Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Yang Tepat

Kesehatan

Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Yang Tepat


Saat menjelang melahirkan, Mama akan merasakan berbagai gejala yang muncul selama beberapa waktu. Tanda yang muncul menandakan bahwa Mama sudah memasuki tahapan melahirkan. Sebaiknya Mama mengenali semua tanda-tanda melahirkan, agar dapat segera mendapat penanganan terbaik.

Tanda-tanda Mama Akan Segera Melahirkan

Beberapa tanda-tanda melahirkan di bawah ini yang biasanya terjadi:

Keluar Flek Tanda Melahirkan

Tanda tanda melahirkan yang pertama adalah keluar flek. Flek biasanya muncul sebagai tanda Mama akan segera melahirkan. Kondisi ini merupakan dampak dari adanya perubahan serviks. Di masa kehamilan 9 bulan atau trimester akhir kehamilan, dokter biasanya sudah melihat terdapat perubahan pada serviks Mama.

Did you know?

”Untuk kelahiran bayi pertama, Mama harus menghubungi dokter saat mengalami kontraksi setiap 5 menit dan berlangsung selama 30-40 detik. Pada saat tersebut, biasanya dokter akan meminta Mama untuk segera ke rumah sakit. Ketahui selengkapnya di sini.“

Pecahnya air ketuban dan kontraksi

Tanda-tanda melahirkan yang kedua adalah pecahnya air ketuban. Saat cairan ketuban sudah pecah, maka secara otomatis cairan ini akan mengalir keluar melalui vagina Mama. Bila cairan ini keluar baik dalam jumlah banyak maupun sedikit, segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan persalinan.

Kebanyakan Mama biasanya mengalami kontraksi terlebih dahulu sebelum air ketubannya pecah. Namun, pada beberapa kasus lainnya, air ketuban bisa pecah terlebih dahulu sebelum terjadi kontraksi. Bila dalam beberapa jam Mama belum mengalami kontraksi, sementara air ketubannya sudah pecah, biasanya dokter akan menginduksi Mama. Alasannya, air ketuban selama ini berfungsi untuk melindungi janin dari kuman, untuk mengindari janin terjangkit infeksi setelah air ketubannya pecah, maka tindakan induksi akan dilakukan.

Kontraksi juga biasanya terjadi beberapa bulan terakhir menjelang persalinan. Kontraksi bisa muncul sesekali, terkadang rasanya cukup menyakitkan. Muncul juga sensasi rahim terasa mengencang dan rileks. Kontraksi ini sering disebut kontraksi Braxton Hicks atau kontraksi palsu.

Agar bisa membedakan kontraksi asli ingin melahirkan dan Braxton Hicks, pertimbangkan beberapa hal berikut:2

  1. Jika kontraksi terjadi secara teratur, semakin kuat, dan sering terjadi bisa jadi kondisi ini merupakan kontraksi asli tanda ingin melahirkan. Maka dari itu, Mama perlu memperhatikan kontraksi yang terjadi dari awal hingga terjadi kontraksi berikutnya. Sedangkan kontraksi persalinan palsu terjadi tidak teratur.
  2. Kontraksi persalinan asli biasanya berlangsung sekitar 30 hingga 70 detik.
  3. Kontraksi persalinan asli terus berlanjut terlepas dari bagaimana posisi dan tingkat aktivitas Mama saat itu. Biasanya kontraksi palsu berhenti ketika sedang melakukan aktivitas ringan seperti beristirahat, berjalan, atau mengubah posisi.

Tanda-tanda Melahirkan Lainnya

Sebagian Mama hamil akan merasakan beberapa gejala lain seperti rasa mual, mulas, diare dan sakit kepala. Beberapa di antara Mama hamil juga akan merasakan gejala yang mirip ketika memasuki masa menjelang menstruasi, seperti rasa keram perut dan emosi yang tidak stabil.

Kapan Mama Harus Menghubungi Dokter?

Saat yang tepat menghubungi dokter adalah ketika Mama merasakan tanda-tanda melahirkan. Dokter akan memantau waktu kontraksi dan gejala lain yang Mama alami. Apalagi jika Mama mengalami pecah ketuban, jangan tunda untuk segera menghubungi dokter. 

Saat menginjak masa kehamilan 9 bulan, sebaiknya Mama sudah mempersiapkan beberapa perlengkapan menjelang melahirkan, agar selalu siap saat semua tanda-tanda melahirkan sudah muncul.

Agar kondisi Mama selalu stabil, penuhi terus kebutuhan nutrisi harian di masa kehamilan hingga jelang melahirkan. Untuk informasi lengkapnya klik di sini.

Selain itu, untuk membantu mengetahui informasi seputar kehamilan, Mama bisa memanfaatkan tools yang kami miliki. Beragam tools yang bisa Mama andalkan yaitu: 

  • Deteksi Potensi Mama Melahirkan Caesar – Untuk tools ini Nutriclub akan membantu mengetahui kemungkinan apakah Mama melahirkan caesar atau normal lewat beberapa tes yang harus Mama lakukan.
  • Deteksi Potensi Mama Melahirkan Prematur – Tools ini membantu mencari tahu apa saja faktor risiko persalinan prematur pada Mama dari beberapa tes yang perlu dilakukan.
  • Ensiklopedia Kehamilan untuk New Parents – Tools ini berisi informasi terkait perkembangan si Kecil yang terdapat dalam kandungan dari minggu ke minggu, gaya hidup dan kesehatan, informasi terkait nutrisi dan resep yang penting bagi Mama dan janin melalui My Pregnancy Today!
  • Jangan Cemaskan Mitos Selama Kehamilan – Tools ini mampu membantu Mama mengetahui informasi mitos terkait kehamilan mulai dari gaya hidup, perkembangan janin, psikologi, dan nutrisi. Pembahasan hal-hal tersebut akan diulas bersama Lactamil Expert. 

Semoga informasi di atas membantu ya, Ma!

comment-icon comment-icon