Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

MPASI Bayi 8 Bulan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Kecil

Nutrisi

MPASI Bayi 8 Bulan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Kecil


Mama tentunya sudah tidak asing dengan kata-kata MPASI atau singkatan dari Makanan Pendamping ASI. MPASI adalah makanan atau minuman bayi yang mengandung zat gizi yang diberikan kepada bayi atau anak usia 6-24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI.  MPASI adalah jembatan penghubung antara ASI dan makanan keluarga. Jadi, MPASI belum bisa bukan untuk menggantikan fungsi ASI pada bayi 8 bulan, namun sebagai makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi di atas 6 bulan sampai 24 bulan. Namun, di sisi lain cadangan zat besi di tubuh bayi yang berusia 8 bulan mungkin mulai menipis, jadi bayi berusia 8 bulan membutuhkan makanan yang padat untuk memastikan mereka mendapatkan zat besi dan gizi lainnya dengan cukup karena penting untuk kecerdasan otaknya. Pengenalan dan pemberian MPASI bayi 8 bulan harus dilakukan secara bertahap baik dalam bentuk maupun jumlahnya. Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan kemampuan alat pencernaan si Kecil yang berusia 8 bulan dalam menerima makanan untuk kecerdasan otaknya.

MPASI untuk tiap kelompok usia bayi memang berbeda-beda. MPASI 6-8 bulan dapat dimulai dari bubur saring, bubur halus, sampai bubur kasar. Pada usia 9-11 bulan, si Kecil dapat diberikan nasi tim. Usia 11-24 bulan si Kecil dapat Mama kenalkan dengan makanan keluarga. Mama, dalam pemberian MPASI bayi 8 bulan ada poin penting yang harus kita ketahui terlebih dahulu, yaitu berikan makanan sesuai usia, frekuensi, jumlah, tekstur, variasi, bersih, aman, dan responsif.

Melihat si Kecil tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas pasti impian semua orang tua. Pemberian makanan bayi 8 bulan yang tepat selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menunjang tumbuh kembang si Kecil, juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, lho, Mama.

Mama, Berikut Kandungan dalam MPASI yang Sesuai Untuk Bayi Usia 8 Bulan dan Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Kecil

  • Sayuran hijau
    Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sawi hijau mengandung nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak bayi 8 bulan, seperti vitamin K, lutein, asam folat, dan beta karotin.

  • Ikan
    Ikan, seperti tuna dan salmon, mengandung omega 3, asam lemak yang tinggi dan lemak bebas yang dipercaya dapat membuat si Kecil memiliki memori lebih tajam daripada yang tidak mengonsumsinya. Hal ini akan mendukung kecerdasan otak.

  • Telur
    Telur memberikan nutrisi pada otak dan kaya akan protein. Kuning telur bahkan mengandung kolin yang sangat baik untuk perkembangan dan kecerdasan otak.

  • Kacang hijau
    Kacang hijau mengandung vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, kalium, magnesium, mangan, fosfor, tembaga dan tiamin yang semuanya penting bagi kesehatan tubuh, khususnya kecerdasan otak.

Bahan Makanan yang Seharusnya Dihindari pada Pemberian MPASI di Usia 8 Bulan

  • Madu
    Biarpun madu kaya akan nutrisi, pemberiannya tidak disarankan untuk si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun, ya, Mama, karena berisiko mengandung bakteri C. botulinum yang jika menyerang anak di bawah 1 tahun berisiko menyebabkan keracunan.

  • Kacang utuh
    Pemberian kacang bagi si Kecil yang tidak memiliki riwayat alergi sebaiknya tetap dihindari karena berisiko tersedak. Terutama untuk anak di bawah 5 tahun.

  • Beberapa jenis ikan
    Beberapa jenis ikan, contohnya ikan marlin berisiko mengandung merkuri yang cukup tinggi. Kerang-kerangan pun sebaiknya dihindari, ya, Mama karena berisiko menyebabkan keracunan makanan.

  • Keju dari susu yang tidak terpasteurisasi
    Berisiko menyebabkan keracunan makanan.

  • Teh dan kopi
    Pemberian teh dapat mengganggu penyerapan beberapa jenis zat makanan. Terutama zat besi. Sedangkan kafein dalam kopi dapat mengganggu pola tidur si Kecil.

  • Makanan dan minuman dengan pemanis buatan
    Dampak negatif yang paling awal akan akan terlihat adalah masalah kerusakan gigi si Kecil.

Contoh inspirasi resep makanan bayi 8 bulan untuk kecerdasan otak MPASI 8 bulan dari bahan matang

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Nasi putih 30 gram

  • Dadar telur 35 gram

  • Sayur kare wortel tempe 20 gram
     

Cara membuatnya:

MPASI 8 bulan dari bahan mentah

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Beras putih 10 gram

  • Telur ayam 30 gram

  • Tempe kedelai 10 gram

  • Wortel 10 gram

  • Santan 30 gram

Cara memasak:

  • Memasak beras, tambahkan santan dan bumbu yang telah ditumis dengan sedikit minyak (bawang merah, daun salam, kunyit)

  • Setelah nasi masak, masukan telur yang telah dikocok lepas, tempe dan wortel yang telah dicincang

  • Aduk sampai mendapatkan konsistensi bubur kental

  • Sajikan


Pemenuhan asupan gizi si Kecil yang berusia 8 bulan memang sangat penting. Terutama dalam 1000 hari pertamanya. Dengan pemberian nutrisi yang baik, tidak hanya daya tahan tubuhnya saja yang terjaga, namun pertumbuhan dan perkembangan si Kecil pun akan baik.

Demi mendukung perjalanan luar biasa Mama dan si Kecil, Mama juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai gizi si Kecil di e-book Nutrition for Immunity dengan mengunjungi https://www.nutriclub.co.id/ebook-balita/nutrisi/gizi/nutrition-for-immunity untuk mencari jawaban pertanyaan dengan berbagai topik, seperti nutrisi, tumbuh kembang, dan imunitas.

Referensi:

  1. Photo by Freepik [Internet]. [cited 2022 1 April]. Available from: https://www.freepik.com/premium-photo/mother-feeding-her-7-months-baby_2247204.htm 

  2. Depkes RI. Makanan Pendamping ASI. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2006.

  3. Depkes RI. Makanan Pendamping ASI. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2004.

  4. Logan Banks P. Which Foods to Introduce When [Internet]. San Fransisco: BabyCentre [cited 2022 1 April]. Available from: https://www.babycentre.co.uk/a546661/which-foods-to-introduce-when 

  5. Direktur Gizi Masyarakat. Paparan Menyusui dan MP-ASI [Internet]. Jakarta: Kemkes RI; 2020 [cited 2022 1 April]. Available from: https://gizi.kemkes.go.id/katalog/paparan-menyusui-dan-mp-asi.pdf  

  6. Harvard Health Publishing. Foods Linked to Better Brainpower [Internet]. Cambridge: Harvard Medical School; 2021 [cited 2022 1 April]. Available from: https://www.health.harvard.edu/healthbeat/foods-linked-to-better-brainpower

  7. Krueger A. 7 Brain Foods for Kids [Internet]. New York: WebMD; 2015 [cited 2022 1 April]. Available from: https://www.webmd.com/add-adhd/childhood-adhd/features/brain-foods-kids

  8. Jillian K. 9 Brain Foods for Kids [Internet]. San Fransisco: Healthline; 2021 [cited 2022 1 April]. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/brain-food-for-kids#5.-Cocoa

  9. Kementerian Kesehatan RI. Buku KIA Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: APBN Direktoran Kesehatan Keluarga; 2021.

comment-icon comment-icon