Loading...
burger menu

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Yuk Ma ! Ketahui Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun

Stimulasi

Yuk Ma ! Ketahui Mainan Edukatif Anak Usia 1-3 Tahun


Si Kecil kesayangan mama tentunya sangat senang bermain. Tidak hanya aktivitas yang menyenangkan, bermain adalah metode bagaimana si Kecil mengenal dunia. Pemilihan mainan memegang peranan penting dalam stimulasi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Apakah Mama sudah mengetahui mengenai mainan edukatif anak 1-3 tahun? Mainan edukatif adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan si Kecil dan disesuaikan dengan usia dan tingkat perkembangan.

Mainan edukatif anak 1-3 tahun yang baik tidak harus yang dibeli di toko dengan harga yang mahal, ya Ma. Mainan edukatif anak usia 1-3 tahun bisa dibuat sendiri dengan memenuhi beberapa syarat mainan edukatif anak 1-3 tahun sebagai berikut :

  • Aman dan tidak mudah rusak
    Mainan edukatif anak 1-3 tahun tidak boleh terlalu kecil, cat yang digunakan tidak mengandung racun, tidak tajam, dan tidak mudah pecah.

  • Ukuran yang sesuai
    Ukuran mainan edukatif anak 1-3 tahun harus sesuai dengan usia si Kecil. Tidak terlalu besar sehingga sukar dijangkau si Kecil dan tidak terlalu kecil sehingga tidak mudah tertelan si Kecil.

  • Desain mainan harus jelas
    Mainan edukatif si Kecil yang berusia 1-3 tahun harus mempunyai bentuk, susunan dan desain yang jelas maksud dan tujuannya.

  • Menarik perhatian 
    Walau sederhana, mainan edukatif si Kecil 1-3 tahun harus dibuat dengan warna yang menarik perhatian si Kecil.

  • Bermanfaat bagi si Kecil
    Mainan edukatif anak 1-3 tahun harus bermanfaat untuk perkembangan motorik, bahasa, kecerdasan, dan sosialisasi.

Masih seringkali kita temui mainan si Kecil tidak sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya, sehingga maksud dan tujuan dari mainan itu sendiri tidak tercapai. Oleh karena itu, Mama perlu mengetahui jenis mainan edukatif anak usia 1-3 tahun apa saja yang tepat diberikan kepada si Kecil.

Mainan edukatif anak usia 1 tahun

Pada usia 1 tahun, si Kecil biasanya sudah mengerti apa yang Mama ucapkan dan sering meniru apa yang dilihatnya dari Mama. Rasa ingin tahu dan keinginan untuk bermain si Kecil sangat tinggi. Mainan edukatif anak usia 1 tahun lebih difokuskan pada mainan yang dapat menstimulasi perkembangan sensorik dan motorik si Kecil, serta mengenal bentuk. Contoh mainan edukatif anak 1 tahun yang dapat Mama berikan adalah :

  • Mobil-mobilan atau sejenisnya yang dapat digerakan oleh kaki si Kecil sendiri untuk melatih motorik si kecil.

  • Mainan yang memiliki suara, musik, dan cahaya seperti mainan instrumen musik untuk melatih kemampuan koordinasi mata, tangan, dan telinga.

  • Matras piano dan sejenisnya yang dapat digunakan untuk melatih koordinasi tangan dan kakinya.

  • Boneka, buku-buku edukatif, gambar binatang atau bentuk untuk membantu si Kecil mengenal nama, bentuk dan ukuran. 

Mainan edukatif anak usia 2 tahun

Saat si Kecil berusia 2 tahun, Mama tentu sudah dapat memperhatikan bahwa kemampuan motorik si Kecil akan semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dari kemampuannya untuk mulai berdiri dengan berjinjit, berjalan walau masih terhuyung-huyung serta si Kecil akan lebih senang menghabiskan waktu di luar rumah. Selain itu si Kecil juga mulai mengetahui nama orang tuanya, saudara, beberapa objek dan bagian tubuhnya. Si Kecil juga sudah bisa mengucapkan 2-4 kata dan mengikuti instruksi Mama yang sederhana. Jenis mainan edukatif anak 2 tahun yang dapat Mama berikan adalah :

  • Mainan bongkar pasang balok sederhana atau kertas lipat yang dapat mengasah motorik halus. 

  • Bermain peran seperti rumah-rumahan, dokter-dokteran dan sejenisnya akan melatih kemampuan bahasa dan daya imajinasi si Kecil.

  • Mengenalkan buku bergambar yang dapat meningkatkan imajinasi.

  • Permainan papan huruf dan angka yang berguna untuk mengenalkan huruf dan angka.

  • Permainan olahraga ringan seperti melempar bola dan menendang bola untuk mendukung perkembangan motorik kasar.

Nah, itu tadi beberapa daftar mainan edukasi anak usia 1-3 tahun yang bisa Mama berikan untuk si kecil. Optimalkan perkembangan si Kecil dengan stimulasi mainan edukasi dan lengkapi juga nutrisi hariannya dengan NUTRILON ROYAL ACTIDUOBIO+ untuk bantu kemampuan berpikir dan juga terbukti klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil.

Referensi:

  1. Raising Children. Sharing and learning to share [Internet]. Raising Children Network (Australia}; 2020 [Updated 2020; cited 2022 March 30]. Available from: https://raisingchildren.net.au/toddlers/behaviour/friends-siblings/sharing

  2. Soetjiningsih, Tumbuh kembang anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC; 1995.

  3. Watson C. The best educational toys for 1-year-old. Peterborough: Mother and Baby (Bauer Media Group); 2022 [Updated 2022; cited 2022 March 30]. Available from: https://www.motherandbaby.co.uk/reviews/education-toys/educational-toys-for-1-year-old/

  4. Ali RA. Your child at 2: milestones. New York: WebMD; 2021 [Updated 2021; cited 2022 March 30]. Available from: https://www.webmd.com/parenting/guide/child-at-2-milestones#1

  5. Ali RA. Your child at 3: milestones. New York: WebMD; 2021 [Updated 2021; cited 2022 March 30]. Available from: https://www.webmd.com/parenting/guide/child-at-3-milestones

comment-icon comment-icon