3 Hal Penting untuk Optimalkan Daya Tahan Tubuh si Kecil - Nutriclub - Nutriclub

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

Kesehatan

3 Hal Penting untuk Optimalkan Daya Tahan Tubuh si Kecil

Apakah Mama pernah mendengar pendapat bahwa pencernaan yang sehat berpengaruh pada daya tahan tubuh si Kecil?

Pendapat ini benar adanya. Faktanya dalam saluran pencernaan terdapat mikrobiota yang disebut sebagai flora normal yang akan menstimulasi sistem imun yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, 70 hingga 80 persen sel imunitas tubuh berada di saluran pencernaan sehingga setiap makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi kesehatan tubuh si Kecil. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara meningkatkan sistem imun tersebut? Yuk Simak ulasannya berikut ini:

1.      Berikan Air Susu Ibu (ASI)

Tentunya kehebatan Air Susu Ibu sudah tidak perlu diragukan lagi. Di dalam ASI terkandung berbagai macam nutrisi yang berguna untuk si Kecil. Immunoglobulin A (IgA) merupakan antibodi yang diberikan secara pasif dan memberikan modal imunitas untuk Si Kecil. Tidak hanya antibodi, dalam ASI mengandung serat dan bakteri baik yang dikenal sebagai prebiotik dan probiotik yang akan mendukung microbiota usus sehingga memberikan efek yang postif terhadap sistem imun.

 

2.      Stimulasi si Kecil Sedini Mungkin

Sistem imunitas merupakan suatu kompleks pertahanan tubuh yang diperankan oleh sel darah putih. Sel ini sendiri terdiri dari berbagai macam sel yang membutuhkan koordinasi dan juga pengenalan dari lingkungan untuk dapat membedakan apakah bahan tersebut baik atau buruk. Hal ini disebut sebagai stimulasi, yang merupakan suatu latihan terhadap sistem imun untuk berkontak dengan bakteri sehingga dapat menstimulasi pertahanan tubuh yang sesuai.

 

3.      Pemilihan Makanan Pendamping yang Tepat

ASI mampu mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil hingga usia 6 (enam) bulan. Setelahnya pemberian ASI saja tidak mencukupi kebutuhan si Kecil. Hal ini menjadi alasan dimulainya pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pemilihan MPASI yang tepat akan memicu sistem imunitas yang baik. Pilihlah makanan yang mengandung sinbiotik, yaitu kombinasi probiotik dan prebiotik.

 

Probiotik adalah bakteri baik yang secara normal berada di saluran pencernaan. Beberapa makanan yang mengandung probiotik antara lain yogurt, susu dan produk fermentasi lainnya. Sedangkan prebiotikc adalah makanan untuk si bakteri baik.5 Frukto Oligosakarida (FOS) dan Galakto Oligosakarida (GOS) adalah dua jenis karbohidrat yang merupakan jenis contoh dari prebiotik. Dalam sebuah uji klinis menunjukkan makanan yang mengandung komposisi FOS:GOS 1:9 dapat menjaga kesehatan pencernaan.6 Beberapa makanan lain yang mengandung prebiotik antara lain pisang, tomat, gandum, madu, bawang dan sawi putih.

 

Mama, ketika si kecil berusia 1 tahun kebutuhan nutrisinya akan meningkat. Untuk itu mama dapat lengkapi nutrisi harian si Kecil dengan Nutrilon Royal ACTIDuobio+ yang memiliki kombinasi unik prebiotik FOS:GOS 1:9 dan LCPUFA (Omega 3 & 6) yang terbukti secara klinis bantu perkuat daya tahan tubuh si Kecil. Yuk Ma, cari tahu selengkapnya mengenai Nutrilon Royal ACTIDUOBIO+ disini (https://old.nutriclub.co.id/nutrilon-royal/). 

 

            Daya tahan tubuh merupakan suatu aset yang harus dibentuk dan dibangun sedari dini yaitu dengan meningkatkan kesehatan usus si Kecil. Daya tahan tubuh si Kecil yang baik akan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangnya.