Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

minggu-ke-5_large
Untuk Mama

Minggu Ke-5: Tahap Perkembangan Janin

15 Januari 2020

Pada minggu kelima masa kehamilan Mama, embrio sudah memiliki ukuran sekitar biji jeruk. Saat ini, Mama mungkin mulai merasakan kebahagiaan yang sangat besar serta beberapa gejala yang sangat mengganggu. Untuk mengetahui  informasi lengkapnya, simak ulasan seputar kehamilan minggu ke-5 berikut ini, yuk, Ma!

Perkembangan Janin

Di dalam rahim Mama, embrio sedang berkembang dengan sangat cepat, dan sudah berukuran sekitar biji jeruk. Ada banyak perkembangan yang terjadi dari sebuah embrio menjadi seorang bayi, di mana organ-organ janin akan terbentuk dari nol.

Beberapa sistem organ yang berkembang dan berfungsi pertama kali adalah otak, sistem saraf, dan juga jantung. Kemudian, si Kecil pun akan mulai memiliki pembuluh darah di mana darah akan mulai mengalir pada masa tersebut. Salah satu pembuluh darah yang muncul adalah yang menghubungkan si Kecil dan Mama, yang mana akan menjadi tali pusar.

Did you know?

”Mengenali tanda-tanda awal kehamilan bisa membantu Mama mempersiapkan diri lebih baik untuk menyambut si Kecil. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Pahami Tubuh Mama

Beberapa wanita sudah merasa hamil bahkan sebelum hasil tes uji kehamilan menyatakan positif. Suatu tanda besar yang dialami adalah berhentinya proses menstruasi. Apabila hal ini terjadi, Mama dapat melakukan tes uji kehamilan atau bahkan mengunjungi ahli kandungan.

Jika Mama akhirnya hamil, selamat, ya, Ma. Namun, sebelum dipenuhi rasa gembira, perlu disadari bahwa minggu ke-5 akan dipenuhi dengan gejala-gejala tertentu yang mungkin akan mengganggu Mama. Beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang sering terjadi di antaranya:

  • Payudara membesar
  • Tubuh terasa lemas
  • Buang air kecil semakin sering
  • Indra penciuman semakin tajam
  • Mulai lebih memilih-milih makanan
  • Mual dan muntah
  • Temperatur tubuh yang naik selama 18 hari berturut-turut

Kemudian, penting bagi Mama untuk menjauhi alkohol sepanjang kehamilan Mama karena tidak ada yang tahu sejauh mana alkohol bisa mengganggu janin Mama.

Baca Juga: Tumbuh Kembang Janin Minggu ke-4

Tahukah Mama?

Minggu ini adalah waktu yang tepat untuk lebih cermat memilih makanan yang Mama konsumsi, terutama makanan-makanan setengah matang, ikan yang mengandung merkuri tinggi, dan makanan yang tidak disterilkan. Pilihan makanan tersebut bisa menimbulkan penyakit yang bisa mengganggu perkembangan bayi.

Demikian tadi penjelasan seputar masa kehamilan minggu ke-5. Pada dasarnya, masa-masa awal kehamilan memang menyenangkan dan mengganggu pada saat bersamaan. Hal ini disebabkan oleh rasa bahagia yang masih Mama rasakan setelah mengetahui status kehamilan Mama serta gejala-gejala mengganggu yang datang bersamaan.

Namun, perlu dipahami bahwa hal-hal yang telah disebutkan di atas sangatlah wajar untuk dialami. Yang jelas, Mama perlu memastikan kesehatan janin dan juga Mama dengan konsultasi kepada tenaga ahli kesehatan secara berkala. Kemudian, upayakan untuk terus memastikan agar asupan nutrisi terlengkapi.

Baca Juga: Tumbuh Kembang Janin Minggu ke-6

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Mama
  • NHS Choices. You and Your Baby at 5 Weeks Pregnant. 2021, www.nhs.uk/pregnancy/week-by-week/1-to-12/5-weeks/. Accessed 3 Aug. 2021.
  • Pevzner, Holly. “Week 5 of Your Pregnancy.” Verywell Family, 2021, www.verywellfamily.com/5-weeks-pregnant-4158868. Accessed 3 Aug. 2021.
Artikel Terkait
floating-icon