Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
pantai-perkembangan-balita-usia-2-tahun_large
Tumbuh Kembang

Pantau Perkembangan Balita Usia 2 Tahun

15 Januari 2020

Perkembangan balita mulai usia 1 hingga 2 tahun sangat pesat. Sebaiknya Ibu memahami apa saja perkembangan yang dialami balita di usia 2 tahun, agar Ibu dapat memantau perkembangan balita.

Pada usia 2 hingga 3 tahun, perkembangan fisik si Kecil akan tampak jelas, terutama pada proporsi tubuhnya.  Saat ia masih bayi, kepala si Kecil cenderung lebih besar dan memiliki kaki juga tangan yang lebih pendek. Di usia ini perkembangan lingkar kepalanya akan lebih lambat, dari ¾ inci (2 cm) pada tahun kedua ini, akan menjadi sekitar 1 ¼ inci (2-3 cm) hingga 10 tahun ke depan.

Pada saat yang sama, tinggi badannya akan bertambah, karena kakinya akan bertambah panjang dan dampaknya tubuh si Kecil akan tampak semakin proporsional.

Perkembangan Si Kecil Sesuai Tabel Pertumbuhan Anak

Selalu pantau perkembangan tinggi dan berat badan si Kecil menggunakan tabel pertumbuhan anak sebagai standar. Jika Ibu menyadari perkembangan si Kecil jauh di bawah rata-rata perkembangan umum, maka Ibu dapat mendiskusikan hal ini dengan dokter dan melakukan pemeriksaan yang lebih intensif.

Keterlambatan perkembangan pada si Kecil dapat mengindikasi terdapat gangguan kesehatan seperti masalah kesehatan kronis, gangguan pada ginjal atau terdapat infeksi.

Did you know?

”Di usia 2-2,5 tahun, si Kecil sudah dapat melakukan hal-hal seperti berlari, membalik kertas, berbicara sekitar 10 kata, dan menggambar garis lurus. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Makan Lebih Sedikit

Ibu tidak perlu kaget bila si Kecil makan lebih sedikit, saat ia mulai menginjak usia 2 tahun. Fase ini si Kecil sering menjadi picky eaters, selain karena ia mulai antusias untuk melakukan aktivitas fisik, kebutuhan makan si Kecil memang berkurang. Ia membutuhkan lebih sedikit kalori pada usia ini dan pertumbuhannya pun lebih lambat dibandingkan fase sebelumnya.

Agar perkembangan si Kecil optimal, Ibu harus memenuhi kecukupan nutrisi hariannya. Di saat bersamaan jika nafsu makan si Kecil sangat tinggi dan ia mulai kelebihan berat badan, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter.

Kemampuan Berbicara

Pada fase ini, si Kecil akan mampu mengatakan dua atau tiga kalimat saat berbicara dengan Ibu. Ia sudah memiliki rasa sebagai individu yang terpisah dari Ibu, artinya ia akan mulai dapat mengekspresikan apa yang ia lakukan, apa yang ia sukai atau apa yang ia tidak sukai. Dukung kemampuan si Kecil untuk berbicara dan mengucapkan kata demi kata dengan benar. Dalam usia dua tahun ini si Kecil juga sudah memiliki kemampuan untuk mengikuti perintah sederhana dari Ibu.

comment-icon comment-icon