Cara Atasi Tangis Berkepanjangan pada si Kecil

Diverifikasi oleh

dr. MN Ardi Santoso, Sp.A

Tahukah Mama, tangisan adalah bentuk komunikasi dari si Kecil. Saat berusia 2-3 bulan, menangis selama 1-3 jam sehari adalah hal yang normal, untuk menunjukan bahwa dia lapar, haus, lelah, kesepian, tidak nyaman, dan sebagainya. Fase menangis di pagi dan sore hari juga adalah hal yang normal, terutama jika ia berusia 6-8 minggu. Salah satu cara mengatasi Si Kecil menangis terus, cobalah untuk memeluk, menggendong dan mengayunkannya secara perlahan saat menangis. Namun tangis yang terus menerus, bisa jadi menandakan adanya masalah kesehatan. Cek kondisi si Kecil agar Mama dapat mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat untuk atasi tangis berkepanjangannya.

Close Modal
Usia si kecil Popok basah Popok kotor
1-2 Hari 1-2 kali sehari atau lebih 1 kali atau lebih. pup berwarna hitam lengket (Mekonium).
3-4 Hari 3 kali sehari atau lebih, popok terasa lebih berat Paling sedikit 2 kali, pup berubah warna (coklat/hijau/kuning) dengan konsistensi yang encer.
5-6 Hari 5 kali sehari atau lebih, popok terasa berat Paling sedikit 2 kali, pup berwarna kuning dan mungkin sedikit watery atau cair.
7-28 Hari 6 kali sehari atau lebih, popok terasa berat Paling sedikit 2 kali, pup berwarna kuning, cair dan bertekstur seperti biji-bijian.