang tidak lagi semakin muda sangat bisa membuat kulit kusam dan cepat terlihat tua dari seharusnya. Bahkan faktanya, gaya hidup dengan stres tinggi membuat Mama bisa terlihat 3,5 tahun lebih tua.

Bahagia adalah kunci utama untuk Mama bisa Menang di Setiap Langkah. Jadi, jangan pernah mengabaikan perawatan diri Mama sendiri, ya. Karena dengan merawat diri sendiri, Mama akan bisa memiliki semangat baru dan mood yang lebih positif untuk memulai hari-hari bersama anak-anak.

Berikut rekomendasi urutan pemakaian skincare untuk ibu rumah tangga yang bisa Mama lakukan di waktu senggang untuk menjaga kulit tetap terlihat sehat dan terawat.

Tips Skincare untuk Ibu Rumah Tangga yang Sibuk Bekerja

Ketika membicarakan rutinitas skincare untuk ibu rumah tangga yang bekerja, dr. Kathryn Durham, seorang board-certified dermatologist dari American Academy of Dermatology, berkata, “Jika Mama sibuk dan hanya ingin perawatan kulit basic, ada enam produk utama yang Mama perlukan, yaitu sabun cuci muka, serum vitamin C, tabir surya, retinoid, dan pelembab.” 

Namun di samping produk skincare yang utama dan wajib dimiliki, ada baiknya juga menambahkan sedikit kesenangan dan kemewahan ke dalam prosesnya. 

Berikut ini adalah urutan skincare untuk ibu rumah tangga yang bisa Mama coba setelah double cleansing dengan hapus make up dan mencuci muka untuk memanjakan kulit yang lelah setiap kali ada waktu luang lebih untuk me time, baik itu di malam hari atau di weekend:

1. Eksfoliasi Wajah

Mama sebetulnya tidak perlu terlalu sering mengeksfoliasi wajah. Namun, mengangkat sel-sel kulit mati itu tetap salah satu step skincare yang tidak penting.

Mama mungkin perlu jadwalkan eksfoliasi ketika kulit sudah tampak kusam dan bersisik, berjerawat, atau pori-pori tampak tersumbat dengan blackheads. 

Gunakan exfoliant setelah mencuci muka dengan sabun pembersih lembut. Setelah eksfoliasi, kulit wajah Mama akan lebih siap siap menerima perawatan yang lebih intensif dari produk skincare berikutnya. 

Jika kulit Mama normal, eksfoliasi bisa dilakukan 2-3 kali seminggu ketika ada waktu. Pemilik kulit kering cukup eksfoliasi hanya seminggu sekali atau dua minggu sekali, sedangkan jika kulit Mama berminyak, eksfoliasi bisa dilakukan rutin 3-4 kali jika kulit Mama sanggup dan jika ada waktunya.

2. Pakai Toner

Saat kulit masih dalam keadaan lembap setelah cuci muka dan eksfoliasi, segera pakai toner. Apa pun tipe kulit Mama, carilah toner water-based dengan kandungan ekstrak rose water atau chamomile, turunan vitamin B seperti panthenol, ceramidepeptide, serta gliserin dan hyaluronic acid yang membantu mengunci kelembapan dan menjaga kulit Mama tetap terhidrasi dengan baik

Ada beberapa cara memakai toner yang bisa Mama coba. Namun untuk memberikan hidrasi terbaik bagi kulit yang lelah, cobalah langsung gunakan tangan. Tuang toner secukupnya ke telapak tangan dan tepuk-tepuk pelan kulit wajah Mama.

Tips lainnya, tuang toner ke beberapa kapas tipis sampai cukup basah dan tempelkan ke wajah seperti masker. Diamkan selama 5-10 menit untuk merasakan efek hidrasi yang benar-benar maksimal.

3. Pakai Masker

Semua masker bekerja paling baik bila digunakan pada kulit yang telah dipersiapkan dengan benar, yaitu dengan cuci muka dan memakai toner. 

Menggunakan toner akan menyeimbangkan pH kulit dan memaksimalkan penyerapan bahan utama masker apa pun yang akan Mama gunakan selanjutnya.

Tak hanya itu, penggunaan toner sebelum masker wajah dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi (terutama jika sebelumnya Mama juga mengeksfoliasi wajah), mencegah penuaan dini, dan masih banyak lagi.

Gunakanlah masker dengan kandungan sesuai kebutuhan Mama. Misalkan jika ingin melembapkan kulit kering, cari masker wajah dengan kandungan jojoba oil, squalane, dan ceramide.

Sementara untuk mencerahkan kulit kusam, gunakan masker wajah mengandung vitamin C, ferulic acid, dan caffeine yang sekaligus menawarkan efek mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit yang meradang akibat paparan sinar matahari.

4. Pakai Essence

Essence bukan step skincare yang selalu wajib ada. Tapi di saat ada waktu luang untuk memanjakan diri, Mama mendapatkan manfaat ekstra bila menambahkan essence ke rutinitas skincare “mewah” Mama.

Terutama jika Mama memiliki jenis kulit yang lebih kering dan kulit menua. Bahan aktif dan hidrasi tambahan dari essence dapat membuat kulit kenyal dan mengaburkan munculnya garis-garis halus. Terlebih lagi, kulit yang kenyal dan bercahaya adalah kanvas terbaik untuk riasan yang bagus. Jadi, tidak ada lagi riasan yang crack di siang hari.

Baca Juga: Kenapa Ibu Butuh Waktu untuk Sendirian

5. Pakai Serum

Serum adalah jalan pintas skincare untuk ibu rumah tangga memperbaiki kerusakan kulit yang serius. Sebab, serum mengandung bahan aktif yang terkonsentrasi dalam dosis lebih tinggi dibandingkan essencetoner, atau bahkan pelembap.

Ada banyak jenis serum yang bisa Mama gunakan sesuai kebutuhan. Misalnya serum retinol untuk antiaging, serum salicylic acid untuk mengatasi jerawat, repairing serum dengan kandungan DNA salmon, sampai serum antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E.

Namun, pemakaian serum harus ekstra hati-hati karena dosis tinggi kandungannya. Ada beberapa jenis serum yang tidak bisa digunakan bersamaan, seperti retinol dan vitamin C atau retinol dengan salicylic acid, karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

6. Pakai Moisturizer

Setelah serum menyerap dengan baik, “tutup” urutan skincare untuk ibu rumah tangga dengan memakai pelembap. Memakai pelembap sangat penting untuk mencegah kulit kering yang dapat memperparah penampilan kusam, garis-garis halus, bersisik, dan berkeriput. Menggunakan pelembap juga bantu meratakan warna kulit dan menyamarkan noda atau flek-flek mengganggu.

7. Pijat Wajah dengan Guasha

Untuk membuat wajah yang lelah kembali segar, coba pijat wajah menggunakan guasha. Guasha terbukti membantu meningkatkan aliran darah ke area wajah yang dipijat sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan dan pembengkakan di wajah.

Gua sha juga membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan di area leher setelah Mama seharian bekerja di depan laptop.

Bahkan, sebuah penelitian dari Tiongkok terhadap 80 wanita yang diterbitkan pada tahun 2017 di jurnal Menopause menemukan bahwa rutin pijat wajah dengan guasha selama 15 menit setiap minggu bantu mengurangi rasa kelelahan, gugup, dan sakit kepala, hingga membantu mengatasi insomnia.

8. Gunakan LED Mask

Terapi cahaya LED sudah sangat umum ditawarkan di banyak klinik kecantikan. Versi portable-nya pun sekarang sudah tersedia di pasaran, sehingga Mama bisa mencobanya sendiri di rumah. 

Menurut berbagai dermatologis, manfaat perawatan dengan cahaya LED bisa bermacam-macam tergantung dari panjang gelombang yang digunakan. 

Beberapa manfaat menggunakan terapi LED untuk kecantikan adalah membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat, menyeimbangkan produksi sebum (minyak alami kulit), menstimulasi kolagen dan elastin, serta meminimalkan kemerahan dan kerutan. Panjang gelombang cahaya tertentu bahkan terbukti mengurangi bintik-bintik hitam dan warna kulit tidak merata.

Sebagai perangkat yang digunakan di rumah, LED mask portable mungkin kurang efektif dibandingkan prosedur di klinik kecantikan atau di dokter kulit kepercayaan Mama. Tapi, tidak ada salahnya sesekali memanjakan diri dengan tools yang satu ini.

9. Pakai Heating Eye Mask

Paparan suhu hangat dari masker mata yang bisa dipanaskan ini bisa bantu meredakan sakit kepala karena tegang dan mata lelah, sekaligus membuat Mama rileks dan mengantuk sehingga paling baik digunakan tepat sebelum tidur.

Baca Juga: Menyusui Bisa Membantu Ibu Langsing Kembali

Mungkin rasanya sulit untuk mempertahankan rutinitas skincare jika Mama sibuk mengurus anak dan bekerja. Namun, meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat kulit dapat menjadi terapi healing darurat — untuk mental dan kulit — di kala Mama sangat membutuhkan waktu bersantai sejenak agar bisa lanjut Menang di Setiap Langkah.

Jangan lupa juga daftarkan diri di Nutriclub sekarang! Dengan jadi member, Mama juga berkesempatan memanjakan diri sendiri dengan beragam hadiah eksklusif agar bisa Menang di Setiap Langkah. Ada vacuum cleaner Dyson, handheld steamer, sampai air fryer menunggu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  1. WebMD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-8944/lanolin-topical/details, (link harus mati) Diakses pada 11 Mei 2020
     
  2. Jika menggunakan buku/jurnal/research sebagai referensi, tuliskan seperti daftar pustaka. Bisa pakai APA Citation Generator. (atau pasang chrome extension MyBib)
Artikel Terkait