Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Perkembangan Janin 10 Minggu

Stimulasi

Perkembangan Janin 10 Minggu


Tahukah Mama bahwa pada minggu kesepuluh masa kehamilan Mama, janin sudah memiliki panjang 3 cm dan berat kurang lebih 1 ons? Bahkan, saat ini, Mama sudah bisa melakukan olahraga ringan seperti berenang dan berjalan. Ketahui informasi selengkapnya dengan membaca ulasan lengkapnya berikut ini, yuk, Ma!

Perkembangan Janin

Memasuki usia 10 minggu, janin dalam rahim Mama mencapai panjang 3 cm dan berat kurang lebih satu ons. Jangan heran bila kepalanya tampak sangat besar, karena otaknya berkembang lebih cepat dari bagian tubuh lainnya.

Janin Mama bahkan sudah mulai tidur, bangun dan melatih ototnya. Janin Mama juga sudah bisa menekuk lengan dan tulang belakangnya tampak transparan di balik kulitnya. Jari-jari kaki yang mulai terpisah, makin aktif bergerak.

Did you know?

”Kekurangan zat besi merupakan salah satu gejala defisiensi nutrisi yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Ketahui selengkapnya di sini.“

Pahami Tubuh Mama

Di trimester awal kehamilan (0-12 minggu) perut Mama belum tampak buncit walau ukuran rahim Mama sudah 2x besar dari sebelum hamil atau sebesar jeruk ukuran besar. Sekarang, mungkin Mama sudah bisa mulai memakai baju yang lebih longgar untuk kenyamanan.

Mama juga sudah bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang dan berjalan untuk olahraga ringan. Olahraga membantu melatih otot, kekuatan, dan daya tahan Mama yang bisa membantu Mama menahan beban berat yang terus bertambah selama kehamilan. Olahraga juga bisa membantu Mama untuk menahan stress fisik saat proses melahirkan.

Seperti saat Mama merencanakan kehamilan, tetaplah menjalankan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi seimbang. Jangan lupa mengkonsumsi makanan kaya zat besi sebagai salah satu nutrisi penting untuk mencegah anemia. Zat besi membantu membawa oksigen ke dalam sel-sel darah merah agar Mama tidak mudah lelah dan pucat.

Bila perlu, dokter akan memberi Mama suplemen zat besi.

Namun, bila perlu, Mama dapat mengonsumsi Lactamil Pregnasis dari Nutricia dua kali setiap hari. Sumber nutrisi tambahan di masa kehamilan ini dirancang khusus dengan formula ACTIDuobio+ yang diperkaya vitamin D3 dan kalsium, asam folat serta omega-6 yang tinggi, vitamin C dan zat besi, serta protein.

Selain itu, perlu diketahui kalau produk ini juga mengandung rendah lemak serta serat pangan inulin demi menjaga kesehatan Mama. Dapatkan Lactamil Pregnasis dalam tiga varian rasa lezat, yakni coklat, vanilla, dan strawberry, serta dua varian ukuran, yakni 200 gram dan 400 gram.

Tahukah Mama?

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Jadi, pastikan mengkonsumsi vitamin C di samping zat besi. Mudah saja, minumlah segelas jus jeruk bersama sereal atau roti gandum saat sarapan atau makan buah segar selesai makan siang atau malam.

Demikian tadi penjelasan singkat seputar masa kehamilan di minggu ke-10. Kesimpulannya, masa kehamilan ini adalah awal kehamilan trimester kedua, sehingga gejala yang dialami di awal kehamilan akan berkurang. Namun, pada saat yang bersamaan, masa ini menuntut Mama untuk memberi asupan lebih untuk janin karena kebutuhannya yang meningkat.

Agar proses kehamilan dapat berjalan secara aman, pastikan untuk konsultasi kepada para tenaga ahli secara berkala, ya, Ma.  Kondisi dan kebutuhan setiap ibu berbeda antara satu dan lainnya, sehingga memperoleh pendapat dokter yang khusus untuk kondisi Mama pribadi sangatlah penting. Selamat mencoba dan semoga kehamilannya berjalan lancar, ya, Ma!

  • The Bump. “10 Weeks Pregnant.” Thebump.com, The Bump, 30 Dec. 2016, www.thebump.com/pregnancy-week-by-week/10-weeks-pregnant. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Catherine,Donaldson-Evans. “10 Weeks Pregnant.” What to Expect, WhattoExpect, 21 July 2021, www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-10.aspx. Accessed 3 Aug. 2021.
  • “10 Weeks Pregnant | BabyCenter.” BabyCenter, 2021, www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/10-weeks-pregnant. Accessed 3 Aug. 2021.
  • NHS Choices. Week-By-Week Guide to Pregnancy. 2021, www.nhs.uk/start4life/pregnancy/week-by-week/1st-trimester/week-10/. Accessed 3 Aug. 2021.
comment-icon comment-icon