Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
pengaruh-obat-obatan-pada-janin_ratio-1_700x278pxl
Kehamilan & Menyusui

Pengaruh Obat-obatan pada Janin

10 Februari 2020

Perubahan hormon di masa kehamilan menyebabkan keluhan mual dan muntah yang dialami Ibu. Makin tinggi kadar hormon, makin cepat merangsang muntah.

Apa Pengaruh Obat-obatan pada Janin?

Ketika Ibu ingin mengonsumsi obat anti mual untuk menghentikannya, ingatlah bahwa apapun yang Ibu konsumsi memiliki pengaruh langsung terhadap janin yang berada dalam kandungan Ibu. Begitupun juga berlaku untuk obat-obatan lainnya yang biasa Ibu konsumsi sebelum hamil. 

Berikut ini adalah beberapa saran berguna untuk Ibu yang sedang hamil dan ingin menggunakan obat-obatan tertentu untuk mengobati penyakit Ibu:

  • Saat hamil penyerapan obat menjadi terganggu karena lamanya pengisian cairan ke lambung yang disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron. Pengeluaran zat sisa obat-obatan yang dikonsumsi oleh ginjal juga akan meningkat selama kehamilan. Hal inilah yang menyebabkan pemakaian obat selama kehamilan sangat berbahaya, karena akan diangkut bersama nutrisi oleh darah ke plasenta bayi.
  • Bila dokter memberikan resep obat-obatan tertentu, ikutilah petunjuknya dengan tepat. Beberapa obat, seperti yang tercantum pada resep Ibu selama hamil, pasti terbukti aman digunakan.

Obat Alami saat Hamil agar Janin Sehat

Sebisa mungkin, gunakan alternatif non-obat untuk mengatasi masalah kesehatan ringan selama kehamilan, misalnya:

  1. Sembelit: Atasi dengan makan-makanan berserat dan minum banyak air putih.
  2. Hidung tersumbat: Gunakan semprot air garam.
  3. Mual dan muntah: Hindari makanan atau minuman yang berbau tajam dan konsumsi makanan atau minuman yang rendah lemak, gula atau terlalu banyak residu.
  4. Demam: Kompres dengan air dingin di dahi dan area ketiak, minum air putih yang cukup, makan makanan yang bergizi dan beristirahat dengan baik. Bila Ibu mengalami demam lebih dari 3 hari segeralah konsultasikan dengan dokter.

Konsultasikan ke dokter kandungan sebelum mengonsumsi obat tertentu. Untuk Mama yang ingin mengetahui informasi soal kehamilan secara lengkap, bisa mengaksesnya melalui tools yang disediakan oleh Nutriclub lewat fitur berikut:

  • Deteksi Potensi Mama Melahirkan CaesarUntuk tools ini Nutriclub akan membantu mengetahui Potensi Caesar untuk mencari tahu seberapa besar potensi Mama melahirkan dengan metode Caesar lewat beberapa tes yang harus Mama lakukan.
  • Deteksi Potensi Mama Melahirkan Prematur Tools ini membantu mengidentifikasi faktor risiko persalinan prematur pada Mama dengan menggunakan beberapa tes yang perlu dilakukan.
  • Ensiklopedia Kehamilan untuk New ParentsTools ini berisi informasi terkait perkembangan si Kecil dalam Kandungan dari minggu ke minggu, informasi terkait nutrisi dan resep yang penting bagi Mama dan janin, gaya hidup dan kesehatan melalui My Pregnancy Today!
  • Jangan Cemaskan Mitos Selama KehamilanTools ini berisi informasi mitos seputar kehamilan yang berkaitan dengan gaya hidup, perkembangan janin, psikologi, dan nutrisi. Pembahasan hal-hal tersebut akan diulas lebih lanjut, sehingga Mama akan paham yang mana mitos dan mana fakta terkait masa kehamilan. 

Semoga informasi di atas membantu ya, Ma!

comment-icon comment-icon