Loading...

Riwayat Pencarian

Pencarian Populer

burger menu
pantau-perkembangan-balita-usia-3-tahun_large
Tumbuh Kembang

Pantau Perkembangan Balita Usia 3 Tahun

15 Januari 2020

Kepekaan balita yang berusia 3 tahun akan semakin terbentuk. Selain itu masih banyak lagi pencapaian perkembangan balita yang perlu Ibu pantau, saat balita berusia 3 tahun. Baca informasi lengkapnya di bawah ini.

Selain kepekaan diri si Kecil yang akan semakin terlihat, ia juga akan mulai memiliki kemampuan untuk memiliki gaya bahasa dan merubah kosakata yang sudah ia kenal.

Di fase ini si Kecil juga mulai aktif bermain, Ibu dapat melihat kecenderungan si Kecil di dalam kelompok teman-temannya. Apakah ia lebih suka bermain sendiri atau ia suka bermain dalam sebuah kelompok. 

Dalam fase ini, Ibu bisa mendukung si Kecil dengan mengajari perilaku yang baik. Mengajari ia untuk bersosialisasi dengan baik dan mengajari apa makna pertemanan bagi si Kecil. 

Si Kecil Akan Semakin Mandiri

Kemandirian si Kecil akan semakin terbentuk di fase ini. Ia mulai suka membantu Ibu melakukan pekerjaan di rumah, keinginan si Kecil untuk dapat melakukan aktivitas layaknya orang dewasa pun akan semakin tampak. Ia akan berusaha bisa mencuci tangan atau mandi sendiri, meskipun semua hal ini sebaiknya dilakukan di dalam pengawasan Ibu. 

Did you know?

”Di usia 3 tahun, si Kecil sudah dapat melakukan hal-hal seperti memakai pakaiannya sendiri dan menghitung sampai 10. Ketahui selengkapnya di sini.“

LIHAT LENGKAP

Imajinasi dan Kemampuan Kognitif Si Kecil

Saat si Kecil memginjak fase usia 32 bulan ke atas, ia sudah mulai memahami perbedaan dari hal-hal yang ada di dunia sekitarnya. Dunia adalah tempat yang kompleks dan si Kecil mulai belajar memahami. Si Kecil akan memiliki pemahaman dasar mengenai dunia sekitarnya, dan peraturan yang harus ia ikuti. 

Ibu dapat membantu si Kecil memahami perbedaan ini dengan menjaga konsistensi hal-hal yang ada di sekitarnya, termasuk peraturan dan jadwal si Kecil. 

Dalam fase ini ia akan semakin memahami bentuk dan warna, ia mengetahui perbedaannya dan mampu memindahkan objek yang lebih besar. Ibu dapat mengoptimalkan kemampuan motorik si Kecil dengan mengajak si Kecil mendorong juga menarik mainan. Imajinasi si Kecil akan semakin aktif, saat bermain ia mulai menjadikan objek di sekitarnya sebagai mainan-mainan tertentu. 

Mulai Lakukan Potty Training

Dalam fase di mana si Kecil mulai diajari untuk disiplin dan dapat memahami peraturan juga jadwal, Ibu sudah bisa mulai melakukan potty training. Mulai biasakan si Kecil buang air besar di toilet, jangan memaksa si Kecil untuk dapat melakukannya dengan cepat. Membuat si Kecil ketakutan atau merasa tertekan saat buang air besar dapat memberikan dampak buruk dan mengakibatkan timbulnya masalah pencernaan si Kecil

comment-icon comment-icon