Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

berolahraga-saat-hamil-meningkatkan-perkembangan-otak-janin_large
Untuk Mama

Olahraga saat Hamil Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

15 Januari 2020

Hamil bukan alasan untuk Ibu tidak melakukan aktivitas fisik ringan yang membuat tubuh tetap bugar. Salah satu manfaat olahraga di masa kehamilan adalah membantu meningkatkan perkembangan otak janin.

Manfaat Berolahraga untuk Otak Si Kecil

Dalam sebuah studi yang dipresentasikan di Society for Neuroscience, San Diego, telah dibuktikan bahwa "Pada usia 10 hari, si Kecil memiliki tingkat kematangan otak yang lebih baik apabila ibunya rajin berolahraga di masa kehamilan, dibandingkan dengan anak yang ibunya tidak melakukan olahraga selama hamil," kata Elise Labonte-LeMoyne, Ph.D. Ahli kinesiologi dari University of Montreal.

Dalam studi ini juga dijelaskan bahwa olahraga ringan yang dilakukan oleh ibu hamil, sebaiknya rutin dilakukan selama 20 menit selama tiga kali seminggu. Selain berperan dalam perkembangan otak janin, olahraga ringan juga membuat Ibu memiliki nafas yang lebih panjang, tubuh yang lebih lentur dan tulang yang lebih kuat.

Rajin berolahraga di masa kehamilan, mampu mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil.Manfaatnya antara lain:

  • Si Kecil akan memiliki kemampuan lebih baik untuk memproses suara yang diulangi 
  • Kelak si Kecil akan memiliki fungsi otak yang lebih matang
  • Perkembangan otak janin di dalam kandungan akan lebih cepat

Did you know?

"Olahraga yang dilakukan ibu hamil akan memberikan manfaat bagi Ibu dan perkembangan janin. Terutama untuk perkembangan otak bayi yang dimulai sejak janin."

dr. Marissa, SpA

Manfaat Berolahraga Untuk Otak Ibu

Olahraga akan membuat tubuh Ibu selalu fit dan membantu menjaga kesehatan psikologi Ibu.

Manfaatnya antara lain:

  • Membantu Ibu terhindari dari rasa depresi
  • Membantu penanganan kelainan depresi tahap lanjut
  • Meningkatkan ketajaman ingatan Ibu
  • Membantu Ibu untuk memiliki fokus yang baik

Baca Juga: Gerakan Senam untuk Ibu Hamil

Berolahraga dengan Cermat

Ibu perlu tetap cermat ketika berolahraga semasa hamil, berikut hal-hal yang harus Ibu perhatikan:


Sempurnakan olahraga bagi Ibu hamil dengan asupan nutrisi terbaik, klik di sini untuk informasi lengkapnya.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  • Am. J. Physiol. Endocrinol. Metab, 2009;296 (2): E272-E281
  • Medina, John. Brain Rules for Baby,2010; Seattle: Pear Press 
Artikel Terkait
floating-icon