Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
Mengenal-Lebih-Dalam-Tentang-Susu-dengan-Protein-Terhidrolisa-Parsial-large
Alergi

Susu dengan Protein Terhidrolisa Parsial (PHP), Apa Itu?

16 Juli 2020

Pada anak usia di atas 1 tahun, nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang salah satunya bisa didapat dari susu pertumbuhan. Dari beragam jenis susu pertumbuhan, susu formula dengan protein terhidrolisa parsial kerap menjadi pilihan karena terbukti memberikan sejumlah manfaat kesehatan tambahan untuk anak. Pastikan Mama memilih susu PHP yang tepat dan telah dilengkapi dengan sinbiotik untuk memberi manfaat menyeluruh untuk si Kecil.

Susu pertumbuhan untuk Si Kecil adalah susu sapi yang diolah sedemikian rupa agar cocok untuk anak dan mengandung nutrisi yang dibutuhkannya.

Terdapat berbagai jenis susu pertumbuhan untuk Si Kecil yang dijual di pasaran, namun salah satu yang sedang banyak mendapat perhatian adalah formula dengan protein terhidrolisa parsial atau formula PHP. Lalu, apa itu formula PHP dan apa bedanya dengan formula lain?

Apa Itu Susu Protein Terhidrolisa Parsial?

Susu pertumbuhan untuk Si Kecil adalah susu sapi yang diolah sedemikian rupa agar cocok untuk anak dan mengandung nutrisi yang dibutuhkannya.

Terdapat berbagai jenis susu pertumbuhan untuk Si Kecil yang dijual di pasaran, namun salah satu yang sedang banyak mendapat perhatian adalah formula dengan protein terhidrolisa parsial atau formula PHP. Lalu, apa itu formula PHP dan apa bedanya dengan formula lain.

Formula PHP dan Manfaat Susu Protein Terhdirolisa Parsial

1. Mudah Dicerna

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa formula dengan protein yang dipecah lebih mudah dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan anak. Si Kecil yang diberikan formula jenis ini juga memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit atau kolik.

2. Meningkatkan Toleransi Imun

Toleransi imun adalah batasan respons sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi terhadap zat-zat yang masuk ke dalam tubuh. Jika toleransi imun rendah, zat yang tidak berbahaya sekalipun bisa menimbulkan reaksi.

Berkaitan dengan hal ini, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pemberian formula PHP dapat meningkatkan toleransi imun Si Kecil. Dengan begitu, risiko Si Kecil untuk terkena alergi susu sapi akan lebih rendah. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya lebih mampu membedakan mana zat yang berbahaya dan mana yang tidak.

3. Menurunkan Risiko Eksim

Selain menurunkan risiko Si Kecil untuk menderita alergi susu sapi, beberapa riset juga menunjukkan bahwa formula PHP dapat mencegah anak terkena eksim. Beberapa penelitian menyatakan bahwa Si Kecil yang diberikan formula PHP memiliki risiko yang lebih rendah atau lebih jarang terkena eksim jika dibandingkan anak yang mendapatkan susu biasa.

Formula PHP bahkan dipercaya dapat mencegah timbulnya gejala eksim pada Si Kecil yang berisiko terkena eksim, misalnya anak yang orang tuanya memiliki riwayat eksim atau alergi.

Kelebihan-kelebihan formula PHP di atas masih terus diteliti untuk memastikan efektivitasnya. Jika Mama berencana memberikan Si Kecil formula PHP, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter anak, guna mengetahui porsi dan jenis susu yang sesuai dengan kondisi Si Kecil.

Kapan Pemberian Formula PHP Dianjurkan untuk Si Kecil?

Mama dapat memberikan Si Kecil formula pertumbuhan PHP ketika usianya sudah di atas 1 tahun. Selain itu, susu PHP juga bisa Mama berikan kepada Si Kecil apabila ia berisiko tinggi mengalami alergi terhadap protein yang banyak terkandung di susu sapi atau susu pertumbuhan pada umumnya. Perlu diketahui bahwa tidak seluruh formula PHP itu sama. Untuk mencegah alergi si Kecil, Mama harus memberikan nya formula PHP yang telah dilengkapi dengan sinbiotik, yaitu kombinasi prebiotik seperti FOS:GOS dan probiotik seperti B.breve yang bekerja secara sinergis untuk menjaga keseimbagan mikrobiota saluran cerna yang mendukung sistem imun dalam menurunkan risiko alergi si Kecil

Untuk mengetahui apakah Si Kecil berisiko tinggi memiliki alergi susu atau tidak, Mama bisa menjawab pertanyaan berikut ini: Apakah ada anggota keluarga, baik itu Mama, Papa, atau Kakak, yang memiliki alergi? Terkadang, kondisi yang dialami tidak disadari merupakan gejala alergi. Mama dapat mengecek besarnya risiko alergi si Kecil menggunakan Allergy Risk Screener. Setelah mengetahui besar risiko alergi si Kecil, Mama tetap perlu memeriksakannya ke dokter anak untuk mengetahui tindakan pencegahan yang tepat.

Pada dasarnya, formula PHP dapat menjadi pemenuh kebutuhan nutrisi Si Kecil yang sudah berusia di atas 1 tahun. Mama juga dapat berkonsultasi dengan dokter anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Dokter akan menyarankan jenis susu yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Si Kecil, beserta jumlah yang perlu diberikan setiap harinya.

Itu tadi sekilas informasi terkait susu dengan Protein Terhidrolisa Parsial (PHP). Untuk memantau proses tumbuh kembang Si Kecil, Mama bisa memanfaatkan tools dari Nutriclub berikut ini:

Selamat mencoba, ya Ma!

  • Vandenplas, et al. (2019). A Perspective on Partially Hydrolyzed Protein Infant Formula in Nonexclusively Breastfed Infants. Korean Journal of Pediatrics. 62(5), pp. 149–154.
  • Sauser, et al. (2018). Partially Hydrolyzed Whey Infant Formula: Literature Review On Growth and the Risk of Developing Atopic Dermatitis In Infants From the General Population. International Archives Allergy and Immunology. 177(2), pp. 123-134.
  • Cabana, M.D. (2017). The Role of Hydrolyzed Formula In Allergy Prevention. Annals of Nutrition and Metabolism. 70(2), pp. 38-45.
  • Kiewet, et al. (2017). Partially Hydrolyzed Whey Proteins Prevent Clinical Symptoms in a Cow's Milk Allergy Mouse Model and Enhance Regulatory T and B Cell Frequencies. Molecular Nutrition & Food Research. 61(11), 1700340.
  • Szajewska, H. & Horvath, A. (2017). A Partially Hydrolyzed 100% Whey Formula and the Risk of Eczema and Any Allergy: an Updated Meta-analysis. World Allergy Organization Journal. 10, 27.
  • Wu, et al. (2017). Growth, Gastrointestinal Tolerance and Stool Characteristics of Healthy Term Infants Fed an Infant Formula Containing Hydrolyzed Whey Protein (63%) and Intact Casein (37%): A Randomized Clinical Trial. Nutrients. 9(11), pp. 1254.
  • Flohr, C. & Mann, J. (2013). New Approaches to the Prevention of Childhood Atopic Dermatitis. European Journal of Allergy and Clinical Immunology. 69 (1), pp. 56-61.
  • Lowe, et al. (2013). The Role of Partially Hydrolyzed Whey Formula for the Prevention of Allergic Disease. Expert Review of Clinical Immunology. 9(1), pp. 31-41.
  • Høst, A. & Halken, S. (2004). Hypoallergenic Formulas – When, to Whom and How Long: After More than 15 Years We Know the Right Indication! European Journal of Allergy and Clinical Immunology. 59 (s78), pp.45-52.
  • Danone Nutricia Research. New Study Identifies Unique Peptides with Tolerogenic Potential.
  • Healthy Children, American Academy of Pediatrics (2018). Choosing an Infant Formula.
  • National Health Service UK (2019). Health A to Z. Types of Formula Milk.
  • Mayo Clinic (2018). Diseases & Conditions. Milk Allergy.
  • Murray, D. Verywell Family (2019). Can All Women Breastfeed?
comment-icon comment-icon